Topik Terkait: Kisah Steven Indra Wibowo (halaman 2)

  • Kisah Nabi Musa dan Kebinasaan Firaun
    Hikmah
    Selasa, 21 Mei 2019 - 16:16 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam (AS) diabadikan oleh Allah SWT di 4 surah dalam Alqur&rsquoan yaitu Surah Al-Baqarah, Al-A&rsquoraf, Thaha, dan Al-Qashas.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:56 WIB
    Setiap kali merasa haus, ia, kembali ke tempat penyimpanannya dan minum airnya. Namun akhirnya, ia memutuskan minum air yang baru. Ia tidak tahan menanggung kesepian.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Kisah seorang Turki bernama Timur Agha, yang mencari ke berbagai desa dan kota, dusun dan negeri, orang yang bisa mengajarinya bahasa binatang dan burung.
  • Kisah Kecerdasan Ahnaf bin Qais dalam Pembebasan Persia
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 17:03 WIB
    Umar takjub mendengarkan keterangan Ahnaf bin Qais, kemudian berliau berkata di depan utusan yang lain, Sungguh dia (Ahnaf) demi Allah- adalah seorang pemimpin.
  • Kisah Qabil dan Habil Tragedi Pembunuhan Pertama di Dunia, Ini Penyebabnya
    Hikmah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 22:47 WIB
    Kisah Qabil dan Habil tercatat sebagai tragedi konflik bersaudara dan pembunuhan pertama di muka bumi. Kisah dua putra Nabi Adam ini diabadikan dalam Al-Quran.
  • Kisah Jin Mencuri Kabar dari Langit
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 23:36 WIB
    Dulu sebelum Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diutus, bangsa Jin dapat menduduki tempat-tempat di langit itu untuk mencuri kabar dan mengetahui rahasia langit.
  • Kisah Sufi Bayazid: Rapuhnya Pemisah antara Kita dan Maut
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:03 WIB
    Sang darwis berkata:Saya juga sadar bahwa, seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (2)
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 05:21 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Nabi Isa alaihissalam (Isa Al-Masih) memiliki 6 mukjizat yang diabadikan dalam Al-Quran. Mukjizat itu sebagai tanda dan bukti kenabian beliau.
  • Kisah Sufi Awad Afifi: Sungai, Angin, dan Gurun Pasir
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 16:55 WIB
    Kisah ini disinggung dalam buku Sir Fairfax Cartwright, Mystic Rose from Garden of the King, terbit di Inggris tahun 1899. Versi ini berasal dari Awad Afifi, seorang Tunisia, yang wafat tahun 1870.
  • Kisah Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Selasa, 23 November 2021 - 13:08 WIB
    Raja yang disinggung dalam kisah ini diduga adalah mendiang Nadir Shah dari Afghanistan, yang diabdi oleh Sufi Abdul-Hamid Khan, dan yang wafat pada tahun 1933.
  • Kisah Nabi Isa Menginterogasi Seorang Pencuri
    Hikmah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 14:00 WIB
    Para Rasul dan Nabi tidak diutus sebagai polisi. Allah-lah yang akan mengawasi, mengurusi, dan menghisab. Allah tidak membebani para Rasul untuk menghisab dan menghukum manusia.
  • Kisah Sufi: Bukti Cinta Pada Nabi
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 14:44 WIB
    Ketika tiba giliran lelaki itu Rasulullah saw mengusirnya dan menyuruhnya pergi. Lelaki itu berteriak, Ya Rasulullah, aku ini umatmu yang mencintaimu juga.
  • Kisah Fathimah dan Batu Gilingan yang Berputar Sendiri
    Hikmah
    Selasa, 29 Mei 2018 - 10:00 WIB
    Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah RA, diceritakan kisah batu gilingan Fathimah yang berputar sendiri berkat bacaan Rasulullah SAW.
  • Kisah Abu Nawas Mencari Jodoh: Doanya Itu Lho Penuh Siasat
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 18:31 WIB
    Kisah Abu Nawas mencari jodoh cukup religius, juga menggelitik. Dibilang religius, karena ia rajin berdoa dalam rangka mendapatkan gadis pujaannya. Menggelitik, karena redaksi doa itu tak lazim.
  • Idries Shah Tentang Kisah Raksasa dan Sufi
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Seorang ahli sufi yang sedang mengadakan perjalanan lewat sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan raksasa yang akan menghancurkannya.
  • Kisah Hidayah : Hei, Kamu Muslimah?
    Muslimah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:27 WIB
    Membicarakan masalah hidayah berarti membahas perkara yang paling penting dan kebutuhan yang paling besar dalam kehidupan manusia. Betapa tidak, hidayah adalah sebab utama keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat.
  • Kisah Mush’ab bin Umair: Bapak Tauhid yang Sukses Membuka Jalan Hijrah Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 16:00 WIB
    Duta Rasulullah yang pertama telah mencapai hasil gemilang. Hari-hari dan tahun-tahun pun berlalu, dan Rasulullah bersama para sahabat hijrah ke Madinah.
  • Kisah Nabi Idris, Manusia Pertama yang Memakai Pena
    Hikmah
    Sabtu, 16 November 2019 - 05:15 WIB
    Kali ini Syeikh Ahmad Al-Mishry (ulama dari Mesir) mengulas kisah Nabi Idris alaihissalam (AS) dalam kajian rutin malam Jumat di Srengseng Jakarta Barat, (14/11/2019).
  • Kisah Sufi Jalaluddin Rumi: Saudagar dan Darwis Kristen
    Hikmah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 09:57 WIB
    Luasnya pengaruh Jalaludin Rumi terbadap khazanah pemikiran dan sastra Barat saat ini semakin jelas lewat penelitian akademis. Tak disangsikan lagi bahwa ia mempunyai banyak pengagum di Barat.
  • Kisah Salman Al-Farisi: Ahlul Bait yang Bergelar Luqmanul Hakim
    Hikmah
    Senin, 28 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Salman Al Farisi bermaksud melamar gadis pujaan hatinya itu. Dia mengajak sahabatnya, Abu Darda, untuk menemaninya. Siapa sangka, Abu Darda yang beruntung.