Topik Terkait: Mahar Pernikahan

  • Mahar Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah Senilai Rp1,3 Miliar
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 16:56 WIB
    Emas kawin atau mahar Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah ra saat menikah jika dikonversikan dengan emas adalah 200 gram emas terbaik, atau sebanyak 500 dirham.
  • Hapalan Al Quran Menjadi Mahar Pernikahan, Dari Mana Asal Muasalnya?
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Mahar diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaanya dihalalkan untuk dinikahi. Bagaimana jika mahar itu diberikan dalam bentuk hapalan Al-Quran, boleh atau tidak?
  • Mahar Nikah dalam Islam, Berikut Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 18:05 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui apa saja bentuk mahar nikah dalam Islam. Berikut benda-benda yang dapat kita jadikan mahar nikah yang dicontohkan Nabi dan Sahabat.
  • Masya Allah, Mahar Nabi Kepada Khadijah Ternyata Rp1,3 Miliar
    Hikmah
    Rabu, 08 April 2020 - 04:42 WIB
    Menurut Gus Ach Dhofir Zuhry mahar Nabi saat menikahi Khadijah adalah&nbsp 20 ekor unta betina. Total lamaran Nabi kalau diuangkan sekarang Rp1,3 miliar, ujarnya.
  • Bolehkah Pasangan Muslim Merahasiakan Pernikahan?
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 11:09 WIB
    Allah telah meletakkan kaidah-kaidah yang mengatur dan menjaga kehormatan setiap muslim. Salah satunya dengan pernikahan secara syari yang menjadikan hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi hubungan yang sakral yang melibatkan aturan ilahiah.
  • Mensyaratkan Memiliki Harta Dulu Sebelum Menikah, Bolehkah?
    Muslimah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 10:00 WIB
    bila seorang perempuan muslimah akan menikah, kemudian ia memberikan syarat kepada calon suaminya untuk memiliki harta dalam jumlah tertentu baru kemudian bisa menikah, apakah ini dibolehkan?
  • Sebaik-baiknya Pernikahan yang Paling Baik
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 13:43 WIB
    Sebuah pernikahan sudah pasti adalah idaman setiap muslimah. Momen yang tidak akan pernah dilupakan dan ingin dilakukan sekali seumur hidupnya. Karena ingin berkesan, maka biasanya sebuah pernikahan dilakukan dengan meriah dan serba wah.
  • Ketentuan Mahar dalam Islam, Hak Istri Saat Ijab Kabul
    Muslimah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 17:41 WIB
    Ketentuan mahar dalam Islam merupakan bagian tak terpisahkan dalam pernikahan. Meskipun tidak termasuk rukun pernikahan, mahar (mas kawin) merupakan hak seorang istri.
  • Pesta Mewah Pernikahan Anjing dan Fenomena Aneh di Akhir Zaman
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Publik kembali dihebohkan dengan pesta pernikahan sepasang anjing menyerupai resepsi pernikahan manusia. Tak sedikit yang menyayangkannya hingga mengkritik pesta tersebut.
  • Mengenal Istilah Mahar dalam Kosakata Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:55 WIB
    Dalam Islam, setiap perkawinan diikat dengan pemberian harta dari laki-laki kepada pihak perempuan. Pemberian itu sering disebut dengan istilah mahar atau maskawin. Adakah istilah mahar ini dalam Al-Quran?
  • Bolehkah Menjual Mahar Nikah? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 19:11 WIB
    Mahar nikah merupakan salah satu bagian dari wajib nikah yang harus dipenuhi oleh laki-laki kepada perempuan. Karena itu prosesi pemberian mahar ini tak dapat dilepaskan dalam sebuah prosesi pernikahan dalam Islam.
  • Tunangan Mirip Resepsi Pernikahan, Bolehkah Hubungan Lebih Mesra?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Mau Menikah? Ini Hadis-hadis Pernikahan yang Penting untuk Diketahui
    Tips
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:12 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Mahar Nikah Nabi Adam Ketika Menikahi Sayyidati Hawa
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:08 WIB
    Mahar nikah Nabi Adam alaihissalam ketika menikahi Ibunda Sayyidati Hawa boleh dibilang sangat istimewa. Berikut kisah pernikahan manusia pertama di muka bumi ini.
  • Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 08:38 WIB
    Selama cuaca dingin antara bulan November dan Februari, jutaan orang menghadiri pernikahan setiap pekannya. Mereka bahkan punya nama untuk itu: Desemberistan.
  • Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
    Hari ini, Kamis 1 Juni 2023, adalah hari pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dari Yordania dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi. Lalu tradisi mana yang dipilih?
  • Hikmah Pernikahan Rasulullah yang Penting Diketahui Kaum Muslim
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 09:07 WIB
    Termasuk kesempurnaan mentadabburi Al-Quran dan hadis berkenaan dengan Sirah Nabawiyah adalah mengetahui hikmah pernikahan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam.
  • Ayat-ayat Pernikahan yang Tercantum dalam Al-Quran
    Tips
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:36 WIB
    Ada banyak ayat di dalam Al-Quran yang menerangkan tentang pernikahan. Seperti diketahui menikah dalam Islam merupakan salah satu anjuran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  • Pernikahan Anak-Anak di Bawah Umur Menurut Islam
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 08:32 WIB
    Kasus dugaan pertunangan anak di Sampang, Madura, sempat menjadi perbincangan warganet dan videonya ramai beredar di media sosial. Lalu, bagaimana sesungguhnya hukum pernikahan anak-anak menurut Islam?
  • Hukum Menarik Mahar Kembali karena Batal Menikah
    Tips
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:06 WIB
    Lamaran bukan ikatan yang mengikat dan berkonsekuensi hukum sehingga mahar yang diserahkan terlebih dahulu saat lamaran bisa ditarik kembali bila perkawinan dibatalkan.