Topik Terkait: Sifat Dan Akhlak Terpuji (halaman 2)

  • Suka Nyinyir? Hati-hati, Begini Hukumnya dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 15:03 WIB
    Perbuatan nyinyir hampir sama dengan menyindir, mencemooh atau mencela, maka dapat disimpulkan hukumnya tidak jauh berbeda dengan hukum menyindir orang dalam Islam
  • 5 Sifat Istri yang Membuat Rezeki Suami Mengalir Deras
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 17:57 WIB
    Istri shalehah ikut memberi andil keberhasilan suami di dunia dan akhirat. Salah satunya dari sifat-sifat istri ini, akan mendorong rezeki suaminya dapat mengalir deras.
  • Hasad yang Terpuji? Bagaimana Bentuknya?
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 17:17 WIB
    Ternyata ada hasad yang terpuji dan pelakunya tidak tercela dan tidak berdosa. Apa maksud hasad terpuji ini?Ssalah satu hasad terpuji adalah berlomba-lomba dalam kebaikan
  • 3 Akhlak Mulia yang Dapat Mengantarkan Seseorang ke Surga
    Tausyiah
    Selasa, 03 November 2020 - 23:01 WIB
    Syaikh Ahmad Az-Zarnuji dalam kitab populernya Talim Al Mutaallim berkata bahwa ilmu yang paling utama adalah ilmu hal (tingkah laku) dan amal yang paling utama adalah menjaga tingkah laku.
  • Ingin Menjadi Istri Berkarakter Surga? Yuk, Amalkan Sifat Ini !
    Muslimah
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 06:31 WIB
    Di antara sifat seorang istri berkarakter surga adalah memiliki sifat hemat dalam hidupnya. Ia tidak pernah boros apalagi komsumtif. Selalu efisien dan sesuai skala prioritas dari penghasilan dan pendapatan suaminya.
  • 6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Sombong
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 23:05 WIB
    Sifat sombong merupakan warisan Iblis yang wajib kita jauhi. Abah Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari) memberi tips agar terhindar dari sifat sombong.
  • Inilah Ciri-ciri Pribadi Muslimah yang Tawadhu
    Muslimah
    Kamis, 12 Mei 2022 - 12:33 WIB
    Tawadhu adalah ridho jika dianggap mempunyai kedudukan lebih rendah dari yang sepantasnya. Tawadhu merupakan sikap pertengahan antara sombong dan melecehkan diri.
  • Inilah Keutamaan dari Pribadi yang Rendah Hati
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:49 WIB
    Muslimah, tawadhu atau sifat rendah hati merupakan sebuah akhlak dalam Islam yang tergolong ke dalam akhlak terpuji. Tawadhu dalam Islam berarti seseorang menempatkan dirinya lebih rendah di hadapan Allah dan hamba-Nya.
  • 5 Sifat Istri Ini Penolong Rezeki Suami, Nomor Terakhir Pandai Bersyukur
    Muslimah
    Rabu, 09 November 2022 - 10:57 WIB
    Istri shaleha ikut memberi andil keberhasilan suami di dunia dan akhirat. Doanya, bisa menjadi penolong seorang suami ketika mengalami kesulitan. Maka sangat beruntung bagi laki-laki yang mendapatkan perempuan yang mampu menjadikannya lebih besar daripada sebelumya.
  • Akhlak Islam adalah Rasa Malu
    Muslimah
    Senin, 01 November 2021 - 06:52 WIB
    Rasa malu adalah akhlak terpuji yang akan membangkitkan setiap perilaku baik dan mendorong untuk menjauhi perilaku tercela. Sifat malu juga dianggap sebagai sumber utama dari terciptanya akhlak terpuji lainnya.
  • Bahaya Sifat Munafik dan Penyebabnya
    Tausiyah
    Minggu, 26 Mei 2019 - 14:26 WIB
    Allah dan Rasul-Nya telah mengingatkan kita akan bahaya sifat munafik. Penyakit ini selain mencelakai diri sendiri juga membawa keburukan bagi orang lain.
  • 6 Sifat yang Harus Dijauhi Muslimah Menurut Penjelasan Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Minggu, 03 April 2022 - 05:40 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan kaum perempuan agar menjauhi 6 sifat ini, serta menganjurkan para lelaki agar tidak mempersuntingnya sebagai istri.
  • Dalil-dalil Tentang Sifat Malu Sebagian dari Iman
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 12:29 WIB
    Banyak dalil tentang sifat malu sebagian dari iman yang disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan, Rasulullah menyebutkan malu adalah akhlak Islam.
  • Inilah Cara-cara Mengingat Kematian
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:08 WIB
    Di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan bagaimanapun, kematian itu pasti akan datang menyergap, baik dalam keadaan siap atau tidak, baik dalam keadaan baik atau buruk, kematian adalah suatu kepastian.
  • Sifat Allah yang Tertuang dalam Surat Yasin Ayat 82
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 09:40 WIB
    Surat Yasin dianggap sebagai jantung Al-Quran karena keutamaannya yang luar biasa. Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa membaca Surat Yasin memiliki pahala yang besar bagi pembacanya
  • Faedah dan Buah Manis Menjaga Lisan
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Salah satu alat komunikasi yang sering digunakan adalah bahasa lisan. Dalam menggunakan bahasa lisan ini, tentu harus menggunakan bahasa yang baik, mudah dipahami dan dimengerti.
  • Akhlak Muslim Terbaik Selalu Tersenyum dan Berlapang Dada
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 05:15 WIB
    Seorang muslim disunahkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari marah, dan selalu berlapang dada, dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebaik-baiknya akhlak dan pribadi muslim ini.
  • Bahayanya Sifat Hasad dan Cara Mengobatinya
    Muslimah
    Rabu, 02 September 2020 - 06:25 WIB
    Orang hasad adalah orang yang tanpa alasan yang rasional, tidak senang kepada segala kelebihan dan keutamaan yang dimiliki orang lain, baik kelebihan itu berupa harta benda, kekayaan, kedudukan, kehormatan, dan lain-lain.
  • Mengenal Sifat Allah sebagai al-Mujib
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 16:11 WIB
    Apabila kita mengenal Allah dengan baik, kita pasti tidak akan protes kepada-Nya atas apa pun yang telah ditetapkan untuk kita. Karena Allah Taala adalah pencipta kita, Allah yang memiliki diri kita, dan Allah Mahatahu segala permasalahan dan keperluan kita.
  • Syaikh Aidh Al Qorni : Sosok Muslim yang Humoris Lebih Mudah Sukses
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Banyak ulama yang berpendapat bahwa tawa dan senyum adalah salah satu sebab yang paling kuat yang membuat manusia agar lebih efektif dan produktif. Bahkan Imam Ibnul Jauzi (fuqaha, ahli ibadah) berkata bahwa para ulama yang mulia selalu senang dengan humor.