Topik Terkait: Qurban Idul Adha (halaman 3)

  • Sejarah Kurban dan Kekayaan Nabi Ibrahim yang Mencapai 12.000 Ekor Ternak
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 19:19 WIB
    Hari ini umat Islam yang tidak berhaji merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Bagaimana sebenarnya sejarah kurban hingga menjadi tradisi setiap Hari Idul Adha? Berikut ulasannya.
  • Mampu Tapi Tak Berkurban, Pesan Nabi: Jangan Dekati Tempat Sholat Kami
    Hikmah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 07:45 WIB
    Hukum berkurban memang tidak wajib menurut mayoritas ulama. Namun, ibadah ini tidak boleh dianggap sepele terlebih bagi yang mampu dan punya kelapangan rezeki.
  • Alternatif Lain, 7 Menit Khutbah Idul Fitri di Rumah Saat Corona
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Hukum Membagikan Daging Kurban kepada Non-Muslim
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 21:34 WIB
    Apakah boleh membagikan daging kurban kepada non-muslim? Pertanyaan ini sering muncul menjelang Hari Raya Iduladha. Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Adab dan Amalan Sunnah bagi Perempuan pada Hari Raya Idul Adha
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Idul Adha merupakan peristiwa penting dan hari besar Islam yang penuh berkah dan kegembiraan. Oleh karena itu, saat pelaksanaan salat Ied dianjurkan dihadiri semua kaum muslim, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan perempuan.
  • Tradisi Maaf-maafan Saat Idul Fitri Bukan Bidah
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 23:38 WIB
    Tradisi maaf-maafan saat Idul Fitri bukanlah bidah. Mungkin mereka menyangka dan menyamakannya dengan ibadah ritual, padahal itu bukan ritual ibadah.
  • Inilah Penampilan Terbaik Muslimah Saat Salat Ied
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 20:43 WIB
    Rasulullah pun mengajurkan baik muslim maupun muslimah sebelum melaksanakan salat Idul Adha ini, dengan mandi terlebih dahulu, berdandan dan berhias diri dengan berpakaian yang terbaik.
  • 2 Macam Takbir Hari Raya yang Perlu Diketahui
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 07:00 WIB
    Setiap muslim dianjurkan mengumandangkan takbir pada dua hari Raya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Berikut dua macam Takbir Hari Raya.
  • Bacaan Bilal Salat Idul Fitri, Tidak Ada Azan dan Ikamah
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 20:25 WIB
    Bacaan bilal salat Idul Fitri adalah menyeru dengan lantang as-shal?ta(u) j?miah. Pada salat Idul Fitri, bilal atau muazin memang tidak dianjurkan untuk mengumandangkan lafal azan dan lafal ikamah. Jadi hanya menyeru:
  • Kenapa Hari Raya Iduladha NU dan Muhammadiyah Berbeda ? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 18:12 WIB
    Setiap tahunnya, umat Islam akan merayakan hari raya sebanyak dua kali yaitu Hari Raya Idulfitri dan Hari Raya Iduladha. Setelah merayakan Idulfitri, kini masyarakat tengah bersiap untuk menghadapi perayaan Iduladha 2023.
  • Berhari Raya Hendaknya Mengikuti Penetapan Pemerintah, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 14:16 WIB
    Pelaksanaan hari raya umat Islam, baik Idulfitri maupun Iduladha, lebih baik mengikuti penetapan dari pemerintah. Sehingga, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk berhari raya sendiri-sendiri.
  • 2 Macam Takbiran Hari Raya Iduladha dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 12:56 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan salat Iduladha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunahkan
  • Tata Cara Salat Idul Adha dan Sunnah-sunnahnya
    Tausiyah
    Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:30 WIB
    Selain Salat Idul Fitri, umat Islam juga dianjurkan mendirikan Salat Idul Adha setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Tahun ini (1440 Hijriyah), Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu (11/8/2019).
  • Jangan Gagal Paham, Ini Alasan Perbedaan Waktu Idul Adha Indonesia dengan Saudi
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:38 WIB
    Banyak yang bertanya mengapa terjadi perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha antara Indonesia dengan Arab Saudi. Agar tidak gagal paham, mari kita simak penjelasan berikut ini.
  • 4 Keutamaan Berkurban dalam Islam, Umat Muslim Harus Tahu
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 17:17 WIB
    Terdapat empat keutamaan berkurban ketika Hari Raya Idul Adha yang perlu diketahui oleh umat muslim. Karena merupakan ibadah setahun sekali, tentunya umat Islam harus memanfaatkannya dengan baik.
  • 7 Adab Merayakan Idul Fitri
    Tips
    Rabu, 04 Mei 2022 - 18:59 WIB
    Para sahabat Nabi Muhammad SAW apabila mereka pulang dari salat ied, mereka saling mengucapkan: Semoga Allah menerima amal kita dan amalmu semua.
  • Sholat Idul Fitri: Mana yang Lebih Utama, di Lapangan atau Masjid?
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 16:23 WIB
    Menurut pendapat Imam Malik sholat Id baik dilaksanakan di lapangan terbuka. Karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan sholat Id di lapangan kecuali karena ada hujan atau penghalang lainnya.
  • Bacaan 3 Lafaz Zikir Menjelang Hari Raya Iduladha, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 13:25 WIB
    Di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan waktu-waktu utama untuk mengamalkan banyak amal shaleh termasuk amalan zikir. Walaupun zikir bisa dilakukan kapan dan di mana saja, namun 10 hari awal pertama bulan tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.
  • Ini 3 Hewan yang Sah untuk Kurban
    Tausyiah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 21:58 WIB
    Banyak hal yang harus diketahui umat muslim seputar ibadah kurban. Salah satunya tentang hewan yang sah untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha.
  • Larangan Memotong Kuku dan Rambut untuk Shohibul Qurban
    Hikmah
    Senin, 19 Juni 2023 - 16:59 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut untuk shohibul qurban didasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hanya saja, hadis ini memicu perdebatan di antara para ulama.