Topik Terkait: Perang Al Qadisiyah (halaman 14)

  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran...
    Hikmah
    Selasa, 18 Februari 2020 - 21:02 WIB
    Al-Quran terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 (satu juta dua puluh tujuh ribu) huruf. Berikut lanjutan 40 Hadis Nabi mengenai keutamaan Al-Quran.
  • Keutamaan Membaca Surah...
    Tausiyah
    Kamis, 21 November 2019 - 16:45 WIB
    Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Alquran. Surah ini diturunkan di Makkah (surah Makkiyyah) terdiri dari 110 ayat. Berikut keutamaannya.
  • Bacaan Ratib Al Haadad,...
    Tips
    Selasa, 23 April 2024 - 10:28 WIB
    Berikut ini bacaan Ratib Al Haadad, teks Arab dan terjemah Indonesia. Namun sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu tentang ratib tersebut.
  • Peristiwa Bulan Safar:...
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:01 WIB
    Safar adalah bulan yang bersejarah. Pada era Nabi Muhammad SAW, terjadi peristiwa penting, yakni meletusnya Perang Khaibar yang pada ujungnya mengakhiri kekuasaan kaum Yahudi di Jazirah Arab.
  • Siapa yang Dimaksud...
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 13:00 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke 7. Mengapa Al-Quran menggunakan terminologi ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut)?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Habib Umar Al-Attas...
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 19:57 WIB
    Kisah ini adalah satu di antara kisah betapa waranya ulama terdahulu ketika bertemu penguasa. Kehati-hatian mereka dalam bersikap patut untuk kita teladani.
  • Tadabbur Al-Hasyr Ayat...
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 20:38 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang keagungan Allah dimana semua makhluk yang ada di langit maupun di bumi bertasbih kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • 4 Keutamaan Surat Al-Fath...
    Tips
    Minggu, 26 Juni 2022 - 22:17 WIB
    Surat Al-Fath (kemenangan) merupakan surat ke-48 dalam Al-Quran terdiri atas 29 ayat. Surat ini memiliki keutamaan dan khasiat yang luar biasa.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 28 September 2024 - 07:35 WIB
    Hukum tajwid surat Al Insyiqaq ayat 1-5 ini perlu dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim supaya ketika membaca nantinya tidak terjadi kesalahan.
  • Perang Fahl: Kisah Tentara...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:16 WIB
    Dari 80.000 pasukan Romawi itu tak ada yang lolos kecuali sisa-sisa yang terpencar-pencar. Kemenangan yang diperoleh pasukan Muslimin sangat meyakinkan dan cukup memuaskan.
  • 7 Khasiat Surat Al Waqiah,...
    Tips
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 11:01 WIB
    Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Quran yang terdiri dari 96 ayat. Terdapat sejumlah khasiat yang diperoleh dengan membaca surat di juz ke-27 tersebut.
  • Surat Al-Mulk Ayat 18:...
    Hikmah
    Senin, 05 Desember 2022 - 22:19 WIB
    Surat Al-Mulk Ayat 18 ini menjadi peringatan bagi orang-orang yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya. Azab yang menimpa umat terdahulu cukuplah jadi pelajaran.
  • Kapan Sebaiknya Membaca...
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 13:58 WIB
    Kapan sebaiknya membaca surat Al Waqiah? Sejumlah hadis menginformasikan sebaiknya dilakukan sesering mungkin, saban malam hari. Namun ada juga hadis yang menyebut cukup pada malam Jumat saja.
  • Keutamaan Menghafal...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Keutamaan menghafal Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 termasuk amalan yang dianjurkan. Apalagi Hadis-hadis keutamaan Surat Al-Kahfi telah disepakati kesahihannya oleh para ulama.
  • 5 Kelompok Militan yang...
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Januari 2024 - 16:41 WIB
    Terdapat sedikitnya lima kelompok militan yang ada di Pakistan. Salah satu yang tengah mencuri perhatian adalah Jaish Al-Adl. Siapa sebenarnya kelompok ini?
  • Letak Gua Ashabul Kahfi...
    Tausyiah
    Selasa, 15 November 2022 - 02:35 WIB
    Letak gua ashabul kahfi yang ada di surat Al-Kahfi diisyarakan pada ayat 17. Ayat ini mengulas tempat tinggal pemuda ashabul kahfi, mereka mendiami gua yang berada di sebuah gunun.
  • Tadabbur Surat Al-Qalam...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 21:55 WIB
    Tadabbur ayat kali ini kita mengulas kandungan yang terdapat dalam Surat Al-Qalam Ayat 1. Pada ayat ini, Allah bersumpah dengan menyebut Qalam yang artinya pena.
  • Veteran Tentara Israel...
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 11:09 WIB
    Bekas tentara Israel ini pada hari Kamis 18 Mei 2023 lalu, mengembalikan kunci salah satu gerbang Masjid Al-Aqsa. Ia mencuri kunci tersebut 56 tahun yang lalu.
  • Jika Imam Membaca Al-Fatihah...
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 17:55 WIB
    Di antara umat muslim mungkin pernah mendapati imam membaca Al-Fatihah terlalu cepat ketika sholat berjamaah. Bagaimana sikap makmum menyikapi hal ini? Berikut penjelasannya.
  • Haruskah Gamang dan...
    Tips
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 15:41 WIB
    Keraguan dan ambisi perihal harta kerap menjerumuskan orang ke dalam keburukan. Padahal, keraguan dan kegamangan perihal rezeki merupakan sesuatu yang tidak perlu karena Allah telah mengatur rezeki masing-masing orang.