Topik Terkait: Niat Dalam Amalan (halaman 113)

  • Mempertahankan Ketaatan...
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 10:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu. Lantas, apakah kualitas ketaatan kita selama Ramadhan itu bisa istiqamah? Apakah pengaruh kebaikan pada diri masih akan terlihat ataukah sudah memudar setelah Ramadhan berakhir?
  • Selain Makkah dan Madinah,...
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Ada kisah-kisah dalam Al Quran yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.
  • Tata Cara dan Niat Qadha...
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Hukum Zakat Fitrah Bagi...
    Tips
    Jum'at, 29 April 2022 - 22:27 WIB
    Membayar zakat fitrah hukumnya wajib bagi semua umat Islam. Lalu bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Dai Muda: Orang Mulia...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 19:47 WIB
    Banyak sekali stigma negatif mengatakan Islam tidak memuliakan kaum wanita. Padahal Allah menegaskan bahwa wajib hukumnya memuliakan seorang wanita.
  • Makar dalam Kisah Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 19:24 WIB
    Ketika mereka masuk ke dalam rumah itu, mereka menduga lelaki tersebut sebagai Nabi Isa, lalu mereka menangkapnya dan menghinanya serta menyalibnya, lalu meletakkan duri di atas kepalanya.
  • Mengenal Makhluk Mitologi...
    Dunia Islam
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 18:23 WIB
    Seringkali makhluk mitologi dikaitkan dengan kisah-kisah tertentu, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, dalam Islam sebenarnya ada makhluk mitologi dalam kisah yang bermakna dibaliknya.
  • Begini Khasiat Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 12:22 WIB
    Khusus keistimewaan surat Az-Zumar, barangsiapa yang meletakkannya di atas lengannya maka dia akan disukai oleh banyak orang dan mereka akan memuji kebaikannya
  • Doa Ketika Susah Tidur...
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 21:02 WIB
    Doa saat sulit tidur atau insomia ini dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Tentang insomnia ini juga pernah dialami beberapa sahabat Nabi SAW.
  • 5 Kriteria Istri dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Desember 2020 - 20:16 WIB
    Ustaz Budi Ashari, Dai yang dikenal sebagai pakar sejarah Islam menjelaskan lima kriteria istri dalam Al-Quran Surah An-Nisa. Berikut penjelasannya.
  • Inilah Sumber-sumber...
    Muslimah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 14:34 WIB
    Setan akan terus menggoda manusia. Bila manusia melakukan keburukan, maka setan pun bergembira karena misi dan programnya menyesatkan manusia di bumi ini berhasil.
  • Ashhabul Ukhdud: Kisah...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Hanya karena meyakini ajaran tauhid, mereka mengalami penyiksaan luar biasa. Penguasa setempat menghempaskan kaum tersebut ke dalam parit yang dibakar.
  • Surat Al-Munafiqun Ayat...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 17:17 WIB
    Surat Al-Munafiqun ayat 4, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa agar diberi anugerah kesabaran dan rendah hati. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut secara istikamah.
  • Habib Geys Assegaf:...
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 16:29 WIB
    Islam sangat memuliakan ulama, murobbi, guru, massyaikh, syeikh dan para asatiz. Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf mengimbau para pencari ilmu agar berhati-hati memilih guru.
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:29 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Maarij, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang membacanya maka dia akan terlindung dari mimpi yang menakutkan dan akan terjaga sampai pagi.
  • Bacaan Zikir Laqod Jaakum,...
    Tips
    Senin, 02 September 2024 - 09:52 WIB
    Zikir Laqod Jaakum adalah bacaan yang diambil dari dua ayat terakhir Surat At Taubah. Kedua ayat tersebut secara khusus menegaskan sifat mulia Nabi Muhammad SAW dan perintah bertawakal .
  • Kisah Hikmah: Terjebak...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 13:20 WIB
    Kisah hikmah ini tentang Juha, tokoh bijak nan lucu dalam sastra Arab, yang ingin memberikan pelajaran kepada anaknya. Ia mengajak anaknya menyusuri perjalanan dengan membawa seekor keledai.
  • Benarkah Kerasnya Hati...
    Tips
    Selasa, 17 Mei 2022 - 17:26 WIB
    Ulama mengatakan, jika Allah Taala menghukum atau jauh dari seseorang, maka dia akan diberi kekerasan hati sehingga tidak bisa menikmati lezatnya ibadah.
  • Strategi Rasulullah...
    Hikmah
    Senin, 30 September 2024 - 20:46 WIB
    Kisah strategi Rasulullah SAW dalam Perang Uhud sangat brilian. Sayang pasukan muslim yang kala itu hanya seper enam dibanding musuhnya tidak disiplin.
  • 3 Alasan Mengapa Disebut...
    Tips
    Minggu, 24 April 2022 - 21:31 WIB
    Malam Lailatul Qadar mempunyai makna yang begitu dalam. Lantaran makna inilah, setiap umat Islam berbondong-bondong untuk bisa mendapatkan keberkahan malam ini. Lalu apa sebenarnya makna lailatul qadar?