Topik Terkait: Pendidikan Anak Usia Dini

  • Maulid Nabi, Ajarkan Anak Agar Cinta Rasulullah Sejak Dini
    Tausyiah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 21:37 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun mengajak para orangtua agar menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • Hadis-hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:42 WIB
    Mengenalkan hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallan yang berisi nasihat-nasihat sangat perlu dilakukan orang tua kepada anak-anaknya, yang dimulai dengan hadis hadis ringan
  • Pentingnya Mengenalkan Dakwah pada Anak di Usia Dini
    Muslimah
    Senin, 16 Januari 2023 - 13:02 WIB
    Berdakwah kepada sesama manusia mempunyai keutamaan yang sangat besar. Bagaimana tidak, pahala akan terus mengalir dari orang-orang yang beramal dengan ilmu yang disampaikannya
  • Mengenalkan Halal Haram pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 13:40 WIB
    Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Hatinya bersih laksana mutiara. Jika orang tuanya mengajarkan kebaikan, anak akan mengikuti. Pun, sebaliknya ia akan mencontohnya juga.
  • Mengenalkan Fatwa Halal Haram pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:48 WIB
    Sejak dini, anak harus mulai diajarkan akidah dan nilai-nilai agama yang benar. Salah satunya tentang halal dan haram bagi mereka sesuai syariat. Kenapa demikian?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Lingkungan dan Pola Pendidikan Anak dalam Pandangan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Senin, 31 Juli 2023 - 17:29 WIB
    Dalam salah satu hadis Nabi Shallallahu Alaihi wa sallam mengingatkan bagaimana pengaruh lingkungan terhadap seseorang.
  • Cara Menasihati Anak Tentang Tauhid Berlandaskan Surat Luqman
    Muslimah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Surat Luqman merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang berisi nilai-nilai pelajaran untuk orang tua maupun anak. Dalam surat ini, berisi tentang wasiat yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya
  • Memisahkan Tempat Tidur Anak Menurut Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 14:23 WIB
    Anjuran untuk memisahkan tempat tidur anak berbarengan dengan perintah mengajarkan anak shalat dan memberinya penegasan jika telah berusia 10 tahun. Kenapa demikian?
  • Benarkah Perbuatan Dosa Anak Kecil Tetap Dicatat? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 14 November 2022 - 09:36 WIB
    Dalam kehidupan di masyarakat, seringkali kita melihat perilaku anak-anak yang belum baligh merugikan orang lain. Bahkan, perbuatannya bisa dikategorikan dosa, karena menyakiti orang lain.
  • Mengenalkan Ketauhidan Sejak Dini pada Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 18:03 WIB
    Sebagai orang tua muslim, menanamkan nilai-nilai keislaman dan ketauhidan kepada anak sangat diharuskan. Sejak ia terlahir di dunia, hingga ia benar-benar memahami agama yang dianutnya itu seraya menjalankan aturan yang ada di dalamnya.
  • Mempersiapkan dan Melatih Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 18:20 WIB
    Menjelang bulan Ramadhan, sebagai orang tua hendaknya mulai mempersiapkan dan melatih anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Mendidik Anak Berlandaskan Fitrah : Role Model Menanamkan Akidah Sejak Dini
    Muslimah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:05 WIB
    Dalam Islam, pemenuhan pendidikan berlandaskan fitrah seorang manusia merupakan hal terpenting, sebab ia adalah pola penanaman akidah paling penting bagi anak.
  • Mendidik dan  Mengajarkan Anak Karakter Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:30 WIB
    Mendidik karakter ikhlas kepada anak juga butuh kesungguhan, latihan, dan difahamkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.
  • Pentingnya Mengajarkan Anak  Menjaga Lisan
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:31 WIB
    Salah satu akhlak yang paling penting adalah menjaga lisan. Bahkan, dapat kita katakan bahwa orang yang ingin mendapatkan dan meraih akhlak mulia ini, salah satu kiatnya adalah dimulai dari menjaga lisan.
  • Kenali 3 Tanda Anak Sudah Baligh dalam Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 06:45 WIB
    Anak yang sudah akil baligh (mencapai usia remaja) maka akan dibebani berbagai kewajiban syariat. Berikut cara mengetahui seorang anak telah memasuki usia baligh.
  • Jadikan Rumah sebagai Majelis Ilmu Terbaik Bagi Anak
    Muslimah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 16:18 WIB
    Sistem pendidikan keluarga dipandang sebagai penentu masa depan anak. Sampai-sampai diibaratkan bahwa surga dan neraka anak tergantung terhadap orang tuanya.
  • Bangun Optimisme Pentingnya Pendidikan Agama
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:09 WIB
    Zaman sekarang, masih banyak orang tua yang mementingkan perkembangan anak dari segi intelektual, fisik, dan ekonomi semata. Banyak dari mereka yang mengabaikan perkembangan iman.
  • Peran Ayah dalam Pendidikan Anak yang Tercantum dalam Al Quran
    Muslimah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 10:16 WIB
    Al Quran banyak menjelaskannya secara gamblang peran seorang ayah dalam mendidik anak-anaknya melalui kisah para nabi dan rasul
  • Rasulullah Mengingatkan Besarnya Pengaruh Lingkungan Dalam Mendidik Anak
    Muslimah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Rasulullah sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Namun, ada faktor-faktor eksternal yang juga memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangannya.
  • Pentingnya Pendidikan Bagi Wanita dalam Islam, Ini Keutamaannya
    Muslimah
    Senin, 30 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Pendidikan bagi wanita dalam Islam sangat ditekankan. Dalam Al-Quran dan Hadis tidak ada larangan menuntut ilmu bagi kaum wanita. Bahkan Islam mewajibkan wanita menuntut ilmu.