Topik Terkait: Perang Al Qadisiyah (halaman 52)

  • Polemik Kaum Yahudi...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Polemik antara Nabi Muhammad SAW dengan orang-orang Yahudi Madinah digambarkan al-Quran antara lain pada permulaan Surah al-Baqarah sampai dengan ayat 81, dan sebagian besar Surah an-Nisa
  • Gus Baha: Saya Sering...
    Tausyiah
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 06:00 WIB
    Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengaku sering kirim Al Fatihah ke Nabi Idris alaihissalam. Berikut penjelasan Gus Baha saat pengajian bersama santrinya.
  • Tobat Hasan Al-Basri...
    Hikmah
    Jum'at, 05 November 2021 - 17:31 WIB
    Imam Hasan Al-Basri sebelum memutuskan bertobat dan menjadi seorang sufi didahului dengan pengalaman rohani yang menggugah hati. Salah satunya adalah kisah ini,
  • 3 Periode Turunnya Al-Quran...
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Ramadan adalah bulan tilawah dan tadarus Al-Quran, karena di bulan suci ini pula kitab suci umat Islam ini diturunkan. Lalu, bagaimana sejatinya sejarah turun dan tujuan pokok Al-Quran tersebut?
  • Perang Irak: Kabilah...
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 12:47 WIB
    Ia juga meminta bantuan kabilah-kabilah Arab sehingga jumlahnya menjadi besar. Terdapat di antaranya kaum Nasrani Banu Namr, yang pernah berkata: Kami akan bertempur bersama golongan kami.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Abu Dzar Al Ghifari,...
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Demi Allah, aku tidak berdusta! Seandainya aku mempunyai baju bakal kain kafan untuk membungkus jenazahku dan jenazah isteriku, aku tidak akan minta dibungkus selain dengan bajuku sendiri atau baju isteriku.....
  • Halalbihalal dalam Al-Quran:...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 15:59 WIB
    Menurut Quraish, betapapun Anda menghapus bekas kesalahan, namun pasti sedikit banyak, lembaran tersebut tidak lagi sama sepenuhnya dengan lembaran baru.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Senin, 23 September 2024 - 14:01 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan kebutuhan manusia akan magfirah Allah SWT adalah kebutuhan pokok. Karena nikmat-nikmat Allah SWT yang dicurahkan kepadanya tidak terhitung.
  • Begini Khasiat Surat...
    Tips
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:43 WIB
    Khusus keistimewaan surah Shad, barangsiapa banyak membaca ayat ke-42 dari surah Shad saat dia akan menggali sumur maka dia akan mendapatkan sumber air yang bagus.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Mei 2022 - 19:25 WIB
    Pada 165 H, Harun diperintahkan ayahnya menyerang Bizantium dengan kekuatan 100.000 prajurit terpilih. Harun berhasil menembus pertahanan Bizantium dan menghancurkan satu persatu kota mereka.
  • Tadabbur Adh-Dhuha Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 07:05 WIB
    Dalam Surat Adh-Dhuha ayat 4 Allah menyampaikan kabar kepada baginda Nabi Muhammad SAW bahwa hari kemudian itu lebih baik dari permulaan. Berikut penjelasannya.
  • 2 Jenis Sifat Akal Manusia...
    Tips
    Senin, 24 Januari 2022 - 06:28 WIB
    Ibnul Qayyim Rahimahullahu Taala menjelaskan, Allah Subhanahu wa Taala di dalam Al-Quran memuji akal (pemahaman agama yang benar) dan orang yang berakal (orang yang bisa memahami petunjuk Allah)
  • Mengenal Pola Makanan...
    Muslimah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 15:52 WIB
    Para muslimah yang biasanya sangat peduli terhadap pola makan dirinya atau anak-anaknya, atau keluarganya, sangat perlu untuk memerhatikan bagaimana Islam mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh.
  • Polemik Wahabi: Pendirinya...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:16 WIB
    Belakangan ini polemik mengenai Wahabi lumayan ramai, menyeusul keluarnya rekomendasi PBNU agar pemerintah melarang penyebaran paham Wahabi Lalu, siapa sejatinya Wahabi dan pendiri Wahabi tersebut?
  • Korban Perang Suriah:...
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 11:23 WIB
    Perang merusak segalanya. Amukan kelompok Daesh di seluruh Suriah, 8 tahun yang lalu, meledakkan sebuah kuil ikonik era Romawi di kota tua Palmyra.
  • Tamsil Penciptaan Adam...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 16:47 WIB
    Muhammad Abduh menyebut ayat-ayat yang menguraikan kisah kejadian Adam as pada surah al-Baqarah 30 dan seterusnya, adalah tamsil. Tidak ada dialog antara Tuhan dengan Malaikat.
  • Agar Tak Gagal Paham...
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 06:33 WIB
    Penafian Al-Quran terhadap An-Nashara, tidak setegas penafiannya terhadap Al-Yahud, sehingga boleh jadi tidak semua mereka bersikap demikian.
  • Surat Al Kahfi Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 30 September 2021 - 21:30 WIB
    Dalam surat ini dikisahkan tentang dua orang lelaki yang bersahabat. Yang satu beriman dan satunya ingkar. Yang satu diuji dengan harta yang melimpah yang satu dengan kekurangan.
  • Hadis yang Menginformasikan...
    Hikmah
    Sabtu, 20 April 2024 - 13:33 WIB
    Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani menyebut ada hadis yang menginformasikan tentang akan terjadinya perang antara kaum muslimin dengan Yahudi. Perang itu dimenangan kaum muslim.
  • Surat Fatir Full Arab...
    Tips
    Selasa, 09 Juli 2024 - 10:39 WIB
    Surat Fatir full Arab saja ayat 1-45 penting dipelajari umat Muslim. Kita dapat menjadikannya amalan bermanfaat dengan membacanya secara rutin.