Topik Terkait: Ulama Ulama Sufi (halaman 3)

  • Semangat Para Ulama Generasi Salafush Shalih dalam Mencari Nafkah
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:35 WIB
    Para ulama dari generasi salafus shalih (ulama terdahulu) sangat bersemangat dalam mencari nafkah. Karena mereka memahami mencari nafkah adalah sumber mendapatkan rezeki yang halal dan berkah dari Allah Subhanahu wa Taala.
  • Kisah Tobatnya Malik Bin Dinar, Preman yang Menjadi Ulama di Masa Tabiin
    Tausyiah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 22:08 WIB
    Kisah tobatnya Malik bin Dinar Al-Sami termasuk kisah yang sangat inspiratif. Kisah pertobatan beliau layak dijadikan pelajaran berharga bagi yang sedang menjemput hidayah Allah.
  • Kisah Ulama Besar Imam Junaidy Saat Bertemu Bahlul Beperilaku Gila
    Hikmah
    Kamis, 21 November 2019 - 07:15 WIB
    Pernah suatu ketika, Imam Junaidy Al-Baghdadi berjumpa dengan seorang Bahlul, yang perilaku dan penampilannya seperti orang gila.
  • Fathimah dari Nisyapur, Sosok Wanita Sufi yang Berkeluarga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:38 WIB
    Tokoh sufi wanita yang populer di dunia tidak begitu banyak. Namun, sosok sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen , percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf .
  • Makna Jilbab dalam Pandangan Para Ulama Terdahulu
    Muslimah
    Selasa, 19 September 2023 - 08:04 WIB
    Saat ini telah berkembang nama hijab atau jilbab, busana muslimah yang sesuai kaidah dan syariat untuk menutup aurat kaum wanita. Tentang makna jilbab, Imam An Nawawi menyebutkan ada 11 pendapat mengenai makna jilbab tersebut.
  • Kisah Sufi untuk Menyeimbangkan Pikiran Agar Terhindar dari Muslihat
    Hikmah
    Sabtu, 04 Februari 2023 - 14:55 WIB
    Kisah ini digunakan untuk memperkenalkan teknik psikologis yang dirancang untuk menyeimbangkan pikiran, membuatnya terbuka dan terhindar dari muslihat-muslihat penipuan diri sendiri
  • Wafatnya Ulama dan Banyaknya Musibah Salah Satu Tanda Kiamat
    Tausyiah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 16:09 WIB
    Beberapa bulan terakhir Indonesia kehilangan ulama-ulama saleh yang lurus. Sebagian tanda datangnya hari Kiamat adalah diangkatnya ilmu dan tinggallah kedunguan (kebodohan).
  • Kisah Bijak Para Sufi: Empat Harta Ajaib
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 13:37 WIB
    Para darwis itu menatap ke cermin untuk mencari sumber Air Kehidupan. Dengan meminum air itu, usia mereka bisa cukup panjang untuk digunakan demi kemanusiaan.
  • Melecehkan dan Memfitnah Ulama Adalah Makar Terhadap Agama
    Tausyiah
    Senin, 31 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Penceramah kondang Ustaz Adi Hidayat (UAH) dan Ustaz Abdul Somad (UAS) menjadi sasaran fitnah dan berita palsu. Mereka diberitakan seolah-olah menyelewengkan dana sumbangan untuk rakyat Palestina.
  • Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 20:00 WIB
    Sejarah perkembangan Islam di Rusia tidak lepas dari peran ulama dan menjadikan mereka terbesar di Eropa. Berikut tiga tokoh ulama berpengaruh di Rusia.
  • Kisah Sufi Namus si Cerdik dan Gajah
    Hikmah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 13:45 WIB
    Kisah ini sekilas tampak sebagai ilustrasi tajam tentang kesia-siaan hidup. Bagi seorang Sufi,penafsiran semacam itu hanya bisa muncul karena ketidakpekaan pembaca.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Ahli Bahasa
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 06:31 WIB
    Kalau hal itu jauh lebih penting daripada hal yang perlu, teriak darwis .itu, tentu kau sebaiknya tinggal saja di situ sampai aku telah belajar bicara dengan benar.
  • Canda Ala Sufi: Pemberian Allah atau Manusia?
    Hikmah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 16:55 WIB
    Ada yang diberi dua telapak tangan penuh, ada yang satu telapak tangan, ada yang diberi beberapa biji, dan ada pula yang hanya diberi satu biji manisan pala.
  • Wafatnya Ulama Musibah Besar Bagi Umat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 09:44 WIB
    Umat Islam akhir-akhir ini banyak dirundung duka, dengan ragam cobaan dan musibah. Satu di antara cobaan itu adalah wafatnya beberapa ulama mutamad (ulama rujukan umat).
  • Kisah Sufi, Putri yang Tidak Patuh
    Hikmah
    Minggu, 21 November 2021 - 14:06 WIB
    Kisah ini juga dikenal dalam tradisi-tradisi lain selain dalam naskah sufi, telah dipakai untuk menjelaskan kemungkinan adanya suatu perbedaan keadaan kesadaran dalam diri manusia.
  • Kaum Sufi Maroko: Obat Penangkal Radikalisme
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 06:45 WIB
    Tradisi Sufi di Maroko sudah terjadi selama berabad-abad lampau. Kini Raja Mohammed VI mencoba menggunakan mereka untuk memerangi radikalisme. Program reformasinya meliputi promosi gerakan Sufi dan pemikir Islam moderat.
  • Kisah Abu Hanifah Kecil dan Ulama Sombong
    Hikmah
    Selasa, 12 November 2019 - 18:56 WIB
    Ada satu kisah menarik disampaikan Habib Quraisy Baharun (pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan) yang mengingatkan kita betapa kesombongan sangat dibenci Allah Taala.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Gerbang Surga
    Hikmah
    Sabtu, 13 Juni 2020 - 05:14 WIB
    Setelah berjaga terus selama waktu yang rasanya sudah seabad. Segera saja kelopak matanya menutup. Dan dalam saat yang sekejap itu gerbang pun terbuka.
  • Ulama dan Asatiz se-Jakarta Pusat Bahas Paham Liberalisme
    Hikmah
    Jum'at, 11 Oktober 2019 - 17:16 WIB
    MUI Jakarta Pusat menggelar muzakaroh ulama dan asatiz (para ustaz) se-Jakarta Pusat dengan tema membongkar kesesatan paham liberal dan tokohnya di dunia dan Indonesia.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Fatimah Si Pemintal dan Tenda
    Hikmah
    Senin, 08 Juni 2020 - 06:50 WIB
    Fatimah menyadari bahwa apa yang semula tampak sebagai pengalaman menyedihkan, ternyata merupakan bagian penting dari pencapaian kebahagian sejati dalam hidupnya.