Topik Terkait: Tafsir Surat Luqman (halaman 500)

  • Jadwal Imsakiyah Surabaya, 26 Maret 2024/ 15 Ramadan 1445 Hijriah
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 19:30 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 26 Maret 2024/ 15 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Kapan Malam Nuzulul Quran 2024? Ini Penjelasan Versi Kemenag dan Muhammadiyah
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 07:45 WIB
    Kapan malam Nuzulul Quran tahun 2024? Pertanyaan ini menyeruak mengingat adanya perbedaan memulai bulan Ramadannnya sehingga ada dua jadwal untuk malam Nuzulul Quran tersebut.
  • Khutbah Jumat : Ramadan di Tengah Duka Kaum Muslimin
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Ramadan di tengah duka kaum muslim menjadi tema yang menarik untuk diangkat menjadi khutbah Jumat. Mengingat saat ini saudara-saudara muslim di Gaza tengah menghadapi bulan Ramadan yang sulit dan penuh bahaya.
  • Lailatul Qadar: Semua Amal Akan Dilipatgandakan dan Dosa-Dosa Diampuni
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Para mufassir (ahli Tafsir) menyatakan, maknanya adalah amal saleh (yang dilakukan pada) lailatul qadar lebih baik dari amal saleh selama seribu bulan (yang dilakukan) di luar lailatul qadar.
  • Apa yang Harus Dilakukan Setelah Selesai Haid? Begini Aturannya dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:02 WIB
    Apa yang harus dilakukan setelah selesai haid? Pertanyaan ini pasti banyak dikemukakan terutama oleh muslimah yang baru baligh atau baru mendapatkan haid pertama kalinya
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Mengapa Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 09:40 WIB
    Hanya allah Subhanahu wa taala yang tahu kapan Lailatul Qadar atau malam mulia yang lebih baik dari 1.000 bulan itu terjadi. Lantas, apa alasan Allah SWT merahasiakannya?
  • Hari Ini, Jumat Terakhir di Bulan Syaban, Yuk Perbanyak Doa Sambut Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini, merupakan hari Jumat terakhir di bulan Syaban (27 Syaban 1445 Hijriyah) atau bertepatan tanggal 8 Maret 2024, menjadi momentum terbaik untuk berdoa sembari menyiapkan diri menyambut datangnya bulan mulia Ramadan.
  • Bulan Ramadan dan Asal Usul serta Artinya
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:30 WIB
    Asal usul penamaan bulan Ramadan dan artinya penting diketahui umat Islam. Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Begini Penampakan Al Quran Terbesar di Dunia, Dipajang dengan Indah di Bolgar Rusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:22 WIB
    Bolgar, Rusia menjadi rumah bagi Al Quran terbesar di dunia. Kota yang terletak di Republik Tatarstan ini mempunyai peran besar dalam perkembangan agama Islam.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Semarang Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Sabtu, 09 Maret 2024 - 14:42 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Jelang Ramadan: Israel Kerahkan Polisi Jaga Ketat Masjid Al-Aqsa
    Dunia Islam
    Senin, 11 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Warga Palestina bersiap menyambut Ramadan dalam suasana suram. Momok perang dan kelaparan di Gaza yang membayangi bulan suci umat Islam yang biasanya meriah.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Makassar Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 02:59 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Bandung Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 03:51 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Jadwal Imsakiyah Jakarta, 12 Maret 2024/1 Ramadan 1445 Hijriah
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 21:08 WIB
    Jadwal Imsakiyah Jakarta berlaku hari, 12 Maret 2024/1 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Jakarta dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan.
  • Boros, Warga Arab Saudi Buang 4 Juta Ton Daging tiap Tahun: Pemerintah Serukan Perilaku Rasional
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Maret 2024 - 16:30 WIB
    Pihak berwenang di Arab Saudi menyerukan perilaku rasional ketika masyarakat berbuka puasa selama bulan Ramadan, untuk membantu mengurangi jumlah daging yang terbuang.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Merauke Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 04:37 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Merauke, Papua Selatan, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah
  • Salat Tarawih Tanpa Ba’diyah Isya, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 15:09 WIB
    Salat tarawih menjadi salah satu amalan yang hanya bisa dilakukan ketika memasuki bulan Ramadan. Meski berstatus ibadah sunnah, salat tarawih memiliki keutamaan dan pahala yang melimpah.
  • Tertinggi, Aktivitas Non-Migas Sumbang 50 persen PDB Arab Saudi
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:51 WIB
    Pada 2023, aktivitas ekonomi non-migas Arab Saudi berkontribusi 50 persen terhadap produk domestik bruto. Ini adalah tingkat tertinggi yang pernah terjadi.
  • Arab Saudi Kerahkan 900 Relawan untuk Membantu Jemaah Masjidilharam selama Ramadan
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:43 WIB
    Para relawan membantu mendorong gerobak yang membawa jamaah lanjut usia, mendistribusikan makanan buka puasa kepada jamaah, mengatur pengelolaan massa dan lainnya.
  • Pembatal Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:52 WIB
    Ketika menjalankan puasa Ramadan, ada beberapa hal yang wajib diketahui terutama dalam perkara pembatal puasa wajib tersebut. Mengapa demikian?