Topik Terkait: Silaturahmi Haji Dan Umrah Indonesia (halaman 108)

  • Kewajiban Utama Suami...
    Muslimah
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, kewajiban suami tidak hanya berkaitan dengan nafkah , sebagaimana yang disangka oleh sebagian (atau banyak) suami. Akan tetapi, terdapat kewajiban penting yang justru banyak dilalaikan. Apa itu?
  • Puasa dan Pengendalian...
    Tausiyah
    Kamis, 09 Juli 2015 - 14:30 WIB
    Islam sebagai agama penutup adalah agama paling ideal yang dilengkapi perangkat syariat dengan 5 prinsip tujuan yang dikenal dengan maqoshid syariah (tujuan syariat).
  • Mengenal 15 Nama-nama...
    Hikmah
    Senin, 15 Juli 2024 - 09:47 WIB
    Setidaknya ada 15 nama-nama surga dalam Al-Quran. Nama-nama ini ada yang tersusun dari satu kata dan ada pula yang tersusun dari dua kata. Nama apa saja?
  • 5 Doa untuk Keluarga...
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 10:47 WIB
    Doa untuk keluarga tercinta baik itu suami, istri dan anak perlu diamalkan setiap hari. Terutama diamalkan oleh para istri agar keluarganya mendapat curahan rahmat dari Allah.
  • Maqam Ibrahim, Awalnya...
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Mei 2023 - 13:22 WIB
    Awalnya batu tersebut menempel di dinding Kakbah, tetapi kemudian dijauhkan dari dinding Kakbah beberapa meter pada masa Khalifah Umar bin Khattab.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • 6 Perkara Wajib dalam...
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 15:55 WIB
    Banyak sekali keutamaan dari wudu, beberapa di antaranya karena wudu dosa terampuni, wudu yang sempurna wajib masuk surga, karena wudu derajat diangkat dan lainnya.
  • KH Cholil Nafis Pimpin...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 08:43 WIB
    Gerakan Pengasuh Pesantren Indonesia (GAPI) dideklarasikan oleh sejumlah tokoh di Pesantren An Nahdhah, Depok, Jawa Barat dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Mengganti Salat Usai...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • Keutamaan Sholat Taubat...
    Tips
    Minggu, 27 Juni 2021 - 09:17 WIB
    Banyak keutamaan dari ibadah sholat sunnah taubat. Sholat ini dilakukan seorang muslim ketika merasa telah melakukan dosa dan ingin bertaubat untuk kembali ke jalan yang benar sesuai yang diperintahkan Allah Taala.
  • Waspada dengan Virus...
    Muslimah
    Rabu, 04 November 2020 - 07:33 WIB
    Ada banyak faktor yang bisa merusak dan mengganggu keistiqamahan seseorang. Faktor dari dalam diri dan faktor dari luar diri. Salah satu faktor dari dalam diri yang dapat merusak keistiqamahan adalah kejahilan.
  • 4 Syarat Penyembelihan...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juli 2024 - 09:39 WIB
    Persyaratan ini dapat gugur apabila penyembelihan itu ternyata tidak dapat dilakukan pada tempatnya yang khas, misalnya karena binatang tersebut jatuh dalam sumur.
  • Kepulangan Jemaah Haji...
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juli 2023 - 23:33 WIB
    Jadwal kepulangan sebanyak 299 jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4 Embarkasi Balikpapan (BPN 04) mengalami kendala. Akibatnya, kepulangan jemaah haji tertunda atau delay selama 15 jam.
  • Cara Orang Beriman Menghadapi...
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 12:56 WIB
    Pembina Yayasan Al Fatih Pilar Peradaban yang juga pakar sejarah Islam, Ustaz Budi Ashari, menyampaikan enam cara orang beriman saat menghadapi musibah wabah.
  • Besok Puasa Asyura 10...
    Tips
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 17:06 WIB
    Puasa Asyura adalah puasa yang dilaksanakan pada 10 Muharram bertepatan besok, Senin (8/8/2022). Bagi yang ingin menunaikan puasa Asyura dianjurkan berniat malam ini.
  • Forum Zakat Sebut Ada...
    Dunia Islam
    Kamis, 18 Juli 2024 - 14:46 WIB
    Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional Bambang Suherman resmi menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke 10 Forum Zakat (Munas FOZ) selama tiga hari ke depan di Padang, Sumbar pada Rabu, 17 Juli 2024.
  • Mitos-mitos Wanita Haid...
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Nabi Sulaiman Memang...
    Hikmah
    Senin, 17 Januari 2022 - 10:35 WIB
    Arkeolog kelautan Inggris Dr Sean Kingsley meyakini Nabi Sulaiman adalah tokoh terkaya yang tak tertandingi. Lalu, berapa besar sejatinya kekayaan Nabi Sulaiman?
  • Doa Setelah Sholat Taubat...
    Tips
    Jum'at, 26 November 2021 - 21:23 WIB
    Doa setelah Sholat Taubat Nasuha merupakan amalan yang sangat baik untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah. Berikut bacaan doanya lengkap latin dan artinya.
  • Shalat Hadiah Bagi Jenazah,...
    Tips
    Kamis, 17 Juni 2021 - 09:59 WIB
    Alam kubur akan menjadi tempat berikutnya bagi mereka yang sudah meninggal. Di alam inilah, sang mayit akan menerima nikmat dan azab atau siksa kubur sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia.
  • Patung dan Bimbingan...
    Tausyiah
    Rabu, 02 September 2020 - 05:00 WIB
    Islam samasekali tidak suka berlebih-lebihan dalam menghargai seseorang, betapapun tingginya kedudukan orang tersebut, baik mereka yang masih hidup ataupun yang sudah mati.