Topik Terkait: Naik Turunnya Iman (halaman 3)

  • Keistimewaan Syaban, Turunnya Ayat Perintah Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 21:36 WIB
    Di antara keistimewaan bulan Syaban adalah bulan dimana Allah menurunkan sebuah ayat yang berisi perintah bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.
  • Ini Mengapa Nabi Muhammad SAW Menangis ketika Turunnya Surah Ali Imran Ayat 190
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 09:29 WIB
    Turunnya ayat ini juga diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban di dalam kitab Shahihnya. Suatu hari ketika Bilal hendak azan salat Subuh, ia mendapati Nabi Muhammad SAW sedang menangis
  • Hadis yang Menjelaskan Turunnya Isa bin Maryam Menjelang Kiamat
    Hikmah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 10:29 WIB
    Nabi Isa bin Maryam menetap selama tujuh tahun dan tidak ada permusuhan di antara manusia. Kemudian ia meninggal dunia dan kaum muslimin mensalatkannya
  • Arkeolog Barat Ini Temukan Kaum Ad Membangun Kota Megah dengan Bangunan Tinggi
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Tempat bermukim kaum Ad adalah wilayah Ubar. Setelah melakukan penggalian terhadap wilayah yang disebut sebagai tempat berada kaum Ad, ditemukan jejak keberadaan kota.
  • Inilah Wujud Beriman kepada Kitab-kitab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 17:03 WIB
    Salah satu dari rukun iman dalam Islam adalah iman kepada kitab Allah. Bagaimana sebenarnya perwujudan dari iman kepada kitab Allah subhanahu wa taala ini?
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (4): Perihal Turunnya Isa ke Bumi Pada Akhir Zaman
    Tausyiah
    Sabtu, 04 September 2021 - 18:46 WIB
    Dalam buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir dipaparkan sejumlah ayat dan hadis yang menceritakan turunnya Isa AS ke bumi sebelum kiamat datang.
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Sambut Ramadhan, Wapres Ajak Masyarakat Tingkatkan Iman dan Takwa
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 18:56 WIB
    Wapres Maruf Amin mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa Ramadan 1442 H bagi seluruh umat Islam yang ada di Indonesia di dalam masa pandemi Covid-19.
  • Sejarah Nuzulul Quran dan Turunnya ke Langit Dunia
    Hikmah
    Rabu, 13 April 2022 - 22:44 WIB
    Al-Quran adalah kalamullah yang hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Kitab suci ini merupakan penyempurna dari ajaran kitab-kitab sebelumnya.
  • Inilah Buah Manis dari Keimanan Kepada Allah Taala
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 06:15 WIB
    Beriman atau iman kepada Allah Subhanahu wa Taala merupakan rukun iman yang pertama dalam Islam. Kedudukannya sangat tinggi, karena iman kepada Allah Taala ini adalah mempercayainya, meyakininya dengan sepenuh hati.
  • 2 Jenis Terapi Penyakit Hasad, Nomor Terakhir Bisa Menjadi Penyempurna Iman
    Muslimah
    Senin, 07 Maret 2022 - 16:43 WIB
    Terapi penyakit hasad merupakan salah satu ikhtiar agar bisa melepaskan diri dari penyakit hati yang berbahaya tersebut. Hasad sendiri, adalah penyakit rohani yang bisa menimpa siapaun
  • Lailatul Qadar: Malam Turunnya Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:10 WIB
    Disebutkan bahwa maksud dari ayat tersebut adalah turunnya al-Quran secara sekaligus (dari Lauh Mahfuzh ke langit pertama (Baitul Izzah) pada lailatul Qadr, selanjutnya diturunkan secara bertahap kepada Nabi SAW.
  • Inilah Penyebab Hati Tidak Merasakan Manisnya Iman
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 14:57 WIB
  • Keutamaan dan Keistimewaan Malam Nuzulul Quran
    Muslimah
    Jum'at, 23 April 2021 - 15:38 WIB
    Ada satu malam di bulan Ramadhan yang menjadi saksi sebuah peristiwa penting bagi Umat Islam, yakni turunnya Al-Quran untuk pertama kalinya. Peristiwa ini disebut Nuzulul Quran.
  • 3 Macam Sifat Malu yang Harus Dimiliki Seseorang
    Tausyiah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 08:20 WIB
    Islam memerintahkan pemeluknya memiliki sifat malu karena dapat meningkatkan akhlak seseorang menjadi tinggi. Ada 3 sifat malu yang harus dimiliki seseorang.
  • 6 Keutamaan Berpuasa Ramadan,  Pertama Diampuni Dosanya yang Telah Lalu
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 11:25 WIB
    Setidaknya ada 6 keutamaan melaksanakan ibadah puasa secara umum dan puasa Ramadan secara khusus. Pertama, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.
  • Peristiwa di Bulan Rajab: Kiblat Sholat Berputar 180 Derajat sebagai Ujian Iman
    Hikmah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 11:16 WIB
    Peristiwa penting di bulan Rajab salah satunya adalah berpindahnya arah kiblat sholat dari Baitul Maqdis ke Kakbah di Masjidil Haram. Perubahan kiblat yang 18 derajat ini menjadi ujian iman.
  • Begini Kondisi Perempuan Sebelum Turunnya Al-Quran, di Yunani Ada Dewi Cinta
    Muslimah
    Minggu, 20 November 2022 - 11:03 WIB
    Sejarah menginformasikan bahwa sebelum turunnya Al-Quran terdapat sekian banyak peradaban besar, seperti Yunani, Romawi. India, dan Cina.Lalu, bagaimana kedudukan perempuan saat itu?
  • Orang Beriman Takkan Membiarkan Tetangga Kelaparan
    Tausyiah
    Selasa, 21 April 2020 - 13:52 WIB
    Sungguh menyedihkan. Dua kasus kelaparan yang terjadi di tengah masyarakat muslim ini menjadi sindiran bagi kita, bahwa kita hanya mengaku beriman namun kepedulian kita terhadap tetangga masih mini.
  • Begini Makna Islam dan Iman dalam Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:30 WIB
    Dari sini dapat kita ketahui bahwa antara Islam dan Iman ada perbedaan jika digabungkan. Islam untuk amalan lahir dan iman untuk amalan batin. Dan iman lebih tinggi derajatnya daripada Islam.