Topik Terkait: Surah Al Baqarah (halaman 35)

  • Kitab al-Barzanji Memuat...
    Hikmah
    Selasa, 06 Februari 2024 - 07:58 WIB
    Sayyid Jafar Barzanji menuliskan 21 ayat tentang Isra Mikraj dalam Kitab Barzanji. Isra dan Mikraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab menurut sistem penanggalan kalender Hijriah.
  • Mengenal Sifat Allah...
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 16:11 WIB
    Apabila kita mengenal Allah dengan baik, kita pasti tidak akan protes kepada-Nya atas apa pun yang telah ditetapkan untuk kita. Karena Allah Taala adalah pencipta kita, Allah yang memiliki diri kita, dan Allah Mahatahu segala permasalahan dan keperluan kita.
  • Dalil-dalil Al Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 15:15 WIB
    Ada banyak dalil dalam al Quran dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, terkait larangan dan dosa riba. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.
  • Begini Persamaan Kedudukan...
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • Doa Mendapatkan Kesempurnaan...
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 12:58 WIB
    Di dalam kitab Kunuz al-Asrar wa al-Maani karya Syaikh Abdul Majid bin Thaha al-Jilani, disebutkandi antara hizib dan doa yang dibaca oleh Syaikh Abdul Qadir al-Jilani untuk kesempurnaan nikmat dari Allah .
  • Waktu Terbaik Membaca...
    Tips
    Senin, 10 Juni 2024 - 10:26 WIB
    Benarkah Surat Yasin memang dianjurkan dibaca hanya untuk malam Jumat saja? atau ada waktu lain yang dianjurkan untuk membaca surat ini. Berikut penjelasannya.
  • 6 Hukum yang Diwajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:16 WIB
    Imam al-Ghazali dalam bukunya berjudul Ihya Ulum al-Din menyebut 6 hukum yang diwajibkan dalam berpuasa. Selain itu ada 4 jenis pengganti yang wajib dilakukan jika seseorang membatalkan puasa.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 18:15 WIB
    Dalam Surah Al Waqiah banyak mengandung tentang keadaan pada hari kiamat, keadaan orang orang terdahulu, hingga mengenai sakaratul maut.
  • Keutamaan Surat Al Waqiah,...
    Hikmah
    Jum'at, 26 April 2024 - 15:43 WIB
    Banyak keutamaan surat Al Waqiah serta faedah bila rutin membacanya. Surat ini dikenal sebagai surat Al-Quran yang mustajab mengatasi kesulitan ekonomi.
  • Hebat! Emak-emak di...
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 April 2022 - 21:27 WIB
    Para ibu-ibu santriwati Rumah Tahfidz Quran Al-Hidayah, Bekasi Timur, Jawa Barat mengikuti wisuda tahfizh Al-Quran bersama anak-anak santri penghafal Al-Quran.
  • Malam Jumat Baca Surat...
    Tips
    Kamis, 09 Desember 2021 - 18:08 WIB
    Banyak yang bertanya, malam Jumat membaca Surat Al-Kahfi atau Yasin? Mana yang harus diamalkan? Mari kita simak penjelasannya berikut.
  • Bantahan Al-Quran Atas...
    Dunia Islam
    Minggu, 15 Oktober 2023 - 21:49 WIB
    Klaim Yahudi yang menganggap mereka sebagai umat pilihan merupakan kekeliruan besar. Hal ini dibantah langsung oleh Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • Kisah Amr bin As Nyaris...
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Tatkala Abu Ubaidah dalam perjalanan di utara Syam, Amr bin As dan Syurahbil bin Hasanah sedang menghadapi angkatan bersenjata Romawi yang sedang berkumpul di Palestina.
  • Doa Agar Dipermudah...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 10:28 WIB
    Banyak ayat dalam surat-surat Al-Quran yang bisa menjadi wasilah atau doa agar mudah mendapatkan rezeki. Salah satunya adalah dengan membaca Surat Fathir ayat 2.
  • Cium Al-Quran, Putin...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Agustus 2024 - 10:35 WIB
    Putin dihadiahi Al-Quran edisi langka. Dia mencium lalu mendekap Kitab Suci itu ke dadanya. Sikap hormat Putin kepada Al-Quran menggugah rasa senang bagi sebagian umat Islam. Lalu benarkah Putin pro-Islam?
  • Beginilah Kenikmatan...
    Hikmah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 17:53 WIB
    Meski tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia karena terlampau indah, namun kenikmatan di surga telah digambarkan oleh Allah Subhanahu wa Taala dalam Al-Quran dan Rasulullah SAW dalam hadis-hadis sahih.
  • Sebelum Islam Datang,...
    Tausyiah
    Senin, 13 April 2020 - 13:16 WIB
    Semua pemeluk agama samawi, umat terdahulu, diwajibkan berpuasa. Hanya saja, di masanya, Rasulullah SAW hanya bertemu dengan dua umat, yaitu Nasrani dan Yahudi.
  • Ustaz Yusuf Mansur Dorong...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 23:54 WIB
    Pengasuh Ponpes Darul Quran Ustaz Yusuf Mansur mengucapkan selamat kepada peserta didik MI Manaratul Islam Jakarta yang telah mengikuti Wisuda Khotmul Quran IV dan Wisuda Tahfiz Quran I.
  • Penghormatan Ulama Terhadap...
    Hikmah
    Kamis, 20 Februari 2020 - 17:40 WIB
    Semua ulama mengakui kehebatan Kitab Sahih Al-Bukhari yang disusun Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughiroh Al-Bukhory Al-Jufi.
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.