Topik Terkait: Menahan Nafsu Syahwat

  • Cara Mengusir Syahwat Menurut Syaikh Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 22:21 WIB
    Syahwat adalah keinginan yang cenderung kepada sesuatu. Bagaimana cara mengusir Syahwat? Berikut tipsnya menurut Syaikh Ibnu Athaillah dalam kitabnya Al-Hikam.
  • Doa Agar Bisa Menahan Amarah Selama Berpuasa
    Tips
    Selasa, 27 April 2021 - 09:24 WIB
    Salah satu syarat agar ibadah puasa kita diterima Allah Subhanahu wa taala adalah menahan hawa nafsu. Hanya saja, kita terkadang tidak mampu mengendalikan amarah dan emosi yang ada di dalam benak.
  • Inilah Faedah Syahwat dan Cara Mengendalikannya
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 08:45 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menciptakan manusia dengan disertai syahwat. Kata syahwat itu sendiri merupakan bentuk jamak dari syahaa yang berarti almusytaha atau sesuatu yang diinginkan.
  • Mengenal Sifat Nafsu Manusia yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 07:35 WIB
    Setiap manusia tentu memiliki nafsu yang menjadi dasar atas segala urusan atau perbuatan yang dilakukannya, entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk. Sebenarnya nafsu itu sangatlah luas dan mencakup banyak hal.
  • Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 11:01 WIB
    Hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama puasa walaupun tidak membatalkan puasa secara langsung layaknya makan dan minum, namun tetap saja hal ini dapat mengurangi nilai dan pahala dalam ibadah puasa kita
  • 3 Tingkatan Pertarungan Hawa Nafsu Manusia, Nomor Terakhir Terjaga dari Kemaksiatan
    Tips
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:44 WIB
    Perang dan pertarungan melawan nafsu berlangsung setiap saat. Dalam pertarungan ini, kita bisa menang pada suatu waktu, tetapi kalah pada waktu yang lain.
  • Begini Cara Membersihkan Kotornya Hati karena Syubhat dan Syahwat
    Tips
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 09:15 WIB
    Kotoran hati yang sangat mengganggu keimanan kita adalah perkara syubhat dan syahwat. Lantas bagaimana caranya membersihkan kotoran hati tersebut yang sesuai tuntunan syariat
  • Doa Menahan Amarah yang Bisa Diamalkan dengan Mudah
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 09:22 WIB
    Doa menahan amarah dianjurkan untuk diamalkan bagi siapa saja yang mudah tersulut emosi atau mudah marah. Umumnya, menahan amarah merupakan salah satu hal yang cukup sulit dilakukan
  • Wasiat Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam Mengekang Syahwat
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 20:36 WIB
    Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani (470561 H), pemimpin para wali yang dijuluki Sulthanul Auliya kelahiran Persia. Kedalaman ilmunya tak perlu diragukan lagi. Berikut wasiatnya.
  • 7 Golongan yang Dinaungi Allah Saat Kiamat
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 04:18 WIB
    Ada tujuh golongan yang dinaungi Allah di hari kiamat. Dua di antaranya adalah pemimpin yang adil dan pemuda yang tumbuh dengan beribadah pada Tuhannya.
  • Ramadhan, Momentum Menundukkan Nafsu dan Menghidupkan Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 22:51 WIB
    Ramadhan bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi momentum terbaik menundukkan nafsu dan menghidupkan Al-Quran. Inilah dua amalan yang dapat mendatangkan pahala dan ampunan Allah.
  • Imam Al-Ghazali: Puasa Berarti Musnahnya Kehendak Nafsu
    Tausyiah
    Kamis, 04 April 2024 - 02:00 WIB
    Imam al-Ghazali, Selama hamba masih terkotori oleh selain Allah, ia tak pantas mendekat dan bersanding dengan-Nya sebelum menyucikan hati dari selain Dia.
  • Bikin Binasa Kehidupan, Gara-Gara Memperturutkan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 17:06 WIB
    Sayyidina Ali berkata, barang siapa yang mengikuti hawa nafsunya, maka hawa nafsunya itu akan membutakannya, menulikannya, menghinakannya dan menyesatkannya.
  • Hati-Hati, Jin Juga Punya Syahwat dan Jatuh Cinta dengan Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:18 WIB
    Interaksi antara manusia dan jin bisa dalam bentuk pengagungan manusia kepada jin, dan jin merasa bangga dengan tindakan mereka. Bisa juga terjadi karena dorongan nafsu syahwat.
  • Cara Meredam dan Melawan Hawa Nafsu
    Muslimah
    Jum'at, 13 November 2020 - 09:30 WIB
    Sebagai ujian bagi kita, Ia pun menciptakan setan-setan yang senantiasa membisiki. Senang kepada apa yang tidak disukai Allah, itulah keinginan nafsu. Tidak senang kepada apa yang disukai Allah, jelas adalah tipu daya setan.
  • Ketika Nafsu Bertempur Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 17:32 WIB
    Muslimah, sebagai manusia sangat alamiah ketika suatu waktu mengalami perasaan bimbang. Bimbang karena pilihan baik atau buruk dari kondisi yang sedang dialami?
  • 3 Amalan yang Dapat Menundukkan Nafsu
    Tausyiah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:20 WIB
    Nafsu sering diartikan sebagai hasrat atau kecondongan hati untuk memuaskan keinginan. Apabila tidak dikawal, nafsu dapat memicu kejahatan dan maksiat.
  • Kesabaran Kunci Menolak Fitnah Syahwat
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:38 WIB
    Penyakit syahwat ini misalnya: rakus terhadap harta, tamak terhadap kekuasaan, ingin populer, mencari pujian, suka perkara-perkara keji, zina, dan berbagai kemaksiatan lainnya.
  • Pertarungan Sengit Nafsu Manusia, Begini Penjelasan Imam Al Ghazali
    Tips
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 08:56 WIB
    Alkisah, ada pertempuran sengit tentang nafsu manusia. Ketika Allah taala menjadikan nafsu dalam dua bentuk yaitu nafsu mutmainah dan nafsu lawwamah.
  • 3 Sumber Keburukan Manusia yang Disebutkan Dalam Al-Quran
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Tazkiyatun Nafs menyatakan bahwa sumber keburukan manusia itu adalah kelalaian, hawa nafsu (syahwat), kezaliman dan kebodohan.