Topik Terkait: Pendidikan Karakter (halaman 5)

  • Tiga Tingkatan Orang...
    Tips
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 13:10 WIB
    Orang-orang yang sabar (Ash-Shabirin) merupakan salah satu karakter penghuni surga. Sabar artinya adalah menahan diri untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya serta tabah menghadapi ujian di atas jalannya.
  • Mewujudkan Khaer Ummah:...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 September 2022 - 23:18 WIB
    Poin ketiga ini yang saya simpulkan dalam kata-kata wawasan Iqra. Bahwa umat ini harus kembali menyadari urgensi iqra tidak saja dalam agama.
  • Mengenalkan Halal Haram...
    Muslimah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 13:40 WIB
    Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Hatinya bersih laksana mutiara. Jika orang tuanya mengajarkan kebaikan, anak akan mengikuti. Pun, sebaliknya ia akan mencontohnya juga.
  • Mengenalkan Fatwa Halal...
    Muslimah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:48 WIB
    Sejak dini, anak harus mulai diajarkan akidah dan nilai-nilai agama yang benar. Salah satunya tentang halal dan haram bagi mereka sesuai syariat. Kenapa demikian?
  • Puasa dan pendidikan...
    Tausiyah
    Kamis, 25 Juli 2013 - 07:15 WIB
    Dalam sebuah Hadis Qudsi, Allah berfirman: &ldquoSemua amal anak Adam (manusia) untuk dirinya sendiri kecuali puasa sebab puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.&rdquo Ketika melaksanakan puasa, sebenarnya tidak ada yang dapat mengetahui apakah seseorang sedang berpuasa atau tidak.
  • Inilah Karakter Orang...
    Tausyiah
    Minggu, 06 September 2020 - 17:06 WIB
    Menjadi manusia yang mulia dan dicintai oleh Zat Yang Maha Pengasih tentu bukan perkara mudah. Banyak orang ingin mendapatkan predikat mulia di sisi Allah, tapi mereka lupa memperbaiki akhlaknya.
  • Sifat dan Karakteristik...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 14:53 WIB
    Di berbagai tempat dalam Al-Quran menyebutkan berbagai sifat atau karakteristik hamba-hamba Allah yang beriman dan bertakwa. Sifat-sifat itu memiliki konteksnya secara khusus.
  • Mendidik Anak Berlandaskan...
    Muslimah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:05 WIB
    Dalam Islam, pemenuhan pendidikan berlandaskan fitrah seorang manusia merupakan hal terpenting, sebab ia adalah pola penanaman akidah paling penting bagi anak.
  • 3 Klasifikasi Hati yang...
    Muslimah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 09:58 WIB
    Hati manusia sangat mudah berubah. Ia akan cepat terpengaruh oleh sesuatu. Karena itu, hati manusia disebut al-qalb karena proses perubahannya (at taqallub) yang begitu cepat.
  • Indahnya Pengajaran...
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis ini menggambarkan betapa indahnya cara Nabi Muhammad SAW dalam mengajar. Beliau setelah menjelaskan sebuah hukum mengiringinya dengan contoh-contoh agar mudah dipahami.
  • Darul Quran Mulia :...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 17:01 WIB
    Teknologi bukan hambatan melainkan tantangan bagi pondok pesantren, bahkan akses teknologi ini membuat tingkatan hafalan Al Quran meningkat 25%
  • Lahirkan SDM Unggul,...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Februari 2024 - 07:14 WIB
    Lazis ASFA menggandeng Universitas Al-Azhar Kairo untuk program percepatan kaderisasi pesantren dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia.
  • Maulid Nabi, Ajarkan...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 21:37 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun mengajak para orangtua agar menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • Kekeliruan Ahli Kitab...
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 23:21 WIB
    Al-Quran mengabadikan keyakinan keliru Ahli Kitab Yahudi dan Nasrani tentang ilmu Tauhid. Berikut ucapan yang keluar dari mulut mereka.
  • Kurikulum Eksklusif:...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 18:57 WIB
    Dengan semangat juang keislaman yang tinggi, di bawah komando pendirinya, Hasan al-Banna, dasar-dasar gerakan dapat dikonsep dengan rapi dan dapat menghasilkan para pejuang militan.
  • Inilah 10 Karakter Muslim...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 10:09 WIB
    Dalam beberapa ayat Al-Quran dijelaskan bahwa malaikat juga suka mendoakan manusia, ada doa-doa terbaik untuknya juga sebaliknya didoakan yang buruk. Siapa dan karakter apa saja manusia yang sering didoakan malaikat ini?
  • Apakah Rasulullah Belajar...
    Hikmah
    Senin, 23 September 2024 - 14:33 WIB
    Pengalaman hidup Rasulullah menawarkan inspirasi yang mendalam tentang pentingnya pendidikan yang bisa kita ambil terkait konteks pendidikan pesantren.
  • Mengajarkan Anak tentang...
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 13:12 WIB
    Dalam Islam, anak adalah amanah. Maka amanah dari Allah ini harus dijaga sebaik-baiknya seperti yang dikehendaki Allah Taala. Orang tua harus berusaha mendidik anaknya menjadi anak yang saleh sejak dini.
  • Amanat Haedar Nashir...
    Dunia Islam
    Kamis, 18 Juli 2024 - 14:38 WIB
    Mengurus pendidikan bukan perkara mudah, karena menyangkut dengan mendidik anak manusia. Berbeda dengan menyelenggarakan kegiatan yang tidak terkait dengan hajat hidup kemanusiaan, terutama hal yang fisik
  • 5 Faktor Penting dalam...
    Muslimah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Ada 5 faktor penting yang harus diperhatikan setiap orang tua dalam membangun karakter anak saleh. Perkara dan faktor apa saja?