Topik Terkait: Kuburan

  • Masjid Nabawi Dibangun di Atas Tanah Bekas Kuburan Orang-Orang Musyrik
    Hikmah
    Minggu, 16 April 2023 - 17:12 WIB
    Masjid Nabawi didirikan di atas tanah bekas kuburan orang-orang musyrik. Di atas tanah itu pula ada beberapa pohon kurma. Rasulullah pun memerintahkan agar kuburan ini digali dan tulang-belulangnya dikeluarkan.
  • Bagaimana Hukum Duduk di Atas Kuburan?
    Tausiyah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 15:22 WIB
    Kita sering saksikan saat mengantar jenazah ke pemakaman atau saat berziarah ada saja orang-orang yang seenaknya duduk di atas kuburan. Apa hukumnya dalam pandangan syariat?
  • Kisah Imam Syafi’i Ngalap Berkah di Kuburan Imam Abu Hanifah
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:50 WIB
    Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim berkata: Ini adalah kedustaan yang sangat nyata bagi orang yang memiliki ilmu hadits. Orang yang menukil kisah ini hanyalah orang yang sedikit ilmu.
  • Muslim Jerman: Jumlah Umat Islam Bertambah, tapi Sedikit Pemakaman
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:05 WIB
    Lebih dari 5 juta dari 83 juta penduduk Jerman adalah Muslim, dan jumlahnya terus bertambah. Mereka tinggal dan akan meninggal di sini. Hanya saja, sedikit pemakaman yang tersedia.
  • Hukum Melepas Alas Kaki di Kuburan
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 4 Bagian Tubuh Manusia yang Tidak Hancur Dimakan Tanah
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 17:11 WIB
    Seluruh bagian tubuh manusia akan hancur dimakan tanah, kecuali yang Allah kehendaki lain. Di antaranya, sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah SAW dan para ulama sebagai berikut:
  • Hukum Memakai Sandal di Pekuburan, Begini Pendapat 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 22:21 WIB
    Setiap menjelang bulan Ramadan, pekuburan selalu ramai dikunjungi umat muslim yang ingin berziarah. Benarkah memakai sandal di pekuburan dilarang dalam syariat?
  • Beginilah Keadaan Manusia di Alam Kubur, Jangan Abaikan 4 Amalan Ini
    Tausiyah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:17 WIB
    Alam kubur adalah perjalanan awal menuju akhirat. Setiap muslim yang beriman kepada hari akhir diwajibkan untuk menyiapkan diri sebelum ajal menjemput.
  • Bau Busuk dan Angkernya Kuburan Abu Lahab, Paman Sekaligus Musuh Nabi SAW
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Paman Nabi ini mati secara mengenaskan. Sebelum mati, ia menderita sakit parah yang menebarkan aroma busuk sehingga tak ada yang sudi mendekatinya. Bagaimana kondisi kuburannya kini?
  • Hukum Melepa dan Mendirikan Bangunan di Atas Kuburan
    Tausyiah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 17:37 WIB
    Di Indonesia banyak kita temukan pemakaman atau perkuburan dipenuhi bangunan atau keramik. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Haram Menolak Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19, Ini Dasar Hukumnya
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 11:18 WIB
    Pernahkah kita membayangkan jenazah yang tertolak itu adalah keluarga kita, saudara kita, atau tenaga medis, dokter, perawat yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan virus ini.
  • Kisah Utsman bin Affan Menangis karena Kuburan, Ini Nasihatnya
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Biasanya orang menangis dan ketakutan apabila mendengar cerita tentang neraka dan hari Kiamat, namun tidak demikian bagi Sayyidina Utsman bin Affan.
  • Kisah Hikmah : Pesan dari Kuburan
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Cinta seorang muslim kepada Allah Subhanahu wa taala mengharuskan ia mencintai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian? Sebab, Rasulullah merupakan kekasih Allah.
  • Canda Ala Sufi: Keluar dari Kuburan
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 09:22 WIB
    Aku adalah penghuni kuburan ini dan aku sudah bosan tinggal di sini. Aku telah meminta izin kepada Tuhanku untuk keluar sebentar dan pergi jalan-jalan. Tuhanku telah memberiku izin.
  • Imam Syafii Tak Pernah Menyatakan Baca Al-Quran di Kuburan Itu Bidah
    Tausyiah
    Senin, 27 September 2021 - 18:13 WIB
    Masih ada saja yang nyinyir ketika membahas boleh tidaknya membaca Al-Quran di kuburan. Ustaz Hanif Luthfi Lc MA meluruskan hukum baca Al-Quran dan kirim Al-Fatihah ini.
  • Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Beserta Urutan Bacaannya
    Tips
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:35 WIB
    Bagi umat muslim Indonesia, ziarah kubur sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berikut tata cara ziarah kubur sesuai sunnah.
  • Hukum Membaca Yasin di Kuburan, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:13 WIB
    Hukum membaca Yasin di kuburan sudah sering dibahas oleh ulama ahli fiqih. Sebagian di antaranya menghukuminya makruh, sebagian lagi membolehkannya.
  • Kisah Ibrahim bin Adham: Ketika Kuburan Kian Ramai dan Kota Makin Sepi
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:06 WIB
    Farid al-Din Attar dalam bukunya berjudul Tadhkirat al-Auliya menyampaikan sejumlah kisah tentang karamah Ibrahim bin Adham salah satunya adalah kisah berikut ini:
  • Benarkah saat Ziarah Kubur harus Membuka Alas Kaki?
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 16:03 WIB
    Salah satu adab yang terlupa ketika berziarah kubur yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Benarkah demikian? Bagaimana sebenarnya hukumnya dalam Islam?
  • Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Artinya
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 13:45 WIB
    Ziarah kubur merupakan amalan yang disyariatkan bahkan disunnahkan oleh Nabi Muhammad. Berikut lafaz doa ziarah kubur lengkap dengan artinya.