Topik Terkait: Ulama Ulama Sufi

  • Kisah Ulama Sufi Diampuni Allah karena Selimuti Kucing Kedinginan
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 23:08 WIB
    Imam Abu Bakar Asy-Syibli (247-334 H) tidak menyangka kalau kucing yang pernah diselimutinya saat cuaca dingin di Baghdad mendatangkan rahmat Allah. Berikut kisahnya.
  • Satu Persatu Ulama Kita Dipanggil, Berikut Daftar Ulama Wafat Januari 2021
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Belum hilang kesedihan atas wafatnya Dai ilallah Syekh Ali Jaber, sore ini kita kembali dikejutkan kabar duka wafatnya ulama Pengasuh Majelis Talim Al-Afaf Tebet Jakarta, Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf.
  • 15 Ulama Besar yang Pernah Dipenjara Oleh Penguasa
    Hikmah
    Senin, 14 Juni 2021 - 12:18 WIB
    Pasang surut hubungan ulama dengan penguasa sudah terjadi sejak zaman sahabat Nabi, Tabiin hingga di zaman ini. Berikut deretan tokoh ulama yang pernah disiksa dan dipenjara oleh penguasa.
  • Deretan Ulama Indonesia yang Dimakamkan di Jannatul Mala Mekkah
    Dunia Islam
    Senin, 31 Oktober 2022 - 06:15 WIB
    Wafat dan dimakamkan di Tanah Suci merupakan sebuah kehormatan. Berikut ini beberapa ulama Indonesia yang wafat dan dimakamkan pekuburan Jannatul Mala Mekkah.
  • Ganjar Rajin Sowan ke Ulama, Apa Syarat Menjadi Ulama?
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 November 2023 - 12:50 WIB
    Calon Presiden Ganjar Pranowo belakangan ini rajin sowan ke ulama..Baru-baru ini, misalnya, ia berkunjung ke Pesantren Al Muhajirin di Purwakarta. Lalu apa syarat seseorang dianggap sebagai ulama?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Pakar Tafsir Ulama Al-Azhar Membersihkan Toilet
    Hikmah
    Minggu, 27 September 2020 - 09:06 WIB
    Kisah ini saya dapatkan saat pertama kali datang di Mesir tahun 2006 lalu. Seorang marbot mendapati ulama besar Al-Azhar Syeikh Syarawi sedang membersihkan toilet masjid.
  • Ulama Indonesia yang Wafat dan Dimakamkan di Luar Negeri
    Dunia Islam
    Minggu, 13 Maret 2022 - 23:50 WIB
    Banyak tokoh ulama Indonesia yang wafat dan dimakamkan di luar negeri. Sebagian besar dimakamkan di pekuburan Jannatul Mala, Makkah Arab Saudi.
  • Ulama Sufi Dunia Kunjungi Ketua Yayasan Indonesia Mengaji Syafruddin
    Dunia Islam
    Minggu, 27 Februari 2022 - 15:44 WIB
    Ulama Sufi Dunia Syaikh Muhammad Rajab Dib mengunjungi Ketua Yayasan Indonesia Mengaji Syafruddin di kantornya Jakarta, Minggu (27/2/2022).
  • Habib Syafiq Ceritakan Kisah Ulama yang Naik Haji 30 Kali
    Tausyiah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 19:25 WIB
    Al-Habib Syafiq Bin Ali Ridho (Pimpinan Majelis Riyadhul Jannah) memberi nasihat indah saat pengajian zikir dan doa Arafah di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang Kamis sore 9 Dzulhijjah 1441 H (30/7/2020).
  • Sufisme Universal, Benarkah Tidak Harus Islam?
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 17:16 WIB
    Pada tahun 1914, ahli mistik dan musik Inayat Khan, yang diinisiasi menjadi empat tarekat sufi di India, pindah dari India utara ke London, tempat ia mendirikan Ordo Sufi Internasional.
  • Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
    Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid abad kelima Hijriyah.
  • Syaikh Al-Utsaimin: Mencela Ulama Bermakna Mencela Pewaris Nabi
    Tausyiah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 13:57 WIB
    Hendaklah orang yang melakukan hal ini mengetahui bahwa apabila ia mentajrih (mencela) seorang ulama maka ia menjadi penyebab ditolaknya kebenaran yang dikatakan oleh ulama ini
  • Biografi Syaikh Yasin Al-Fadani, Ulama Asal Padang yang Dijuluki Musnid Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 14:06 WIB
    Syaikh Yasin Al-Fadani bernama lengkap Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani (1915-1990). Beliau ulama besar asal Padang, ahli sanad Hadis yang dijuluki Musnid Dunia.
  • Cara Memanfaatkan Waktu di Dunia Menurut Pandangan Ulama
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 09:19 WIB
    Singkatnya waktu di dunia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum muslim. Para ulama merupakan teladan kita dalam masalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di dunia ini
  • Karomah Abul Hasan Asy-Syadzili, Sang Sufi Dunia Timur dan Barat (2)
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:03 WIB
    Berikut lanjutan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat sebagaimana disampaikan Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • PCNU Jakpus: Pentingnya Memperkuat Hubungan Ulama dan Umara
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 19:14 WIB
    Betapa pentingnya hubungan baik ulama dan umara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keduanya mempunyai peran yang menentukan kebaikan sebuah bangsa.
  • Tidak Bersedih dengan Kematian Ulama Berarti Munafik?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • Kisah Ulama Meninggal Dunia Saat Berkhotbah di Atas Mimbar
    Hikmah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:27 WIB
    Kisah para ulama terdahulu cukup menarik untuk diulas karena sarat dengan hikmah. Bahkan kematian mereka patut dicemburui. Seperti kisah ulama ini wafat ketika berkhotbah.
  • Innalillaah! Ulama Besar Kelahiran Aceh Habib Muhammad Al-Athas Meninggal Dunia
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:53 WIB
    Telah berpulang ke rahmatullah ulama besar kelahiran Aceh yang juga Pimpinan Majelis Darul Mustafa - Condet Jakarta, Al-Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Athas, Senin dinihari 18 Januari 2021.
  • Beginilah Perlakuan Ulama Terdahulu kepada Dzurriyah Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 19 November 2020 - 11:11 WIB
    Zaman dahulu ada seorang ulama besar menegur seorang pemuda yang masih tergolong keturunan dzuriat ahli bait yang kebetulan ketika itu dia masih melanggar hukum syariat.