Topik Terkait: Penyebab Kematian (halaman 4)

  • Pengetahuan Tentang...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 11:47 WIB
    Meskipun pernyataan al-Quran ini telah jelas, masih ada juga orang-orang yang, karena kejahilannya tentang Allah, melanggar batas-batas tersebut.
  • Benarkah Orang Mati...
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 17:18 WIB
    Banyak yang bertanya, benarkah orang yang meninggal bisa bermanfaat bagi orang yang masih hidup di dunia? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Hafshah binti Sirin,...
    Muslimah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 20:52 WIB
    Kisah keteladanan dari cerminan sosok yang selalu mengingat kematian, bisa diambil dari sosok shahabiyat, yakni Hafshah binti Sirin. Muslimah yang dikenal sebagai tabiin ahli ibadah.
  • Doa Agar Dimudahkan...
    Tausyiah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 21:24 WIB
    Semua yang bernyawa pasti merasakan maut (mati), tidak terkecuali para Nabi dan Rasul. Berikut doa agar dimudahkan sakaratul maut sebagaimana diajarkan Rasulullah.
  • Ingin Wafat Husnul Khatimah?...
    Tips
    Selasa, 18 Januari 2022 - 09:35 WIB
    Semua muslim pasti menginginkan meninggal atau wafat dengan akhir atau penutup yang baik (husnul khatimah). Karena kematian adalah hal yang pasti dan tak ada yang mengetahui kapan tibanya.
  • Kisah Nabi Musa, Sudah...
    Hikmah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Musa as berjuluk Kalimullah. Tatkala Allah Taala menugaskan malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya, sang Nabi terkesan enggan. Padahal Nabi Musa pada saat itu sudah berusia 120 tahun.
  • Kematian Husnul Khatimah...
    Hikmah
    Rabu, 02 Juni 2021 - 19:44 WIB
    Bila saja dapat diprediksi kapan ia datang, tahun berapa, dan hari apa, mungkin seseorang masih bisa mempersiapkan segala amal kebajikan untuk menghadapi apa pun setelah maut menjemput.
  • Penyebab Musibah di...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah, Zat yang Maha Berkehendak. Terkadang Allah memberi musibah untuk menguji hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.
  • Pakaian Ihram, Mengingat...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:15 WIB
    Kesamaan pakaian ini mengingatkan kita pada kain kafan. Kita semua akan mengenakannya setelah meninggal. Semua melepaskan pakaiannya dan hanya mengenakan lembaran kain putih.
  • Kisah Majusi yang Beruntung...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Kisah laki-laki Majusi ini layak kita jadikan pelajaran betapa rahmat Allah sangat luas bak lautan tak bertepi. Hidupnya berakhir indah karena amalan yang satu ini.
  • Berikut Ini Hal-hal...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Setiap orang yang berakidah secara keliru baik karena pendapatnya sendiri atau mengambil dari orang lain, maka ia berada dalam bahaya besar, dan zuhud serta kesalehannya akan sia-sia.
  • Kiamat Sudah Dekat:...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 07:02 WIB
    Kiamat sudah dekat. tanda-tandanya sebagaimana diisyaratkan banyak hadis Nabi sudah banyak bermunculan. Salah satu tanda itu adalah banyak terjadi kematian mendadak.
  • Inilah Penyebab Hati...
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 14:57 WIB
  • Amalan Sebelum Tidur...
    Tips
    Kamis, 23 Februari 2023 - 16:26 WIB
    Mengantisipasi saat kematian datang, maka ada amalan-amalan sebelum tidur yang dianjurkan untuk dilakukan. Karena itu, disunahkan agar setiap muslim melakukan amalan ini untuk mendapatkan kecintaan Allah SWT.
  • Pentingnya Berdoa, Memohon...
    Tausyiah
    Senin, 11 Januari 2021 - 07:07 WIB
    Tatkala bayang-bayang musibah datang silih berganti, Rasulullah SAW telah memberi contoh pentingnya berdoa, memohon perlindungan kepada Allah dari kematian yang mengerikan.
  • Surga dan Neraka Rohaniah,...
    Tausyiah
    Senin, 28 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan ada suatu hal yang sering terlewatkan bagi banyak orang yang percaya dengan surga dan neraka namun melewatkan suatu surga rohaniah dan neraka rohaniah.
  • Doa Agar Terhindar dari...
    Tausyiah
    Senin, 18 Januari 2021 - 21:30 WIB
    Setiap muslim wajib meyakini Qadha dan Qadhar-Nya. Namun, manusia diwajibkan berusaha agar dapat menghindar dari segala keburukan. Salah satunya dengan berdoa atau memperbanyak zikir.
  • Kisah Penuntutan Balas...
    Hikmah
    Senin, 25 Januari 2021 - 06:39 WIB
    Kekuatan anti Ali bin Abi Thalib mempunyai tujuan ganda: menuntut balas atas kematian Utsman bin Affan dan menggulingkan Ali bin Abi Thalib dari kedudukannya sebagai Amirul Mukminin.
  • Kematian dalam Pandangan...
    Tausyiah
    Kamis, 05 September 2024 - 12:07 WIB
    Kematian dalam pandangan Islam bukanlah sesuatu yang buruk, karena di samping mendorong manusia untuk meningkatkan pengabdiannya dalam kehidupan dunia ini, juga merupakan pintu gerbang memasuki kebahagiaan abadi.
  • Berikut Ini Penyebab...
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 10:13 WIB
    Ketika masa kodifikasi dimulai riwayat-riwayat hadis mulai dibukukan, secara tidak langsung masuklah riwayat-riwayat isrliyyt ke dalam kitab-kitab ulama Islam.