Topik Terkait: Puasa Kaum Sufi (halaman 2)

  • Sayed Imam Ali Shah: Sufi Waktu, Tempat, dan Orang
    Hikmah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini berasal dari ajaran Sayed Imam Ali Shah, yang wafat pada tahun 1860 dan dimakamkan di Gurdaspur, India. Dia adalah guru dari tarekat Naqshbandi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:02 WIB
    Aku sudah pernah mendengar beberapa tipuan, tetapi baru kali ini ada orang yang menginginkan buah ceri membungkuk untuk meminta agar buah ini diberikan sebagai derma!
  • Kisah Sufi Jalaluddin Rumi: Saudagar dan Darwis Kristen
    Hikmah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 09:57 WIB
    Luasnya pengaruh Jalaludin Rumi terbadap khazanah pemikiran dan sastra Barat saat ini semakin jelas lewat penelitian akademis. Tak disangsikan lagi bahwa ia mempunyai banyak pengagum di Barat.
  • Canda Ala Sufi: Wanita Perawan Sudah Hamil Enam Bulan
    Hikmah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 06:43 WIB
    Dengan cepat, para pembeli berdatangan dan sapi itu akhirnya dibeli oleh seseorang dengan harga yang lebih tinggi dari yang diharapkan Nashruddin.
  • Kisah Sufi: Si Lumpuh dan Si Buta
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 13:57 WIB
    Kisah ini diandaikan dibaca hanya setelah menerima perintah untuk membacanya atau oleh mereka yang telah mempelajari karya Hakim Sanai, Orang-orang Buta dan Gajah.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Roti dan Permata
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 06:09 WIB
    Konon, ada seorang raja memutuskan untuk memberikan sebagian kekayaannya tanpa pamrih. Ia ingin pula mengetahui apa yang terjadi atas pemberiannya itu.
  • Kisah Sufi Malik Dinar Mencari Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:32 WIB
    Dalam kisah ini, Raja yang Menang adalah perwujudan fungsi akal yang lebih tinggi, yang disebut Rumi Roh Manusia, yang harus manusia kembangkan sebelum ia bisa berfungsi dalam keadaan tercerahkan.
  • Kisah Sufi Sang Raja dan Anak Miskin
    Hikmah
    Sabtu, 20 November 2021 - 14:13 WIB
    Mereka yang belum luas pengetahuannya sering beranggapan bahwa sistem metafisika menolak nilai benda duniawi atau, sebaliknya, menjanjikan keuntungan kebendaan yang melimpah.
  • Puasa Lahir Batin Menurut Imam Abul Qashim al-Qusyairi
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:52 WIB
    Puasa itu ada dua: puasa lahir dan puasa batin. Abul Qashim al-Qusyairi an-Naisaburi menjelaskan puasa lahir sebatas menahan dari segala sesuatu yang membatalkan disertai dengan niat.
  • Kisah Sufi: Abdullah Putra si Janda Miskin dan Seorang Darwis
    Hikmah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 09:27 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah Sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah. Cerita ini mengacu dalam bentuk tersamar pada latihan-latihan tertentu bagi para darwis
  • Kisah Bijak Para Sufi: Teh dan Angan-Angan Minuman Surgawi
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 06:27 WIB
    Ketika kebenaran itu nyata, dan saat orang-orang telah mengecap teh, situasinya berbalik orang yang mengatakan hal-hal layaknya orang agung dan berpengetahuan ternyata tolol.
  • Kisah Sufi Shah Muhammad Gwat Shattari: Mimpi dan Sepotong Roti
    Hikmah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 14:38 WIB
    Kisah ini salah satu yang dianggap menjadi karya Shah Muhammad Gwat Shattari. Beliau adalah dalah guru pendiri tidak kurang dari 14 tarekat dan sangat dihormati oleh Maharaja India, Humayun.
  • Kisah Sufi: 3 Macam Ilmu dalam Telaah Kemanusiaan
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:30 WIB
    Nukilan ini tercatat dalam sebuah buku catatan darwis dalam Bahasa Persia, dan berbagai bentuk kisah itu terdapat dalam mazhab-mazhab Sufi yang tersebar mulai Damaskus sampai Delhi.
  • Kisah Sufi Awad Afifi: Sungai, Angin, dan Gurun Pasir
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 16:55 WIB
    Kisah ini disinggung dalam buku Sir Fairfax Cartwright, Mystic Rose from Garden of the King, terbit di Inggris tahun 1899. Versi ini berasal dari Awad Afifi, seorang Tunisia, yang wafat tahun 1870.
  • Canda Ala Sufi: Ahli Waris, Bagaimana Membedakan Wanita dan Pria?
    Hikmah
    Sabtu, 16 Januari 2021 - 12:57 WIB
    Ketika masih muda, Nashruddin pergi ke sebuah desa. Di sana, dia sakit keras. Orang-orang desa pun mengerumuninya dan berkata padanya, Jika engkau mati, apakah engkau memiliki ahli waris?
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Tolol, Si Bijak dan Kendi
    Hikmah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Di tengah jalan Si Tolol, karena kecerobohannya, menyebabkan kendi itu terbentur batu dan pecah. Sesampainya di rumah Si Bijak, ia memberikan pegangan kendi itu.
  • Kisah Sufi Tapabrata Malik Dinar dan Utusan Sang Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Jum'at, 12 November 2021 - 10:08 WIB
    Dalam kisah ini, Raja yang Menang adalah perwujudan fungsi akal yang lebih tinggi, yang disebut Rumi Roh Manusia, yang harus manusia kembangkan sebelum ia bisa berfungsi dalam keadaan tercerahkan.
  • Membaca Filosofi Sufi Oleh Hadrat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 06:49 WIB
    Membaca sesuatu dalam Sufisme seperti membaca segala macam buku.Suatu malapetaka, mungkin membuat manusia malah lebih buruk daripada sebelum membacanya.
  • Kisah Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Kisah Ulama Sufi Diampuni Allah karena Selimuti Kucing Kedinginan
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 23:08 WIB
    Imam Abu Bakar Asy-Syibli (247-334 H) tidak menyangka kalau kucing yang pernah diselimutinya saat cuaca dingin di Baghdad mendatangkan rahmat Allah. Berikut kisahnya.