Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 85)

  • Doa Yasin untuk Almarhum,...
    Tips
    Selasa, 27 Februari 2024 - 12:20 WIB
    Doa Yasin untuk almarhum diawali dengan tawassul kepada Nabi Muhammad SAW dan orang-orang salih dengan membaca Surat Al-Fatihah.
  • Ilmuwan Hebat Muslim...
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 10:00 WIB
    Bukan hanya banyak peristiwa penting terjadi di bulan Ramadhan. Dunia Islam juga banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan hebat, namun terlupakan sejarah.
  • Arah Baru Memandang...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Januari 2023 - 12:11 WIB
    Murad Wilfred Hoffman menyebut arah baru memandang Al Masih (peran dan tabiatnya) dalam agama Kristen menyebabkan krisis keimanan di Barat. Bagaimana dengan Umat Islam?
  • Teori Gujarat Tentang...
    Dunia Islam
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:20 WIB
    Teori Gujarat merupakan salah satu teori yang menjelaskan tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Teori ini menyebut, awal penyebaran agama Islam di Indonesia melalui para pedagang dari India muslim (Gujarat).
  • Kiamat Sudah Dekat,...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:17 WIB
    Salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat antara lain adalah banyaknya perbuatan dan perkataan yang keji. Hubungan antara tetangga memburuk. Begini penjelasannya.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Murtad dan Penolakan...
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 08:41 WIB
    Tidak sedikit kaum muslimin yang murtad dan menolak membayar zakat begitu mendengat Rasulullah wafat. Banyak sebab mengapa mereka melakukan itu. Apa saja?
  • Kekhalifahan Dinasti...
    Dunia Islam
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 01:01 WIB
    Disebut Dinasti Fatimiyah karena dinasti ini dinisbatkan kepada Fatimah Zahra putri Nabi Muhammad Shallalahu Alaihi wa Sallam dan sekaligus istri Ali bin Abi Thalib Radhiallahuanhu.
  • Dalil-dalil Pentingnya...
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • 5 Ulama Yaman Keturunan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Ulama Yaman yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW jumlahnya sangat banyak. Di antara sosok ulama yang cukup populer ialah Habib Umar bin Hafizh.
  • Syariat Jilbab dan Sejarahnya,...
    Muslimah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 12:00 WIB
    Hukum berjilbab bagi muslimah ramai kembali diperbincangkan. Ada sebagian muslimah yang menganggap bahwa jilbab atau berjilbab tidak wajib apalagi di Indonesia yang notabene masih kental dengan budaya dan adat-istiadat.
  • Hari ke-40 Peringatan...
    Dunia Islam
    Senin, 26 Agustus 2024 - 14:30 WIB
    Setidaknya 21,48 juta Muslim dari puluhan negara berkumpul di Karbala untuk memperingati Arbaeen atau hari ke-40 setelah peringatan kesyahidan Hussein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW.
  • Sejarah Puasa: Rahasia...
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Ada kriteria yang telah terpenuhi oleh Ramadhan, sehingga bulan ini dipilih menjadi momen umat Islam berpuasa. Di bulan ini, turun Al-Quran, dasar agama Islam sekaligus mukjizat paling agung.
  • Ketika Mekkah Jadi Negeri...
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Perintis perdagangan di Mekkah adalah leluhur Nabi Muhammad SAW, setidaknya ini era pasca-Qushay sebagai pengelola Kota Mekkah dan Kakbah. Anak-anak Abd Manaf jadi pionir perdagangan.
  • Ini Mengapa Umat Islam...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Juli 2024 - 15:38 WIB
    Kalender itu, dinamakan Kalender Urf (tradisi). Namun, sesederhana apapun landasan saintifik perhitungannya, sebuah kalender haruslah disusun sebagai hasil sebuah hitungan (hisab)
  • Hadis Arbain: Jagalah...
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:59 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-19 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Masjid Bibi-Khanym,...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 17:46 WIB
    Nama Masjid Bibi-Khanym, diambil dari nama istri Timur Lenk yang berasal dari negeri Tiongkok. Konon, sebagai lambang cintanya untuk sang permaisuri tersayang, Timur Lenk mendirikan masjid tersebut.
  • Kisah Tukang Sihir Firaun...
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 22:55 WIB
    Ketika Nabi Musa mengajak Firaun untuk menyembah Allah, Firaun menolak dan menghujat Nabi Musa. Beda dengan tukang sihirnya yang bertaubat dan beriman kepada Allah.
  • Mengapa Yaman Dimuliakan...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:19 WIB
    Mengapa Yaman dimuliakan Allah? Berikut ini jawabannya. Banyak hadis Nabi yang menerangkan kemuliaan negeri Yaman. Di antaranya adaah hadis-hadis berikut ini.
  • Kisah Isra dan Mikraj...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:58 WIB
    Sayyid Jafar Barzanji (1690-1764) menuliskan 21 ayat tentang Isra Mikraj dalam Kitab Barzanji. Di situ antara lain digambarkan bahwa Nabi Muhammad bertemu Nabi Isa di langit kedua.
  • Masjid Qiblatain, Tempat...
    Dunia Islam
    Rabu, 29 Mei 2024 - 09:47 WIB
    Masjid Qiblatain salah satu jejak sejarah Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Islam ke seluruh dunia dan menjadi situs yang banyak dikunjungi jemaah umrah maupun haji