Topik Terkait: Puasa Nasrani (halaman 3)

  • Tiga Tingkatan Puasa Menurut Al-Ghazali
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:37 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin membagi tiga tingkatan puasa yaitu puasa umum, puasa khusus, dan khususul khusus atau puasa paling khusus. Apa maksudnya?
  • Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap Arab dan Latinnya
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 21:42 WIB
    Niat puasa bulan Rajab perlu diketahui kaum muslimin yang hendak menjalankan ibadah sunnah tersebut. Berikut bacaan niat puasa Rajab lengkap Arab dan latinnya.
  • Manfaat Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh Berikut Lafaznya
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 00:07 WIB
    Manfaat niat puasa Ramadan sebulaan penuh perlu diketahui kaum muslim. Sebagaimana diketahui, niat puasa Ramadan ada dua versi yaitu niat harian dan niat sebulan penuh.
  • Ahl Al-Kitab dalam Al-Quran: Kecaman Ditujukan kepada Orang Yahudi, Bukan Nasrani
    Tausyiah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 14:12 WIB
    Kebanyakan kecaman terhadap Ahl Al-Kitab ditujukan kepada orang Yahudi, bukan kepada orang Nasrani. Ini disebabkan karena sejak semula ada perbedaan sikap di antara kedua kelompok Ahl Al-Kitab itu terhadap kaum Muslim.
  • Kapan Batas Waktu Meng-qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 14:56 WIB
    Bagi sebagian kalangan muslimah menyambut bulan suci ini kadang-kadang mengalami kebingungan, terutama terkait waktu untuk meng-qadha puasa. Adakah batas waktu untuk meng-qadha puasa Ramadhan sebelumnya?
  • 13 Hal Tentang Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 14:32 WIB
    Puasa Ramadhan adalah ibadah yang dirindukan kaum mukmin karena di dalamnya bertabur rahmat Allah. Mengkaji kembali Bab Puasa, ada 13 hal yang wajib diketahui umat Islam.
  • Nurcholish Madjid: Puasa Bentuk Ibadah yang Paling Awal
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 18:41 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling mula-mula serta yang paling luas tersebar di kalangan umat manusia
  • Hukum Balas Dendam saat Berbuka Puasa
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Ternyata, Puasa Daud Bermanfaat bagi Kesehatan Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 20:32 WIB
    Perempuan memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan, konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, lembut, yang tidak dominan ada pada laki-laki.
  • Bacaan Niat Puasa 6 Hari Syawal dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 17:20 WIB
    Saat ini kita memasuki hari ke-2 bulan Syawal 1441 Hjriyah. Ada satu amalan yang ditekankan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam (SAW) di bulan ini.
  • Inilah Hal-hal Makruh saat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 10:44 WIB
    Saat menjalani puasa Ramadan, hendaknya kita hati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang ternyata hukumnya makruh dalam ibadah Ramadan.
  • Manfaat dan Hikmah Puasa 6 Hari di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 15 April 2024 - 05:15 WIB
    Setelah merayakan Idulfitri, umat Islam dianjurkan mengamalkan 6 hari puasa Syawal. Banyak keistimewaan dan hikmah serta manfaat dari puasa Syawal ini. Apa saja hikmah dan manfaatnya?
  • Puasa Daud, Mendatangkan Rezeki yang Tidak Disangka-sangka
    Tausyiah
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 12:08 WIB
    Puasa Daud merupakan puasa khusus amalannya Nabi Daud AS. Puasa Daud dapat diartikan sebagai puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari puasa, kemudian sehari berbuka
  • 3 Cara Cebok yang Membatalkan Puasa, Umat Muslim Wajib Tahu
    Hikmah
    Rabu, 03 April 2024 - 04:02 WIB
    Terdapat tiga cara cebok yang dapat membatalkan puasa. Mungkin hal ini merupakan hal yang jarang diketahui oleh setiap muslim, padahal bersuci yang dikenal dengan istilah istinja ini adalah hal penting.
  • Sejarah dan Asal Usul Puasa Ramadhan
    Dunia Islam
    Senin, 28 Maret 2022 - 14:48 WIB
    Sejarah dan asal usul puasa sebenarnya sudah sangatlah tua. Puasa adalah ibadah ruhiyyah yang ada sejak lama di mana Allh Azza wa Jalla mewajibkannya atas banyak umat sebelum umat ini.
  • 6 Hikmah Puasa Ramadan yang Perlu Diketahui, Nomor Terakhir Terkait Kesehatan
    Hikmah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 15:15 WIB
    Di balik hukum wajibnya puasa Ramadan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung. Sebagai muslim, tentu kita wajib mengetahui hikmah tentang puasa Ramadan ini.
  • Hukum Puasa Syawal saat Masih Menanggung Utang Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 23 April 2023 - 14:40 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadan.
  • Puasa 6 Hari di Bulan Syawal, Haruskan Berurutan?
    Tips
    Selasa, 16 April 2024 - 06:40 WIB
    Pelaksanaan puasa enam hari di bulan Syawal boleh dengan berurutan ataupun terpisah-pisah. Rasulullah SAW tidak menyebutkan caranya dilakukan dengan berurutan atau terpisah.
  • Jadwal Puasa Bulan Muharram dan Amalan Kebaikan di Dalamnya
    Tips
    Minggu, 31 Juli 2022 - 07:00 WIB
    Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai Syahrullah (Bulan Allah). Karenanya, bulan ini memilki keutamaan yang sangat besar.
  • Kaum Nasrani Paling Dekat dengan Islam? Begini Penjelasan Al-Quran dan Tinjauan Al-Kitab
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:06 WIB
    Al-Quran menjelaskan tentang kaum Nasrani dalam sejumlah ayat. Salah satunya adalah dalam surat Al-Maidah ayat 82 yang menyebut bahwa mereka adalah orang-orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang Islam.