Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 26)

  • Mahar Nikah Nabi Adam...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:08 WIB
    Mahar nikah Nabi Adam alaihissalam ketika menikahi Ibunda Sayyidati Hawa boleh dibilang sangat istimewa. Berikut kisah pernikahan manusia pertama di muka bumi ini.
  • Anjuran Memperbanyak...
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 07:17 WIB
    Rabiul Awal identik dengan Bulan Maulid. Karenanya, di bulan ini umat muslim hendaknya menghidupkan amalan Selawat kepada Baginda Nabi.
  • Sayyidah Juwairiyah,...
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 03:12 WIB
    Sayyidah Juwairiyah adalah istri Musafi bin Shafwan. Beliau cantik, baik hati, dan luas ilmunya. Pria mana pun yang memandangnya bakal jatuh cinta.
  • Mimpi Rasulullah SAW...
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Dalam Hadis Sahih Muslim bab Kitab Puasa disebutkan tentang keutamaan Lailatul Qadar. Salah satunya mimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan Lailatul Qadar.
  • Umar Saja Tak Berani...
    Hikmah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:36 WIB
    Umar bin Khattab tidak ingin mengubah-ubah peninggalan Rasulullah SAW. Salah satu contoh adalah pancuran air yang diletakkan Nabi di dekat rumah Abbas bin Abdul Muthalib.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 09:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW membaca surat Yasin ayat 1-5 ketika menghadapi orang musyrik termasuk Abu Jahal. Yaitu ketika kaum musyrik sedang berkumpul untuk berbuat makar kepada Baginda Nabi.
  • 10 Adab Makan Rasulullah...
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:27 WIB
    Adab dan cara makan Rasulullah penting diteladani seluruh umat Islam di dunia. Selain terdapat keberkahan, mengikuti cara makan Rasulullah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
  • Sejarah Kurban: Ibadah...
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya, pensyariatan ibadah kurban adalah suatu sunah yang telah amat lama. Ibadah ini pertama kali dilakukan oleh putra Nabi Adam AS, yaitu Habil dan Qabil.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara:...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Salah Satu hal yang biasa dipahami secara tidak proporsional tentang Rasulullah SAW adalah bagaimana relasi dan kewajiban umat ini kepada beliau. Ada 6 kewajiban kita kepada beliau.
  • Apa Saja Mukjizat Nabi...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juli 2024 - 13:50 WIB
    Apa saja mukjizat Nabi Sulaiman? Beliau adalah Nabi yang banyak memiliki kekuatan gaib atau mukjizat. Nabi Sulaiman as adalah putra Nabi Daud as, merupakan keturunan Nabi Ibrahim yang ke-13.
  • Sa’ad bin Muadz (2):...
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 12:02 WIB
    Terhadap pendapat Rasulullah yang menurutnya kurang pas, Saad bin Muadz ra bertanya: Ya, Rasulullah ini pendapat Anda pribadi apa titah dari Allah SWT?
  • 4 Mukjizat Nabi Daud,...
    Hikmah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 18:13 WIB
    Mukjizat Nabi Daud alaihissalam merupakan salah satu bukti bahwa kebesaran Allah itu nyata. Nabi Daud adalah seorang Rasul yang diangkat sebagai raja bagi Bani Israil.
  • Kisah Nabi Musa Bertanya...
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 05:05 WIB
    Dalam satu kajian Gus Musa Muhammad diceritakan sebuah kisah Nabi Musa yang sarat hikmah. Nabi Musa pernah bertanya kepada Allah tentang siapa yang menemaninya di surga kelak.
  • Kisah Kitab Barzanji,...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 September 2022 - 15:23 WIB
    Sultan Salahuddin Yusuf al-Ayyubi menggelar sayembara menulis dalam rangka meningkatkan kecintaan Umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab Barzanji memenangkan sayembara itu.
  • Kisah Pendeta Buhaira...
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 03:31 WIB
    Seorang Rabib (pendeta) bernama Buhaira bersaksi atas kenabian Muhammad shallallahu a&rsquolaihi wa sallam (SAW) yang masih berusia belasan tahun saat itu.
  • Hudzaifah bin al-Yaman:...
    Hikmah
    Jum'at, 10 November 2023 - 17:42 WIB
    Hudzaifah bin al-Yaman ra adalah sosok sahabat yang menyimpan rahasia Nabi Muhammad SAW. Rahasia yang dimaksud adalah daftar rahasia tentang orang-orang munafik di sekitar Nabi dan konspirasinya.
  • Ketika Malaikat Memberi...
    Hikmah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 14:59 WIB
    NAMA Yakub disebut sebanyak 18 kali di dalam Al-Quran. Ketika memuji keturunan Nabi Yusuf AS, Rasulullah SAW menyebut sebagai, al-Karim ibnu al-Karim ibnu al-Karim ibnu al-Karim
  • Doa Nabi Musa ketika...
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 07:42 WIB
    Doa ini dimohonkan Nabi Musa tatkala beliau akan menghadap dan menemui Firaun. Musa berdoa dan memohon kepada Allah untuk dilapangkan dadanya dan dikuatkan mentalnya ketika ia berhadapan dengan Firaun.
  • Nabi yang Menerima Suhuf,...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 17:45 WIB
    Suhuf diturunkan kepada lima nabi. Mereka adalah Nabi Adam (10 suhuf), Nabi Syits (50 suhuf), Nabi Idris (30 suhuf), Nabi Ibrahim (10 suhuf), Nabi Musa (10 suhuf).
  • Perbedaan Kisah Nabi...
    Hikmah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Kisah Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT wajib diimani oleh kita semua sebagai umat Islam. Meskipun ada sebuah peristiwa yang berbeda dengan kisah Nabi Musa ketika bertemu dengan Allah SWT.