Topik Terkait: Kisah Steven Indra Wibowo (halaman 3)

  • Kisah Ibrahim bin Adham: Ketika Kuburan Kian Ramai dan Kota Makin Sepi
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:06 WIB
    Farid al-Din Attar dalam bukunya berjudul Tadhkirat al-Auliya menyampaikan sejumlah kisah tentang karamah Ibrahim bin Adham salah satunya adalah kisah berikut ini:
  • Roti dan Permata: Kisah Raja yang Tanpa Pamrih Mendermakan Sebagian Kekayaannya
    Hikmah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:29 WIB
    Nasihat lapis pertama kisah ini adalah bahwa ketika manusia diberi sesuatu yang bernilai besar bagi masa depannya, ia tidak mempergunakannya dengan cukup baik
  • Kisah Seorang Pendosa Selamat Berkat Tauhidnya
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 21:42 WIB
    Sepintas kisah ini sulit diterima akal, namun begitulah Allah berkehendak dengan kekuasaan-Nya. Berkat tauhid yang dimilikinya, seorang pendosa selamat dari azab Allah.
  • Kisah Bathil? Ketika Mimpi Dijadikan Landasan Hukum Syar’i
    Hikmah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 07:49 WIB
    Kisah ini adalah munkar dan bathil karena menyelisihi Al-Quran dan hadits. Kendati demikian sering dinukil sejumlah pihak untuk membolehkan meminta syafaat kepada Nabi SAW.
  • Kisah Kebijaksanaan Rasulullah Saat Pembebasan Makkah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 14:37 WIB
    Dalam peristiwa Fathu Makkah ada satu kisah kebijaksanaan Rasulullah yang menyentuh hati. Kedatangan beliau ke Makkah berhasil membebaskan Makkah dari kesyirikan tanpa perlawanan dari kaum quraisy.
  • Kisah Menyentuh Rabiah ar-Rayi, 30 Tahun Ditinggal Jihad sang Ayah
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 17:27 WIB
    Rabiah ar-Rayi lahir tanpa ditunggu sang ayah. Saat sang bunda mengandung, sang ayah pergi jihad fi sabillah. Sang ayah dianggap sudah syahid, ketika 30 tahun kemudian pulang dalam kondisi sehat.
  • Kisah Hidayah : Hei, Kamu Muslimah?
    Muslimah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:27 WIB
    Membicarakan masalah hidayah berarti membahas perkara yang paling penting dan kebutuhan yang paling besar dalam kehidupan manusia. Betapa tidak, hidayah adalah sebab utama keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat.
  • Kisah Sufi Awad Afifi: Sungai, Angin, dan Gurun Pasir
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 16:55 WIB
    Kisah ini disinggung dalam buku Sir Fairfax Cartwright, Mystic Rose from Garden of the King, terbit di Inggris tahun 1899. Versi ini berasal dari Awad Afifi, seorang Tunisia, yang wafat tahun 1870.
  • Kisah Sufi: Wasiat Harta Karun dari Petani kepada Anaknya yang Pemalas
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 16:16 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus dan Boerhaave, ahli kimia abad ke-17.
  • Kisah Keluarga Nabi di Hari Raya Idul Fitri
    Hikmah
    Selasa, 12 Juni 2018 - 16:52 WIB
    Ada sebuah kisah mengharukan tentang keteladanan keluarga Rasulullah SAW, yaitu Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Kisah ini menjadi pelajaran penting, terlebih umat Islam akan merayakan Idul Fitri.
  • Kisah Nabi Idris, Manusia Pertama yang Memakai Pena
    Hikmah
    Sabtu, 16 November 2019 - 05:15 WIB
    Kali ini Syeikh Ahmad Al-Mishry (ulama dari Mesir) mengulas kisah Nabi Idris alaihissalam (AS) dalam kajian rutin malam Jumat di Srengseng Jakarta Barat, (14/11/2019).
  • Kisah Sufi Bayazid: Rapuhnya Pemisah antara Kita dan Maut
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:03 WIB
    Sang darwis berkata:Saya juga sadar bahwa, seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Mencapai
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Mereka yang percaya bahwa kemajuan spiritual semata-mata tergantung pada penguasaan hal-hal pahala dan siksa, sering kali dikejutkan oleh kisah Sufi tentang Isa ini.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan Sombong Muawiyah bin Abu Sofyan
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • Kisah Pemuka Yahudi Memeluk Islam, Pelajaran Berharga yang Diabadikan Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 06:30 WIB
    Abdullah bin Salam adalah seorang pemuka dan pemimpin Yahudi di Madinah yang memeluk Islam di masa Nabi pada Tahun 622 M. Kisahnya diabadikan dalam satu ayat Al-Quran.
  • Kisah Sufi: Ketika Semua Orang Bagaikan Raja
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 07:31 WIB
    Pemuda itu harus mengadakan perjalanan ke sebuah negara bernama Misr, dengan menyamar. Oleh karena itu, ia diberi petunjuk-petunjuk untuk pengembaraannya itu, dan berpakaian sesuai dengan samarannya.
  • Kisah Ulama Syam yang Membuat Ratusan Wanita PSK Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:30 WIB
    Ulama terbaik Syam, Al-Muhaddis As-Sayyid Syaikh Badruddin Al-Hasani punya kisah unik saat mengemban dakwah di Suriah. Ratusan wanita PSK bertobat berkat dakwahnya.
  • Kisah Sufi Faridudin Attar: Semut dan Capung
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:44 WIB
    Kisah ini diriwayatkan oleh seorang darwis Bokhara dekat makam Al-Shah, Bahaudin Naqshabandi ini mirip dalam Divine Book karya Faridudin Attar, walaupun dalam penerapannya sedikit berbeda.
  • Kisah Umar bin Khattab Ketika Madinah Mengalami Paceklik
    Hikmah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 21:45 WIB
    Gus Musa Muhammad dalam satu kajiannya menceritakan kisah Umar bin Khattab radhiyallahu anhu ketika Madinah mengalami musim paceklik. Simak kisahnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Sebuah pesan pun disampaikan secara gaib kepada Sang Pangeran. Bangun! Sebab kau ini putra seorang raja, disuruh mengambil batu permata tertentu, dan kepada kami kau harus kembali.