Topik Terkait: Tajwid Surat Al Kahfi (halaman 2)

  • Hukum Tajwid Surat An Naba Ayat 1-10, Lengkap dengan Arab, Arti, dan Cara Membaca
    Tips
    Rabu, 24 Januari 2024 - 07:31 WIB
    Hukum Tajwid Surat An Naba ayat 1 sampai 10 yang dijelaskan dalam artikel ini dapat dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim. Supaya ketika membaca Al Quran tidak terjadi salah baca yang berujung kesalahan makna.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 21 dan Kisah Uang Bergambar Raja Decyanus
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:20 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 21 ini mengisahkan tentang salah satu pemuda Ashabul Kahfi yakni Tamlikha untuk pergi berbelanja dengan membawa uang perak dari kawan-kawannya. Dalam tafsir ayat ini Tamlikha merasa terkejut akan perubahan kota.
  • Hukum Tajwid Surat Al Maidah Ayat 15
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:58 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Maidah ayat 15 yang penting dipahami seluruh umat Islam agar tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti dan makna.
  • Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13 dan 14
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:46 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid di surat Luqman ayat 13 dan 14 yang perlu dipahami umat muslim supaya tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti.
  • Hukum Bacaan Surat Al Maun Beserta Penjelasan dan Cara Membacanya
    Tips
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 14:54 WIB
    Surat Al-Maun adalah salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang memiliki pesan penting tentang kebaikan sosial dan hubungan antarmanusia. Surat ini terdiri dari tujuh ayat dan termasuk dalam juz ke-30 Al-Quran.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Inilah Faedah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat
    Tips
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 07:57 WIB
    Salah satu amalan sunnah di hari Jumat bagi seorang muslim adalah membaca surat Al-kahfi, yang faedahnya akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Apa sebenarnya maksud dari cahaya dua Jumat ini?
  • Doa Setelah Membaca Surat Al Kahfi Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 21:58 WIB
    Doa setelah membaca Surat Al Kahfi lengkap Arab dan latin perlu diamalkan kaum muslim. Doa ini mencakup segala kebaikan dan perlindungan kepada Allah dari segala keburukan.
  • Hukum Tajwid Surat Al Maidah Ayat 8, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Membaca
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 8 ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui kapan harus membaca dengan panjang, dengung, atau jelas.
  • Hukum Tajwid Surat An Nahl Ayat 114 Lengkap Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:14 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid surat An Nahl yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam membaca Al-Quran. Sebab sangat penting mengetahui hukum tajwid supaya tidak mengubah makna dan arti dari ayat yang dibaca.
  • 4 Kandungan Penting Surat Al-Kahfi dan Fadhilah Membacanya
    Hikmah
    Jum'at, 25 November 2022 - 15:40 WIB
    Surat Al-Kahfi salah satu surat terbaik dalam Al-Quran yang memiliki kandungan dan pelajaran berharga. Ada empat kandungan penting dalam surat yang terdiri 110 ayat ini.
  • Isyarat Al-Quran Perihal Misteri Waktu dan Tempat Gua Ashabul Kahfi
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 16:13 WIB
    Di dalam Al-Quran tidak disebutkan lokasi persisnya gua tempat bersembunyi Ashaba Al-Kahfi. Sejumlah pakar mencoba mengungkap tempat dan waktu peristiwa tersebut melalui isyarat-isyarat Al-Quran.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas Beserta Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:38 WIB
    Hukum bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas penting dipelajari umat muslim agar tidak keliru membacanya. Surat ini diturunkan di Makkah terdiri 4 ayat dan 47 huruf.
  • Hukum Bacaan Surat Al Alaq 1-9, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 10:41 WIB
    Hukum bacaan surat al alaq menarik untuk diulas, karena surat ini adalah surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
  • Cara Membaca Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 72 Beserta Penjelasannya
    Tips
    Minggu, 05 November 2023 - 16:47 WIB
    Cara membaca tajiwid Surat Al-Anfal ayat 72 ini perlu dipahami oleh setiap muslim. Untuk dietahui, hukum membaca Al-Quran dengan ilmu tajwid adalah fardhu kifayah.
  • Cara Membaca Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Beserta Penjelasannya
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:17 WIB
    Cara membaca tajwid Surat At-Taubah ayat 105 menjadi pembelajaran penting untuk dipelajari umat Muslim sehingga bisa meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Cara Membaca Tajwid Surat An-Nasr Ayat 1-3 Beserta Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 08 November 2023 - 20:52 WIB
    Surat An-Nasr (pertolongan) merupakan surat ke 110 dalam mushaf Al-Quran terdiri 3 ayat. Berikut cara membaca ilmu tajwid Surat An-Nasr ayat 1-3.
  • Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 24
    Tips
    Senin, 22 Januari 2024 - 16:05 WIB
    Hukum tajwid surat an-Nur ayat 24 lengkap dengan penjelasannya. Surat ini terdapat beberapa hukum tajwid di antaranya mad thabii, mad layyin, idzhar syafawi, ikhfa syafawi, ra tafkhim, dan mad aridh lissukun.
  • Hukum Tajwid Surat Al Fil Lengkap Beserta Arti dan Penjelasanya
    Tips
    Rabu, 17 Januari 2024 - 10:13 WIB
    Mengetahui hukum tajwid surah Al Fil ini penting bagi umat muslim, mengingat Al Fil merupakan salah satu surat pendek yang kerap dibaca ketika menunaikan salat fardhu maupun sunnah.
  • Surat Al Kahfi 9-26: Sosok Tanpa Nama Ashaba Al-Kahfi
    Tausyiah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 15:27 WIB
    Menariknya, tidak ada yang bisa memastikan siapa saja mereka yang disebut sebagai Ash?ba Al-Kahfi ini, bahkan jumlah merekapun, hanya Allah SWT yang tau pastinya.
  • 7 Contoh Bacaan Tajwid Qalqalah Sugra dalam Al Quran, Pahami dan Pelajari
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 09:23 WIB
    Qalqalah Sugra merupakan salah satu ilmu tajwid yang perlu dipahami dan wajib diterapkan ketika seorang muslim tengah membaca Al Quran.