Topik Terkait: Perang Masa Rasulullah (halaman 2)

  • Peristiwa Bulan Safar: Perang Khaibar Akhiri Kekuasaan Yahudi di Jazirah Arab
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:01 WIB
    Safar adalah bulan yang bersejarah. Pada era Nabi Muhammad SAW, terjadi peristiwa penting, yakni meletusnya Perang Khaibar yang pada ujungnya mengakhiri kekuasaan kaum Yahudi di Jazirah Arab.
  • 7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani
    Tausyiah
    Senin, 02 November 2020 - 20:03 WIB
    Anas bin Malik berkata, Aku tidak melihat ada orang yang paling penyayang kepada keluarganya daripada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Inilah Doa Khusus Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadan
    Tips
    Rabu, 12 April 2023 - 16:26 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada hari-hari terakhir Ramadan, memanjatkan doa-doa khusus kepada Allah subhanahu wa taala.Apa saja doa yang dipanjatkan Baginda Nabi SAW ini?
  • Di Jari Manakah Rasulullah Memakai Cincin? Berikut Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 15:49 WIB
    Menggunakan cincin adalah sunnah Rasulullah sebagaimana diriwayatkan dalam banyak hadis sahih. Pertanyaannya, di jari manakah Rasulullah memakai cincin?
  • Doa Rasulullah SAW Agar Taat Beribadah
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 21:51 WIB
    Supaya hati tetap dalam ketaatan kepada Allah, hendaknya kita berusaha untuk selalu istiqamah dalam kebaikan. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah agar taat beribadah.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Ini Diet Cara Rasulullah yang Wajib Muslimah Tahu
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Ada banyak cara dan metode diet yang kini tengah tren. Namun tahukah muslimah bahwa Rasulullah pun pernah mengajarkan cara diet yang benar dan sesuai syariat. Diet cara Rasulullah ini sangat baik diamalkan untuk kesehatan.
  • Kisah Masa Kecil Rasulullah SAW Bersama Ibunya
    Hikmah
    Rabu, 04 Desember 2019 - 16:01 WIB
    Masa kecil Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) menyimpan kisah luar biasa yang penuh hikmah.
  • Surat An-Nashr, Isyarat Dekatnya Kewafatan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 22:34 WIB
    Turunnya Surat An-Nashr merupakan isyarat dekatnya kewafatan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Nabi sendiri tidak memberitahunya kecuali hanya kepada Sayyidah Fathimah.
  • Kisah Rasulullah Tersenyum Ketika Menerima Surat Ini
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 15:30 WIB
    Rasulullah SAW menerima wahyu Al-Quran dari Allah Taala terjadi secara berangsur dan bertahap selama 23 tahun. Inilah surat yang membuat Rasulullah tersenyum.
  • Pesan Rasulullah SAW Saat Beliau Menghadapi Sakaratul Maut
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Semua manusia akan mengalami sakaratul maut jelang kematiannya, tidak terkecuali Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Berikut pesan Rasulullah jelang detik-detik wafat beliau.
  • Mengenal Anak-anak Pemberani di Masa Rasulullah (1)
    Hikmah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:45 WIB
    Kisah kepahlawanan Rangga, bocah asal Aceh yang terbunuh membela kehormatan ibunya mengingatkan kita kepada sosok anak-anak pahlawan pemberani di masa Rasulullah.
  • Kisah Rasulullah SAW Dibelah Dadanya, Tak Ada Darah dan Rasa Sakit
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 10:05 WIB
    Kisah pembelahan dada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) perlu diketahui umat muslim. Peristiwa ini terjadi ketika Beliau masih kanak-kanak.
  • Peristiwa Bulan Safar: Perang Dzu’Amr dan Kisah Musuh Islam Lari Terbirit-birit
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 11:41 WIB
    Hari ini, 1 September 2022 adalah bertepatan dengan 5 Safar 1444 H. Ada sejumlah peristiwa penting pada bulan Safar di era Rasulullah SAW. Salah satunya adalah terjadinya perang DzuAmr.
  • Mengenal Mukjizat Rasulullah SAW, Ternyata Ribuan Banyaknya!
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 09:14 WIB
    Selain Al-Quran al Karim, ada banyak mukjizat Nabi Shallalahu Alaihi wa Salam yang telah dikenali di kalangan umat. Tapi masih lebih banyak lagi mukjizat yang manusia tidak tahu.
  • Kisah Rasulullah SAW Ketika Bertemu Lailatul Qadar
    Hikmah
    Kamis, 28 April 2022 - 03:00 WIB
    Bagaimana sebenarnya Lailatul Qadar itu dan apa yang dirasakan ketika bertemu dengannya? Berikut ini kisah baginda Rasulullah ketika bertemu Lailatul Qadar.
  • Tangisan Rasulullah dan Sahabat Pecah Ketika Ayat Ini Turun, Ada Apa?
    Hikmah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 05:11 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan para Sahabat menangis ketika ayat ini diturunkan. Apa sebabnya? Berikut kisahnya diceritakan dalam Kitab Usfuriyah.
  • Rasulullah Pernah Ditanya, Siapa Orang Paling Cerdas?
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 21:16 WIB
    Suatu hari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya, Siapakah orang yang paling cerdas di dunia ini?. Berikut jawaban Rasulullah.
  • Kisah Salat Tarawih yang Dipraktikkan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:03 WIB
    Rasulullah SAW lebih banyak melakukan salat malam pada bulan suci Ramadan di rumah saja. Para sahabat mencatat, beliau hanya tiga malam saja di Masjid Madinah.
  • Pesan Rasulullah Ketika Fitnah Bertebaran
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 23:10 WIB
    Sejak 14 abad lalu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah mengabarkan akan munculnya masa di mana fitnah dan keburukan terjadi di akhir zaman.
  • Kisah Pohon Kurma Menangis karena Merindukan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 21:34 WIB
    Kisah pohon kurma menangis karena merindukan Rasulullah ? termasuk di antara mukjizat beliau yang menakjubkan sekaligus menyentuh hati. Berikut kisahnya.