Topik Terkait: Tahfiz Alquran (halaman 3)

  • Membaca Shadaqallahul Azhim, Benarkah Bidah?
    Tausyiah
    Senin, 01 Juni 2020 - 10:00 WIB
    Kita sering mendengar para pembaca Al-Quran menutup tilawahnya dengan ucapan Shadaqallahul Azhim (benarlah apa yang Allah Taala firmankan). Apakah perkara ini bidah?
  • Surat Yasin Ayat 53-54: Penggiringan Massal dalam Proses Pengadilan Akhirat
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 20:31 WIB
    Surat Yasin ayat 53-54 termasuk dalam kelompok ayat yang membicarakan tentang keingkaran orang-orang kafir terhadap hari kebangkitan serta peneguhan kebenaran hari kebangkitan tersebut.
  • Nuzulul Quran: Respons Ayat-Ayat Al-Quran pada Teori Ilmiah
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:22 WIB
    Kalau demikian ini sifat dan ciri khas ilmu pengetahuan dan peraturannya, maka dapatkah kita menguatkannya dengan ayat-ayat Tuhan yang bersifat absolut, abadi dan pasti benar
  • Syaikh Al-Qardhawi: Al-Quran Mukjizat yang Indah
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 17:07 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Al-Quran Al Karim merupakan mujizat Rasul yang agung termasuk mukjizat yang indah selain juga mujizat yang logis.
  • Kenapa Ramadhan Disebut Sebagai Bulan Al-Quran?
    Tausyiah
    Senin, 26 April 2021 - 23:52 WIB
    Selain Syahrus Shiyam (bulan berpuasa), Ramadhan juga disebut sebagai Syahrul Quran atau Bulan Al-Quran. Pertanyaannya, mengapa Ramadhan disebut sebagai bulan Al-Quran?
  • Al-Quran Surat An-Nasr Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 18:00 WIB
    Surat An-Nasr lengkap Arab latin dan terjemahan terdiri atas 3 ayat. Surat ini termasuk golongan surat-surat Madaniyyah sesudah Surat At-Taubah.
  • Metode Periwayatan dalam Menafsirkan Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Kalau kita mengamati metode penafsiran sahabat-sahabat Nabi SAW, ditemukan bahwa pada dasarnya --setelah gagal menemukan penjelasan Nabi SAW-- mereka merujuk kepada penggunaan bahasa dan syair-syair Arab.
  • Kisah Perempuan yang Selalu Berbicara dengan Bahasa Alquran
    Hikmah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 21:27 WIB
    Dalam Kitab Syarah &lsquoUqudullijain karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan banyak kisah-kisah para Nabi, aulia dan perempuan salehah.
  • Dasar Penafsiran Al-Quran, Asbab Al-Nuzul dan Tawil
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:01 WIB
    Terkait Asbab al-nuzul, Quraish Shihab menjelaskan bahwa Al-Quran tidak turun dalam satu masyarakat yang hampa budaya. Sekian banyak ayatnya oleh ulama dinyatakan sebagai harus dipahami dalam konteks sebab nuzul-nya.
  • Inilah Keberkahan Al-Quran yang Tidak Diketahui Banyak Orang
    Tausyiah
    Senin, 20 April 2020 - 20:31 WIB
    Bulan Ramadhan menjadi mulia karena dia dipilih sebagai bulan diturunkan Al-Quran. Lailatul Qadar, malam kemuliaan menjadi mulia karena pada malam itu Al-Quran diturunkan.?
  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Kisah Yaman Dikuasai Orang Nasrani Pasca Ashabul Ukhdud
    Hikmah
    Rabu, 14 September 2022 - 16:35 WIB
    Kisah Yaman dikuasai orang-orang Nasrani pasca-targedi pembakaran 20.000 orang atau ashabul ukhdud dinukil Ibnu Katsir saat menafsirkan al-Quran Surat Al-Buruj ayat 4-9.
  • Adanya Takdir Tidak Menghalangi Manusia untuk Berusaha
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun tidak terlepas dari hukum-hukum yang telah mempunyai kadar dan ukuran tertentu.
  • Istimar: Kekuasaan Politik Manusia, Tugas Memakmurkan Bumi
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 08:24 WIB
    Sedangkan surat Al-Rum (30): 9 yang mengulangi dua kali kata kerja masa lampau amaru berbicara tentang bumi, diartikan sebagai membangun bangunan, serta mengelolanya untuk memperoleh manfaatnya.
  • Jangan Tinggalkan Surah Ar-Rahman, Ini Keutamaannya
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 21:54 WIB
    Dari 114 surah yang diabadikan dalam Al-Quran, ada satu surah yang agung dan sangat populer di kalangan umat Islam. Allah Taala mengawali surah itu dengan salah satu kalimat Asmaul Husna.
  • Hubungan Hadis dan Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 10:12 WIB
    Pengertian hadis seperti yang dikemukakan oleh ulama ushul dapat dikatakan sebagai bagian dari wahyu Allah SWT yang tidak berbeda dari segi kewajiban menaatinya.
  • Mengenal Sifat Nafsu Manusia yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 07:35 WIB
    Setiap manusia tentu memiliki nafsu yang menjadi dasar atas segala urusan atau perbuatan yang dilakukannya, entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk. Sebenarnya nafsu itu sangatlah luas dan mencakup banyak hal.
  • Surat Yasin Ayat 13-14 dan Kisah tentang Tiga Utusan yang Diingkari Ashab al-Qaryah
    Tausyiah
    Kamis, 18 November 2021 - 20:13 WIB
    Surat Yasin Ayat 13-14 menjadi peringatan kepada orang-orang yang ingkar kepada risalah Nabi Muhammad SAW sebagaimana Ashab al-Qaryah yang mengingkari risalah Nabi Isa as.
  • Membakar Kitab Suci Al-Quran: Kebebasan Atau Pelecehan?
    Tausyiah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 21:09 WIB
    Seorang politisi Swedia bernama Rasmus Paludan membakar Al-Quran. Aksi ini dilakukannya di depan Kedutaan Turki sebagai bentuk kemarahan kepada agama Islam.
  • Mahmud Syaltut: Al-Quran Bukan Kitab untuk Menerangkan Teori Ilmiah
    Tausyiah
    Selasa, 04 April 2023 - 04:00 WIB
    Sesungguhnya Tuhan tidak menurunkan Al-Quran untuk menjadi satu kitab yang menerangkan kepada manusia mengenai teori-teori ilmiah, problem-problem seni serta aneka warna pengetahuan.