Topik Terkait: Tokoh Sufi Wanita (halaman 3)

  • Canda Ala Sufi: Andai Kau Lepas Bajumu dan  Lari Mendahului Burung
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 15:31 WIB
    Nashruddin menjawab, Aku sudah biasa menggunakan lembu ini untuk balapan sejak sepuluh tahun lalu dan lembu ini mampu berlari melebihi kecepatan burung.
  • Asy-Syibli dan Al-Junaid: Guru Sufi Awal
    Hikmah
    Sabtu, 14 November 2020 - 07:20 WIB
    Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli), dan Abul Qasim al-Junaid, si Merak Kaum Terpelajar, adalah dua guru Sufi awal. Mereka berdua hidup dan mengajar lebih dari seribu tahun yang lalu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Ekor Ikan
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 06:04 WIB
    Akhirnya, penjala ikan itu berhenti. Ia membuka keranjang, dilihatnya ikan bodoh itu tidak bernafas, dan membawanya pulang untuk santapan kucing.
  • Kisah Sufi Abdur-Rahtuan Jami: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:45 WIB
    Kisah ini juga dalam kumpulan lelucon Mulla Nasruddin. Kisah ini termuat dalam karya klasik spiritual Salaman dan Absal karya penulis dan ahli mistik abad kelima belas, Abdur-Rahtuan Jami.
  • Kisah Sufi Tiga Cincin Permata sebagai Bukti Pewaris
    Hikmah
    Senin, 15 November 2021 - 14:05 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Canda Ala Sufi: Ketika Ajal Nashruddin Telah Tiba
    Hikmah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 19:03 WIB
    Hai miskin, kamu tak dapat pergi karena kamu sudah mati... Penduduk desa ini akan memandikan dan mengafanimu sesuai dengan kedudukanmu. Kamu adalah sesepuh dan teman kakek-kakek kami.
  • Dunia Sufi: Guru Palsu Bisa Jadi Tampak Seperti Asli
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:40 WIB
    Seorang Sufi memiliki banyak rahasia, tetapi ia harus menjadikan rahasia-rahasia tersebut berkembang dalam diri murid. Sufisme merupakan sesuatu yang diberikan kepadanya.
  • Canda Ala Sufi: Kue Harisah, Keledai, dan Hammad
    Hikmah
    Senin, 21 Desember 2020 - 06:44 WIB
    Saat menikmati jamuan tersebut, mereka lupa untuk mengajak Nashruddin makan bersama mereka. Nashruddin pun marah, lalu keluar dan pergi. Maka kalang kabut orang mencarinya.
  • Canda Ala Sufi: Ketika Nashruddin Berniat Menceraikan Istrinya
    Hikmah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 21:39 WIB
    Nashruddin melihat-lihat bakal rumahnya itu. Tiba-tiba, dia buang angin. Sembari menunjuk sebuah tempat, dia berkata, Dan di sini kita akan bangun kamar kecil.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Cara Mendapat Pengetahuan
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 14:05 WIB
    Kisah ini diambil dari tradisi lisan para Darwis Badakhshan, dan dikarang oleh Khwaja Muhammad Baba Samasi. Ia adalah Guru Agung dalam Tarekat Para Guru.
  • Kisah Sufi Faridudin Attar: Semut dan Capung
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:44 WIB
    Kisah ini diriwayatkan oleh seorang darwis Bokhara dekat makam Al-Shah, Bahaudin Naqshabandi ini mirip dalam Divine Book karya Faridudin Attar, walaupun dalam penerapannya sedikit berbeda.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Lumpuh dan Si Buta
    Hikmah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 06:23 WIB
    Kisah ini diandaikan dibaca hanya setelah menerima perintah untuk membacanya atau oleh mereka yang telah mempelajari karya Hakim Sanai, Orang-orang Buta dan Gajah
  • Canda Ala Sufi: Pipa, Pindah Rumah, dan Kuah Itik
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 16:22 WIB
    Sembari mendekatkan mulutnya yang menganga ke arah penutup itu, dia menarik sumbat kayu itu dengan sekuat tenaga. Setelah lepas, air dari pipa itu menyembur dengan sangat kuat
  • Kisah Sufi Hatim al-Thai dan Raja yang Ingin Menjadi Dermawan
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 13:38 WIB
    Kedermawanan tidak mungkin ada tanpa tiga hal. Pertama, memberi tanpa perasaan ingin menjadi dermawan kedua, kesabaran ketiga, tidak menaruh prasangka.
  • Canda Ala Sufi: Sepatu Hanyut, Penjual Telur, dan Tangga
    Hikmah
    Senin, 04 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Nashruddin malah menjawab, Keuntungan bukanlah syarat dalam perdagangan.... Aku cukup senang bila teman-temanku berkata bahwa aku adalah pedagang yang laris.
  • Umm al-Hasan: Kepatuhan Adalah Bagian dari Perhatian
    Hikmah
    Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Berkeluh-kesah dan mungkin menyesali kepatuhan, barangkali sesuatu yang dianggap pantas untuk dikerjakan. Pantas hanya untuk yang tidak pantas mereka yang tidak dapat mencapai yang lebih tinggi.
  • Karomah Abul Hasan Asy-Syadzili, Sang Sufi Dunia Timur dan Barat (2)
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:03 WIB
    Berikut lanjutan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat sebagaimana disampaikan Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • Kisah Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Guru dan Penunggang Bagal
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:58 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari Sufi Abdul Qadir Al Jilani (1077-1166), juga dianggap terilhami dari kehidupan Hasid Rabbi Elimelech (yang meninggal pada tahun 1809).