Topik Terkait: Kisah Abu Hurairah Dan Wanita Pezina (halaman 152)

  • Hukum Menjadikan Lukisan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • Doa dan Dzikir Bulan...
    Tausyiah
    Senin, 23 Januari 2023 - 07:30 WIB
    Dzikir bulan Rajab berikut doanya sangat baik untuk diamalkan kaum muslimin. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis, Rajab adalah salah satu bulan mulia.
  • Menjelang Wafat, Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 07:54 WIB
    Nabi Adam as wafat pada hari Jumat. Para malaikat datang membawa wewangian dan kain yang berasal dari surga. Mereka bertaziah kepada anak keturunannya dan kepada pemegang wasiatnya, yaitu Syits.
  • Doa Ratib Saman Bahasa...
    Tips
    Sabtu, 19 Oktober 2024 - 07:48 WIB
    Cara membawakannya sama dengan ratib tetapi dilakukan dengan duduk bersama secara berjamaah. Ratib Saman dipimpin oleh seorang imam, kotik atau bilal.
  • 5 Manfaat Memiliki Sifat...
    Tips
    Jum'at, 23 September 2022 - 19:25 WIB
    Dalam Islam, sifat qanaah berarti selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.
  • Mendonorkan Organ Tubuh...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, berpendapat mendermakan sebagian organ tubuh karena Allah Taala merupakan qurbah --pendekatan diri kepada Allah-- yang paling utama dan sedekah yang paling mulia.
  • Kisah Asy-Syibli Membeli...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:50 WIB
    Kisah Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli) membeli ilmu dari Abul Qasim al-Junaid diambil dari buku The Revelation of the Veiled. Ini adalah tentang kisah masa belajar asy-Syibli di bawah al-Junaid.
  • Pelit, Sifat Zalim yang...
    Hikmah
    Rabu, 26 April 2023 - 08:01 WIB
    Sifat pelit atau kikir (bakhil) ternyata menimbulkan bahaya besar bagi pelakunya. Sifat tercela ini sangat dibenci Allah SWT dan Rasul-Nya
  • Inilah Amalan Setara...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 14:16 WIB
    Bila belum bisa menunaikan ibadah haji atau umrah, Allah Taala masih menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah. Amalan-amalan apa saja?
  • Kisah Tragis Kekalahan...
    Hikmah
    Selasa, 30 Juli 2024 - 16:53 WIB
    Pada tahun 1097, pasukan Salib memasuki wilayah Kekhalifahan Turki Seljuk. Kala itu, Pasukan Salib menaklukkan satu per satu wilayah Islam di Eropa.
  • Hudzaifah bin al-Yaman...
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 08:18 WIB
    Hudzaifah mendalami Islam dengan didikan Rasulullah, sampai pada akhirnya dia mencapai sebuah kesimpulan bagi siapapun yang ingin mengetahui tentang kebaikan, hal itu akan tampak jelas dan gamblang
  • Mengapa Ada Manusia...
    Hikmah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:50 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala yang berkehendak menentukan seseorang itu miskin atau kaya. Allah maha mengatur siapa yang layak mendapat kelebihan harta dan siapa yang panas diberi dengan kondisi sedikit kekurangan.
  • Hati-hati Ungkapan Cukup...
    Tausyiah
    Minggu, 13 September 2020 - 12:50 WIB
    Kita sering mendengar ungkapan cukup Al-Quran dan Sunnah, jangan ambil dari Ulama. Jika slogan ini targetnya untuk membuang jauh peran para ulama, justru bertentangan dengan Al-Quran dan As-Sunnah.
  • Gangguan Jin, dari Iseng...
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 11:37 WIB
    Jin mengganggu manusia bukan tanpa sebab. Memang sih ada jin yang usil, sekadar iseng. Namun kebanyakan gangguan jin, lantaran makhluk ghaib ini kesal dengan ulah manusia..
  • Bacaan Surat Yasin untuk...
    Tips
    Rabu, 06 Maret 2024 - 15:50 WIB
    Surat Yasin untuk hajat mendesak ini memiliki bacaannya tersendiri, karena ada beberapa ayat dalam Surat Yasin yang harus dibaca secara berulang-ulang.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Soal Makanan Haram,...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Allah SWT memerintahkan orang-orang mukmin supaya suka makan yang baik dan supaya mereka suka menunaikan hak nikmat itu, yaitu dengan bersyukur kepada Zat yang memberi nikmat.
  • Siapa yang Disebut Ahli...
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Desember 2023 - 05:45 WIB
    Para ulama sepakat menyatakan bahwa Ahl Al-Kitab adalah orang Yahudi dan Nasrani. Namun para ulama berbeda pendapat tentang rincian, serta cakupan istilah tersebut.
  • 4 Fakta Riba yang Perlu...
    Tausyiah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Riba merupakan perbuatan yang diharamkan dalam agama Islam. Termasuk dosa besar, umat Muslim wajib menghindarinya. Apa pengertian riba sebenarnya dan apa saja contoh-contohnya?
  • Amalan Ringan yang Bisa...
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 06:21 WIB
    Amalan ringan ini seringkali terlupakan, padahal bisa jadi dari amalan ringan ini menjadi sebab turunnya Rahmat Allah Taala dan nantinya akan menambah timbangan amal perbuatan kita kelak.