Topik Terkait: Pasukan Muslim

  • Gambaran Mencekam Perang Hunain, Pasukan Muslim Nyaris Kalah
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Pertempuran antara kaum muslimin yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW melawan kaum musyrik dari suku Hawazin dan Tsaqif ini pasukan muslim nyaris kalah. Kondisi sangat mencekam.
  • Hari Kedua Perang Kadisiah: Pasukan Persia Tanpa Gajah, Pasukan Muslim di Atas Angin
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 10:25 WIB
    Pertempuran hari itu berlangsung terus sampai malam hari dan pasukan Muslimin melihat ada peluang akan menang. Dengan tak adanya pasukan gajah di pihak Persia pasukan Muslimin merasa diringankan.
  • Keutamaan Mencintai Sesama Muslim Seperti Mencintai Diri Sendiri
    Tausyiah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 22:51 WIB
    Mencintai sesama muslim termasuk wujud dari kesempurnaan iman seseorang. Rasulullah SAW menggamabrkan seorang mukmin dengan mukmin lainnya laksana satu tubuh.
  • Ternyata Ilmuwan Muslim Berkontribusi Banyak Pada Teknologi Kecantikan
    Muslimah
    Sabtu, 04 Juli 2020 - 12:48 WIB
    Muslimah dan kecantikan, sepertinya dua sisi yang selalu beriringan. Tampil cantik dan menarik, adalah hasil akhir yang diinginkan dari penampilan kaum Hawa ini.
  • Ketakutan Dengan Pasukan Muslim, Pihak Romawi Menarik Diri
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Setelah pihak Muslimin sampai di Tabuk dan Rasulullah mengetahui pihak Romawi menarik diri dan berada dalam ketakutan, maka pasukan pun balik ke Madinah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Dalam Perang Sehari 2.000 Pasukan Muslim Sahid, 10.000 Pasukan Persia Tewas
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:11 WIB
    Pada hari ketiga Perang Kadisiah pasukan gajah Persia kembali diturunkan. Hanya saja, pasukan muslimin berhasil melumpuhkan binatang raksasa ini kendati sempat membuat kacau balau pertahanan muslimin.
  • Kisah Mualaf Lea South: Ketika Hip-hop Membantunya Menjadi Seorang Muslim
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:24 WIB
    Meskipun awalnya ragu untuk menjadi seorang Muslim, karena saya ingin bersenang-senang selagi masih muda, dia akhirnya memutuskan bahwa dia siap untuk pindah agama.
  • Prof Sohail Humayun Hashmi Bicara tentang Muslim Amerika Sampai Konsep Jihad
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 November 2022 - 13:55 WIB
    Muslim di Amerika belum mengukuhkan keberadaannya secara memadai. Mereka belum menyuarakan satu bahasa dan kepentingan yang sama, dan mereka bungkam agar tidak banyak menimbulkan persoalan.
  • Syarat Sempurnanya Iman dengan Mencintai Sesama Saudara Muslim
    Muslimah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 11:16 WIB
    Sesama kaum muslimin harus saling mencintai, bukan saling menjatuhkan, bukan saling merongrong, tetapi menyeru kepada Allah Subhanahu wa Taala, menyeru kepada iman dan Islam yang haq
  • Pentingnya Berbaik Sangka Kepada Sesama Muslim
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 06:01 WIB
    Berbaik sangka (husnudzan) merupakan cerminan kebersihan hati. Salah satu bentuk kebersihan hati seorang muslim adalah dalam hubungannya dengan sesama manusia, terlebih lagi dengan sesama muslim.
  • Prof Wilson Bertanya, Apa Itu Islam dan Muslim? Begini Jawaban Imam Chirri
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:24 WIB
    Islam adalah penerimaan dari suatu pandangan atau suatu keadaan yang mula-mula ditolak atau tidak diterima. Di dalam Al-Quran, Islam diartikan kerelaan dari untuk menjalankan perintah Tuhan dan mengikutinya.
  • Perang Talas: Kisah Pasukan Islam Menghentikan Invasi Militer Cina
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 September 2021 - 09:10 WIB
    Sedikitnya 8000 tentara Cina tewas dalam pertempuran Talas, yakni perang antara Dinasti Abbasiyah dan Dinasti Tang. Hasilnya, invasi militer Cina ke Asia Tengah pun berakhir duka.
  • Hadapi Muslim, Persia Kerahkan 120.000 Pasukan dan 33.000 Gajah
    Hikmah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 06:27 WIB
    Rustum sampai di Kadisiah dengan pasukannya yang terdiri dari 120.000 orang, didahului oleh 33.000 gajah, di antaranya gajah putih milik Shapur. Gajah-gajah yang lain sudah jinak dan mengikutinya.
  • 7 Ilmuwan Muslim Paling Terkenal yang Muncul di Zaman Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:30 WIB
    Ilmuwan Muslim dalam sejarahnya ternyata telah sedikit banyak memberi pengaruh terhadap dunia pengetahuan. Beberapa dari ilmuwan muslim yang terkenal berada dalam Dinasti Abbasiyah.
  • Muslim Indonesia Masih Dipandang Sebelah Mata, Apa Sebab?
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 15:01 WIB
    Indonesia sebagai bangsa dengan penduduk Muslim terbesar dunia ternyata belum terlihat secara signifikan. Bahkan secara tidak langsung kerap masih dipandang sebelah mata.
  • Al Battani : Astronom Muslim yang Tepat Menghitung Jumlah Waktu dan Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 13:02 WIB
    Al Battani menjadi ilmuwan pertama yang berhasil menentukan s ecara tepat perhitungan waktu dalam satu tahun yang terdiri dari 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.
  • Muslim Pelaku Dosa Besar Tidak Kafir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 13:30 WIB
    Dosa yang dilakukan seorang muslim tidak serta merta menjadikannya kafir. Namun juga tidak berarti bahwa perbuatan dosa yang dilakukan ahlul qiblat tidak berdampak atau berakibat apa-apa bagi pelakunya.
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Rambu-rambu dan Adab Seorang Muslim Saat Berduka Cita
    Tips
    Kamis, 07 Desember 2023 - 13:32 WIB
    Islam memberikan rambu-rambu ketika seorang muslim tengah berduka cita atau saat mendapat musibah. Rambu-rambu tersebut diisyaratkan Rasulullah SAW sebagai adab seorang muslim.
  • Pasukan Panji Hitam dari Khurasan Akan Bebaskan Palestina?
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 05:10 WIB
    Pasukan muslim kelak akan muncul dari timur sebagai kekuatan yang tak terkalahkan. Pasukan yang membawa Panji hitam ini akan membebaskan Palestina dari penindasan Israel.