Topik Terkait: Saka Tatal (halaman 488)

  • Hadis Arbain: Hingga...
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 06:05 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-41 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Allah...
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 05:51 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-39 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Akhlak Islam : Kepada...
    Tausyiah
    Selasa, 21 November 2023 - 10:43 WIB
    Berbuat baik dan menyayangi binatang adalah bagian dari ajaran agama Islam . Bahkan, bila kita berbuat baik kepada binatang, maka mendapatkan ampunan dari Allah subhanahu wa taala.
  • Langkah dan Adab Sebelum...
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 17:09 WIB
    Surat Yasin adalah salah satu surat yang dimuliakan dalam Al Quran. Surat ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Surat Al Mutaffifin...
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:23 WIB
    Surat Al Mutaffifin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Surat ini menggambarkan tentang keadilan sosial dan peringatan bagi orang-orang yang tidak jujur dalam urusan timbangan dan pengukuran.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Nazisme Produk Zionis...
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 November 2023 - 18:30 WIB
    Teori ini telah menyebabkan gemuruhnya persenjataan Jerman dan sekutunya di Barat atas nama superioritas ras sebanyak dua kali di awal abad ke-20, di samping peristiwa perang dunia I tahun 1914 dan perang dunia II tahun 1949.
  • Hudzaifah bin al-Yaman:...
    Hikmah
    Jum'at, 10 November 2023 - 17:42 WIB
    Hudzaifah bin al-Yaman ra adalah sosok sahabat yang menyimpan rahasia Nabi Muhammad SAW. Rahasia yang dimaksud adalah daftar rahasia tentang orang-orang munafik di sekitar Nabi dan konspirasinya.
  • Mengapa Doa Anak Saleh...
    Tausyiah
    Senin, 13 November 2023 - 12:45 WIB
    Dalam Islam, pahala dari anak yang saleh akan terus mengalir pada orang tuanya saat sudah di alam barzakh kelak. Mengapa demikian? Bagaimana dalil yang menjelaskannya?
  • Bacaan Doa untuk Palestina...
    Tips
    Jum'at, 10 November 2023 - 21:28 WIB
    Bacaan doa untuk Palestina ini bisa dibaca ketika sholat atau kapan saja. Doa merupakan senjata orang beriman dan salah satu tanda cinta seorang mukmin kepada mukmin lainnya.
  • Zionis Internasional...
    Dunia Islam
    Senin, 13 November 2023 - 05:15 WIB
    Sebuah dokumen mengungkap rencana Zionisme internasional memprakarsai meletusnya Perang Dunia III. Dalam butir rencana ini terjadi benturan Zionisme Politik dengan para pemimpin kaum muslimin di dunia Islam.
  • Hadis Arbain: Pintu-Pintu...
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 08:00 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-29 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Gara-Gara Hamas, Ratusan...
    Dunia Islam
    Rabu, 22 November 2023 - 09:50 WIB
    Israel panen raya gara-gara serangan Hamas. Dollar mengalir deras ke kantong Yahudi. Negara-negara besar macam AS dengan murah hati menggelontorkan duitnya.
  • Kisah Kaum Yahudi Dilaknat...
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 18:05 WIB
    Ada banyak ayat Al-Quran yang mengisahkan kezaliman kaum Yahudi hingga mereka mendapat laknat Allah. Salah satunya, ketika mereka berkata Tangan Allah Terbelenggu.
  • Menjelang Wafat, Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 07:54 WIB
    Nabi Adam as wafat pada hari Jumat. Para malaikat datang membawa wewangian dan kain yang berasal dari surga. Mereka bertaziah kepada anak keturunannya dan kepada pemegang wasiatnya, yaitu Syits.
  • Hukuman Hamba yang Angkuh,...
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 08:17 WIB
    Keengganan untuk berdoa kepada Allah dan tidak merasa puas melainkan dengan berdoa kepada makhluk, adalah pertanda kesesatan dan kelalaian dari kehidupan akhirat.
  • Surat Al-Kahfi untuk...
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 19:21 WIB
    Salah satu surat yang memiliki keutamaan dalam Al-Quran adalah Al-Kahfi. Surat ke-18 ini terletak pada juz 15 terdiri dari 110 ayat, termasuk kategori Surat Makkiyah (diturunkan di Mekkah).
  • Kisah Amr bin Luhai...
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 11:19 WIB
    Amr bin Luhai menguasai Makkah dan mengusir Kabilah Jurhum dari Tanah Haram itu. Ia lantas menjadi pelayan Kakbah. Dialah orang yang pertama kali menyeru masyarakat Arab untuk menyembah berhala.
  • Kisah Ikhwanul Muslimin:...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 11:31 WIB
    Perjanjian yang ditandatangani antara Inggris dan Mesir pada 1936 telah mendorong Hasan al-Banna menyuarakan dukungan penuhnya terhadap perjuangan penduduk Palestina.
  • Karena Aurat, Inilah...
    Muslimah
    Senin, 13 November 2023 - 12:30 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita merupakan aurat yang harus ditutup atau tidak boleh terlihat bagi orang yang bukan muhrimnya. Bahkan rambut disebut sebagai mahkota atau perhiasan wanita.
  • Doa Berlindung dari...
    Tips
    Senin, 13 November 2023 - 20:55 WIB
    Doa berlindung dari penyakit kulit dan penyakit buruk lainnya sangat bagus diamalkan agar orang tidak menjauhi kita. Selain menjalankan pola hidup sehat, mengajarkan doa berikut.