Topik Terkait: Ulang Tahun (halaman 10)

  • Tahun Abu: Begini Teladan...
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:26 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab berkata: Bagaimana saya akan dapat memperhatikan keadaan rakyat jika saya tidak ikut merasakan apa yang mereka rasakan.
  • Rasulullah Pernah Menunda...
    Hikmah
    Senin, 07 Juni 2021 - 08:05 WIB
    Pembatalan Haji 2021 menjadi perbincangan hangat kaum muslimin di Tanah Air. Jika menilik kembali sejarah Islam dan perjalanan Nabi Muhammad, beliau pernah menunda ibadah Haji.
  • Amalan Jumat! Baca Sholawat...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 22:38 WIB
    Salah satu amalan Jumat yang paling banyak mendatangkan pahala adalah membaca sholawat atas Nabi. Berikut lafaz sholawat yang dapat mengampuni dosa selama 80 tahun.
  • Imam Syafii: Usia 7...
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sebutan asy-Syafii dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Syafi bin as-Saib. Beliau bertemu nasabnya dengan Rasulullah SAW pada Abdi Manaf bin Qushay, kakek Rasulullah yang ketiga.
  • Muhasabah Akhir Tahun,...
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Masa atau waktu memiliki keistimewaan dan hakikat yang luar biasa. Betapa hebatnya peringatan waktu hingga Allah Taala bersumpah dengannya di dalam Al-Quran.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Setelah 9 Tahun Dilarang,...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 April 2024 - 14:22 WIB
    emaah ini merupakan warga Iran pertama yang menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh sepakat untuk memulihkan hubungan dan membuka kembali kedutaan masing-masing.
  • Kutip Kisah Hijrah Nabi...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Agustus 2021 - 20:51 WIB
    Menko Polhukam Mahfud MD menyerukan agar Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesabaran.
  • 1 Tahun Gempa Suriah:...
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Februari 2024 - 14:58 WIB
    Kehati-hatian ini tidak didasarkan pada peringatan ilmiah melainkan ketakutan bahwa bencana yang menewaskan dan melukai ribuan orang dan terus menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi akan terulang kembali.
  • Kisah Menara Masjid...
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:56 WIB
    Masjid ini adalah salah satu dari sedikit tempat wisata di kota Basra. Hanya saja, pada dini hari Jumat pagi, kemarin, menara setinggi 11 meter (33 kaki) itu diratakan dengan tanah.
  • Al-Fitnat Al-Kubra:...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 17:27 WIB
    Akumulasi dari semua ketidakpuasan terhadap Utsman bin Affan sebagian bukan karena kesalahan Utsman sendiri berakhir dengan pembunuhan Khalifah, lalu disusul 5 tahun perang saudara.
  • Cerita Embun, Perempuan...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 14:33 WIB
    Sambil memeluk erat tas yang dibawanya, Embun menuturkan mengapa dirinya berani berangkat haji meski tanpa pendamping.
  • Nebukadnezar: Pembunuh...
    Dunia Islam
    Kamis, 09 Desember 2021 - 16:15 WIB
    Nebukadnezar adalah pembantai puluhan ribu orang dan juga perusak masjid al-Aqsa. Di sisi lain selama 7 tahun ia menderita gangguan mental. Ia merasa dirinya adalah sapi.
  • Arab Saudi akan Gunakan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:25 WIB
    Drone tersebut akan secara resmi digunakan untuk membawa unit darah dan sampel laboratorium di antara rumah sakit di tempat-tempat suci di lembah Mina dan Arafah.
  • Kisah Ibnu Batutah Naik...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 09:35 WIB
    Ibnu Batutah mengawali perjalanan haji pada tanggal 14 Juni 1325 M. Ia menempuh jarak ribuan kilo meter dari Maroko menuju tanah suci Makkah dalam waktu sekitar 1,5 tahun.
  • Maulid Nabi: Beda Pendapat...
    Hikmah
    Kamis, 05 September 2024 - 08:53 WIB
    Yang menarik justru Arab Saudi adalah satu-satunya negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang tidak menjadikan Maulid sebagai hari libur resmi.
  • Peristiwa Perusakan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Kisah perusakan Hajar Aswad hingga dicuri pernah menggegerkan dunia Islam. Tak hanya dirusak, Hajar Aswad juga pernah dijarah hingga hilang selama 22 tahun.
  • Perlu Tekad Kuat untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 04:25 WIB
  • Menghiasi Bulan Muharram...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:02 WIB
    Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya. Amalan sunah yang dimaksud ialah puasa.
  • Peristiwa Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 11:34 WIB
    Sayyidah Aminah binti Wahb mulai mengandung janin yang kelak diberi nama Muhammad pada bulan Rajab. Aminah tak sama sekali mengalami gangguan ataupun kesulitan akibat kehamilannya.
  • Biasanya Nabi Diangkat...
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 09:13 WIB
    Biasanya nabi diangkat menjadi Rasul pada usia 40 tahun, sedangkan Nabi Isa punya kekhususan. Isa diangkat menjadi rasul pada usia 30 tahun.Malaikat Jibril menurunkan kitab Injil kepada beliau.