Topik Terkait: Tawakkal Dalam Alquran (halaman 2)

  • Mengubah Takut dan Bimbang Dengan Tawakkal Kepada Allah
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:35 WIB
    Takut dan bimbang biasanya timbul akibat rasa ketidak-pastian. Kedua penyakit ini tumbuh akibat kurang yakinnya seseorang akan kemutlakan kekuasaan Allah SWT.
  • Doa Nabi Nuh, Keturunan Sam Menjadi Nabi dan Raja
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 17:34 WIB
    Nabi Nuh meletakkan kedua tangannya kepada Sam dan berdoa Ya Allah, berkatilah Sam beserta keturunannya, dan jadikanlah di antara keturunannya kenabian dan kerajaan.
  • Kiat Meluruskan Niat Dalam Setiap Amalan Ibadah
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas hanya untuk Allah semata.
  • Inilah Makna Doa yang Disebutkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
    Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Quran?
  • Orang Gemuk dalam Pandangan Islam
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 09:10 WIB
    Pada hakekatnya, Islam tidak melihat fisik dan bentuk tubuh seseorang, apakah Anda orang yang tampan atau cantik, demikian juga apakah tubuh Anda tinggi semampai, atau pendek. Lalu bagaimana dengan orang gemuk?
  • Kata Wasath dalam Surat Al-Baqarah Ayat 143, Begini Penjelasan Kyai Cepu
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 10:37 WIB
    Orang yang hanya berzikir, banyak pertimbangan adalah pengecut. Sedangkan mereka yang langsung bereaksi tanpa pertimbangan adalah gegabah. Dua-duanya tercela. Islam mengajarkan pertengahan, ujar Kyai Cepu.
  • 3 Hal Ini Berada Dalam Naungan Arasy Allah di Hari Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 21:28 WIB
    Sebagaimana dijelaskan dalam syariat, hari Kiamat adalah hari yang sulit bagi manusia kecuali mereka yang dirahmati Allah Taala. Ada 3 hal yang berada dalam naungan Arasy Allah di hari kiamat.
  • 7 Ayat Cinta Dalam Al-Quran, Nomor 6 untuk Mencari Pasangan
    Muslimah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 16:32 WIB
    Arti cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan. Dalam Al-Quran pun banyak tercantum ayat-ayat tentang cinta ini.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (1)
    Tausiyah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 21:19 WIB
    Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alquran untuk mayit. Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Qanaah Dalam Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 15:45 WIB
    Kefakiran itu adalah seburuk-buruk kemelaratan dan kesengsaraan. Dan Rasulullah pun melarang kita untuk meninggalkan keluarga kita dalam keadaan fakir, meminta-minta manusia.
  • Syura dalam Al-Quran: Mementingkan Musyawarah dalam Setiap Persoalan yang Dihadapi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:48 WIB
    Al-Quran menggunakan kata syura dalam tiga ayat. Pertama, surat Al-Baqarah ayat 233. Adapun ayat kedua dan ketiga yaitu surat Ali-Imran ayat 159 dan Asy-Syura ayat 38.
  • 3 Jenis Kisah Israiliyat, Sekadar Dongeng Masa Lalu yang Masuk Dalam Tafsir
    Hikmah
    Senin, 21 Maret 2022 - 14:03 WIB
    Riwayat israiliyat dapat dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, sahih dan sesuai ajaran Islam. Kedua, tawaqquf. Kategori terakhir, adalah batil/bohong dan bertentangan dengan ajaran agama.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Tafsir Kodang Ini Dimasuki Israiliyyat, Adz-Dzahabi: Agar Lebih Mudah Dibaca
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Tafsir yang sudah dimasuki israiliyyat itu antara lain tafsir Muqtil bin Sulaiman, , tafsir Abdur ar-Razq ash-Shann, tafsir Imam athThabar, tafsir Ibnu Ab Htim ar-Rz.
  • Adakah Perjanjian Pranikah Dalam Islam?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Februari 2021 - 08:24 WIB
    Istilah perjanjian pra nikah mulai trend. Sesuatu yang semula terdengar tabu, sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia, terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebriti Tanah Air.
  • Zina adalah Utang, Benarkah Demikian?
    Tips
    Selasa, 23 November 2021 - 15:44 WIB
    Imam Asy Syafii rahimahullah pernah ditanya mengapa hukum bagi pezina sedemikian beratnya? Beliau menjawab, Karena, zina adalah dosa yang bala akibatnya mengenai semesta keluarganya, tetangganya, keturunannya hingga tikus di rumahnya dan semut di liangnya.
  • Nabi Idris Serahkan Tugas Kenabian Kepada Anak Cucunya
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:24 WIB
    Nabi Idris naik ke langit, yang menyerahkan urusannya Matusyilakh. Setelah Matusyilakh meninggal, tabut dan suhuf diserahkan kepada anaknya, Lamik.
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • 12 Hukum Bacaan Tajwid dalam Al-Quran Beserta Contohnya
    Tips
    Minggu, 27 November 2022 - 23:46 WIB
    Hukum bacaan tajwid dalam Al-Quran sangat penting diketahui kaum muslimin. Berikut 12 hukum Bacaan Tajwid dalam Al-Quran beserta contohnya. Semoga bermanfaat.
  • Bersama DWP Kementerian Kesehatan, Eka Hospital Wakafkan Alquran
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 23:35 WIB
    Eka Hospital Group di bawah naungan Sinar Mas (APP Sinar Mas) mewakafkan ribuan kitab suci Alquran, bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Jumat (22/4/2022).