Topik Terkait: Pendidikan Karakter (halaman 3)

  • Melatih Tanggung Jawab...
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 17:30 WIB
    Di antara tiga tingkatan agama adalah ihsan. Ihsan ini perlu kita tanamkan dan ajarkan kepada anak sebagai generasi penerus kita. Ihsan memiliki banyak makna, ada beberapa dimensi dari ihsan.
  • Indahnya Pengajaran...
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis ini menggambarkan betapa indahnya cara Nabi Muhammad SAW dalam mengajar. Beliau setelah menjelaskan sebuah hukum mengiringinya dengan contoh-contoh agar mudah dipahami.
  • Wajibkan Ihsan dalam...
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 20:20 WIB
    Seorang muslim harus bisa menjadi yang terbaik dalam segala bidang yang dia tangani. Karena Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menekankan itu kepada kita
  • Rasulullah Mengingatkan...
    Muslimah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Rasulullah sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Namun, ada faktor-faktor eksternal yang juga memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangannya.
  • Perkuat Akidah dan Pendidikan...
    Santri
    Senin, 04 Mei 2020 - 07:49 WIB
    Pandemi virus corona (Covid-19) tak menyurutkan semangat para santri mengikuti beragam kegiatan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Gunung Jati Baalawy Kota Semarang (SGJBS). Apalagi bersamaan dengan bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.
  • Mewujudkan Khaer Ummah:...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 September 2022 - 23:18 WIB
    Poin ketiga ini yang saya simpulkan dalam kata-kata wawasan Iqra. Bahwa umat ini harus kembali menyadari urgensi iqra tidak saja dalam agama.
  • Beginilah Cara Allah...
    Hikmah
    Senin, 27 Februari 2023 - 10:32 WIB
    Momen terbaik dalam kehidupan seorang muslin adalah pada saat Allah Subhanahu wa Taala mulai menegur hamba-Nya. Mengapa demikian? Karena, teguran itu berarti bahwa Allah menunjukkan cinta dan kasih sayang-Nya
  • Kurikulum Eksklusif:...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 18:57 WIB
    Dengan semangat juang keislaman yang tinggi, di bawah komando pendirinya, Hasan al-Banna, dasar-dasar gerakan dapat dikonsep dengan rapi dan dapat menghasilkan para pejuang militan.
  • 7 Karakter Rumah Tangga...
    Muslimah
    Senin, 06 Juni 2022 - 09:44 WIB
    Setiap pasangan muslim harus berusaha menjadikan rumah tangga yang Islami sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat. Bagaimana potret rumah tangga islami itu?
  • Delegasi Muhibah MUI...
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 19:09 WIB
    Delegasi Muhibah Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Uzbekistan diterima oleh Wali Kota Samarkand Fazliddin Amarov, Sabtu (30/9/2023) waktu setempat.
  • Perlu Pendidikan Agar...
    Muslimah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 21:39 WIB
    Pernikahan termasuk syariat yang mendapat perhatian penting dalam Islam. Hikmah disyariatkannya pernikahan adalah menciptakan keluarga yang sakinah serta dalam rangka memperoleh keturunan
  • Targhib dan Tarhib,...
    Muslimah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 10:51 WIB
    Salah satu metode pengajaran kepada anak-anak yang mengikuti cara Nabi Muhammad SAW adalah targhib dan tarhib. Metode ini merupakan bagian dari metode kejiwaan yang sangat menentukan dalam meluruskan anak.
  • Sifat dan Karakteristik...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:10 WIB
    Karakteristik ketiga dari ibaad ar-Rahman (hamba-hamba Yang Maha Penyayang) adalah ketika orang-orang jahil berkata-kata kepada mereka, mereka merespons dengan Salaam.
  • Jadikan Akhirat Sebagai...
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 21:13 WIB
    Orang tua harus membangun optimisme dalam memberikan pendidikan kepada anak ini, yang didasarkan pada tiga hal yakni raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Kuwait Berencana Larang...
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 September 2023 - 15:20 WIB
    Kuwait berencana menerapkan segregasi gender di universitas. Langkah ini mendapat kecaman sejumlah pihak yang menilai hal itu sebagai langkah mundur.
  • Siapakah Seburuk-buruk...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:30 WIB
    Dalam banyak riwayat Hadis, Rasulullah SAW menyampaikan kriteria manusia paling buruk di sisi Allah. Siapa sajakah seburuk-buruk hamba yang dimaksud Rasulullah SAW?
  • Cara Menasihati Anak...
    Muslimah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Surat Luqman merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang berisi nilai-nilai pelajaran untuk orang tua maupun anak. Dalam surat ini, berisi tentang wasiat yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya
  • Besarnya Pahala Orang...
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:02 WIB
    Bagi orang-orang muslim dan mukmin, tidak perlu susah-susah untuk menentukan cara mendidik anak. Sebab, Islam telah mengajarkan metode pendidikan anak ala Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Bersabar Atas Tabiatnya...
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 21:15 WIB
    Ada ruang para perempuan untuk bisa memperoleh maaf atas segala kelakuannya, bersabar atas kebengkokan, dan sesungguhnya orang yang berhasrat untuk meluruskan mereka, hilanglah kesempatan untuk merasakan kenikmatan dengan mereka
  • Mengapa Orang Tua harus...
    Muslimah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 07:39 WIB
    Para orang tua yang beriman akan terus menerus dan mengulang-ulang untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Mengapa demikian? Karena mendoakan anak sudah menjadi satu paket sebagai program pendidikan untuk anak.