Topik Terkait: Tokoh Sufi Wanita

  • Fathimah dari Nisyapur, Sosok Wanita Sufi yang Berkeluarga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:38 WIB
    Tokoh sufi wanita yang populer di dunia tidak begitu banyak. Namun, sosok sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen , percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf .
  • Kisah Sufi Wanita Rabiah Al-Adawiyah yang Mengagumkan, Majikannya Pun Kaget
    Hikmah
    Selasa, 20 April 2021 - 17:18 WIB
    Rabiah Al-Adawiyah bernama lengkap Rabiah binti Ismail Al-Adawiyah. Tokoh sufi wanita yang dijuluki Syahidatul Isyqil Ilahi (wanita yang syahid oleh kerinduan ilahi) ini lahir dan wafat di Basrah.
  • Membaca Filosofi Sufi Oleh Hadrat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 06:49 WIB
    Membaca sesuatu dalam Sufisme seperti membaca segala macam buku.Suatu malapetaka, mungkin membuat manusia malah lebih buruk daripada sebelum membacanya.
  • Kaum Sufi Itu Seperti Khidr, Orang Berbaju Hijau yang Berkelana di Muka Bumi
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 15:13 WIB
    Ketika engkau pertama kali bertemu dengannya, ia mungkin tampak sangat berbeda dengan dirimu. Padahal tidak. Ia mungkin terlihat sangat sama seperti dirimu. Padahal tidak.
  • Kisah Sufi: Abdullah Putra si Janda Miskin dan Seorang Darwis
    Hikmah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 09:27 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah Sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah. Cerita ini mengacu dalam bentuk tersamar pada latihan-latihan tertentu bagi para darwis
  • Kisah Sufi: Bermula dari Suguhan Teh Kaisar China
    Hikmah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 15:11 WIB
    Kisah teh bermula dari suguhan kaisar Vhina ini berasal dari ajaran-ajaran Guru Hamadani (wafat tahun 1140), guru dari Yasawi yang Agung dari Turkistan.
  • Kisah Sufi: Wasiat Harta Karun dari Petani kepada Anaknya yang Pemalas
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 16:16 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus dan Boerhaave, ahli kimia abad ke-17.
  • Kisah Sufi Ibrahim bin Adham: Ketika Anaknya Meninggal dalam Pelukannya
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 15:48 WIB
    Ketika Ibrahim bin Adham pergi dari Balkh, dia meninggalkan seorang anak laki-laki yang masih menyusu. Anak itu, yang kini sudah besar dan mencari ayahnya sampai Makkah.
  • Idries Shah: Praktik dan Pemikiran Sufi Mirip Peribadatan Zen Buddhist Jepang
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:04 WIB
    Ada suatu kemiripan yang sangat menarik antara praktik dan pemikiran sufi dengan peribadatan tidak lazim yang menurut orang merupakan suatu tipe kultus Budhistik, yaitu Zen yang dipraktikkan di Jepang.
  • Habib al-Ajami: Rentenir Tajir Itu Tobat, Lalu Menjadi Sufi
    Hikmah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:26 WIB
    Habib bin Muhammad al-Ajami al-Basri nama lengkapnya. Jauh sebelum namanya ngetop karena kesalehannya, Habib al-Ajami adalah seorang rentenir yang amat tajir.
  • Ketika Hasan al-Basri dengan Rabiah al-Adawiyah Saling Tunjukkan Karamah
    Hikmah
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 09:10 WIB
    Suatu ketika dua sufi besar Hasan al-Basri dan Rabiah al-Adawiyah bertemu. Keduanya sempat pamer kesaktian (karamah). Dua-duanya mengagumkan. Farid al-Din Attar menceritakan soal itu.
  • Idries Shah Tentang Kisah Raksasa dan Sufi
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Seorang ahli sufi yang sedang mengadakan perjalanan lewat sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan raksasa yang akan menghancurkannya.
  • Kisah Sufi: Bayazid dan Orang yang Mementingkan Diri Sendiri
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 17:39 WIB
    Betapa pun tulus berusaha mencari kebenaran itu tampaknya bagi dirinya sendiri mungkin bagi orang lain juga pada kenyataannya didasari oleh kesombongan atau mementingkan diri sendiri.
  • Kisah Sufi: Ketika Semua Orang Bagaikan Raja
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 07:31 WIB
    Pemuda itu harus mengadakan perjalanan ke sebuah negara bernama Misr, dengan menyamar. Oleh karena itu, ia diberi petunjuk-petunjuk untuk pengembaraannya itu, dan berpakaian sesuai dengan samarannya.
  • Sang Penjelajah Dunia dan Ahli Hadis dari Kaum Hawa
    Muslimah
    Minggu, 12 Juli 2020 - 14:24 WIB
    Pada awal-awal sejarah peradaban Islam , banyak kaum wanita yang terlibat aktif dalam diskusi-diskusi intelektual bersama kaum laki-laki di masjid-masjid, pusat-pusat pendidikan dan kebudayaan yang menyebar di berbagai tempat.
  • Tafsir Idries Shah atas 2 Kisah Sufi Mullah Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:51 WIB
    Idries Shah menafsirkan dua kisah sufi Mullah Nashruddin menjadi sesuatu yang menarik. Bukan sekadar lelucon yang penuh sindiran. Menurutnya, Mullah Nashruddin tidak merusak kaidah-kaidah zamannya.
  • Begini Adab Orang yang Berpuasa dan Tingkatan Puasa Menurut Para Sufi
    Tausyiah
    Rabu, 14 April 2021 - 03:39 WIB
    Adab-adab berpuasa yaitu mengatur pola makan, meninggalkan perdebatan, menjauhi ghibah, menolak kebohongan, meninggalkan keburukan, menjaga anggota tubuh dari hal-hal yang kurang baik
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin: Ia yang Jatuh, tetapi Justru Leherku yang Patah!
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:03 WIB
    Pernyataan Mullah Nashruddin, ia yang jatuh, tetapi justru lehernya yang patah terungkap ketika guru sufi ini ditanya perihal hukum sebab akibat oleh muridnya.
  • Teknik Cepat dari Tarekat Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:14 WIB
    Tidak ada aspek sufisme yang lebih memikat bagi orang yang tidak sabar selain kecepatan. Minat dan kegemaran yang sangat kuat ini telah muncul sejak teknik cepat dari tarekat sufi ini telah dibawa ke India oleh Syekh Syattar.
  • Kisah Sufi Sayed Shah Qadiri: Jalan Gunung
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:54 WIB
    Kepercayaan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang lain. Mereka yang mampu memiliki kepercayaan yang sebenarnya adalah yang pernah mengalami sesuatu