Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 150)

  • Ijtihad Tabiin sebagai...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:24 WIB
    Ijtihad yang dilakukan tanpa ikatan pendapat seorang mujtahid yang terlebih dahulu, dan yang secara langsung diarahkan membahas, meneliti dan memahami yang benar
  • Kisah Mimpi Al-Mamun...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Di sini gerakan penerjemahan buku-buku ilmiah gencar dilakukan. Konon, dorongan di balik gerakan ini adalah karena pertemuan Khalifah Al-Mamun dengan Aristoteles dalam mimpi.
  • Doa Nabi Muhammad SAW...
    Hikmah
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 18:46 WIB
    Ada doa Nabi Muhammad SAW yang tidak dikabulkan Allah SWT. Salah satunya adalah agar Allah Taala tidak menimpakan permusuhan di antara kaumnya.
  • Tak Disangka, Mayit...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:33 WIB
    Sosok mayit laki-laki yang dibuang warga ternyata seorang Waliyullah. Peristiwa ini terjadi pada zaman Nabi Musa yang kisahnya diceritakan dalam Kitab Al-Usfuriyah.
  • Keutamaan Ahlul Bait...
    Hikmah
    Sabtu, 21 November 2020 - 15:38 WIB
    Manakah yang lebih mulia, antara Habaib (keturunan Rasulullah) yang bodoh dan orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya? Berikut ulasannya.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Tragis Kaum Rass:...
    Hikmah
    Senin, 11 Mei 2020 - 15:04 WIB
    Al-Quran mengabadikan kisah hancurnya sejumlah kaum. Pada Surat Al-Furqan ayat 38 disebut selain Kaum Aad dan Tasmud ada penduduk Rass. Siapakah kaum Rass itu?
  • Sering Sujud, Kulit...
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. merupakan orang yang paling tekun dan banyak beribadah. Ia pun paling sering berpuasa. Kepadanya banyak orang yang minta petunjuk.
  • Nama Islami dan Fenomena...
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 20:11 WIB
    Belakangan ini beredar foto bayi yang baru lahir pada&nbsp 28 Maret 2020 di media sosial atau medsos. Nama itu lucu: Vairus Abdul Corona. Bagaimana Islam mengatur pemberian nama?
  • Teks Selawat Nariyah,...
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 11:30 WIB
    Teks selawat atau Sholawat Nariyah cukup ringkas. Selawat yang kerap disebut sebagai Sholawat Tafrijiah ini disusun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Abdul Wahhab At-Tazy.
  • Salman Al-Farisi: Seorang...
    Hikmah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Salman Al-Farisi hanyalah lelaki tua yang berwibawa. Beliau seringkali kedapatan duduk di bawah naungan pohon. Mengayam dan menjalin daun kurma untuk dijadikan bakul.
  • Efek Buruk Minum Berdiri...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 21:14 WIB
    Mayoritas ulama sepakat tentang kesunahan minum itu dalam keadaan duduk, sekalipun air yang diminum itu adalah air zam-zam. Berikut beberapa efek buruk minum berdiri.
  • Doa-doa Para Nabi untuk...
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:26 WIB
    Para orang tua yang beriman akan terus menerus dan mengulang-ulang untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Ada doa para nabi yang bisa diamalkan para orang tua untuk anak-anaknya ini.
  • Habib Quraisy: Inilah...
    Tausiyah
    Jum'at, 29 November 2019 - 05:10 WIB
    Salawat adalah salah satu zikir paling afdhol karena di dalamnya terdapat nama Allah dan Rasul-Nya Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Inilah salawat yang pahalanya tak terbatas.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 07:30 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang awal mula Asyura menarik untuk kita simak. Ulama ahli tafsir Al-Quran ini menceritakan sejarahnya dalam satu kajiannya di kanal YouTube.
  • 7 Bukti Sejarah tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:39 WIB
    Al-Quran Al-Karim turun dalam masa sekitar 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. Abdul Azhim Al-Zarqaniy menyatakan ada beberapa faktor pendukung bagi pembuktian otentisitas Al-Quran.
  • Lirik Sholawat Sholawatullahi...
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 19:24 WIB
    Sholawat Sholawatullahi Tubariquhu merupakan salah satu sholawat yang tengah viral di Tanah Air. Sholawat ini dikenal dengan nama Al-Hijrotu atau Al-Hijrah.
  • Mengenal Negeri Palestina...
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mengenal Negeri Palestina dalam hadis-hadis Rasulullah SAW penting diketahui umat Islam. Sebagai negeri yang diberkahi, kondisi negeri Palestina akan terus disebut sebagai pertanda akhir zaman hingga menjelang kiamat.
  • Kisah Yazid bin Muawiyah,...
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:40 WIB
    Yazid bin Muawiyah adalah putra mahkota pertama dalam sejarah kaum Muslimin. Ia lahir di dalam istana Damaskus pada tahun 25 H. Dalam masanya, Husein dan keluarganya dibunuh.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tausyiah
    Selasa, 01 September 2020 - 17:31 WIB
    Bulan September 2020 bertepatan dengan Muharram dan Shafar 1442 Hijriyah. Sebagian dari bulan ini (1-17 September) merupakan hari-hari terbaik menunaikan puasa.
  • Mengambil Berkah dari...
    Tausiyah
    Rabu, 11 Maret 2020 - 21:42 WIB
    Sekiranya saja pemerintah mengetahui fadhilah (keutamaan) membaca dan mengkhatamkan Kitab Shahih Al-Bukhari, tentulah mereka akan memberi perhatian khusus terhadap tradisi yang mulia ini.