Topik Terkait: Visa Haji (halaman 31)

  • Arab Saudi Larang Pemegang...
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Mei 2024 - 22:45 WIB
    Otoritas Arab Saudi menerbitkan larangan bagi pemegang visa ziarah dengan berbagai jenisnya tidak boleh masuk dan tinggal ke Makkah mulai 15 Zulkaidah sampai 15 Zulhijjah 1445 H.
  • Thawaf Wada, Prosesi...
    Tausiyah
    Selasa, 20 Agustus 2019 - 17:14 WIB
    Tinggal satu lagi prosesi ritual ibadah yang harusnya dilakukan oleh jamaah haji. Yaitu Thawaf Wada atau Thawaf Selamat tinggal untuk kota haram atau tanah suci.
  • Jemaah Haji Diimbau...
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 22:14 WIB
    Jemaah haji diimbau menggunakan jasa kursi roda resmi saat tawaf dan sai di Masjidilharam. Imbauan tersebut menyusul adanya lima jemaah haji lanjut usia (lansia) yang diamankan karena menggunakan jasa pendorong kursi roda ilegal. Lima jemaah lansia itu berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG).
  • Selama Puncak Haji,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 13:15 WIB
    Jemaah haji Indonesia hari ini mulai diberangkatkan ke Arafah untuk melaksanakan wukuf pada 9 Zulhijah atau Sabtu (15/6/2024).
  • Kemenag Terbitkan Skema...
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juni 2024 - 17:38 WIB
    Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama menerbitkan Surat Edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nomor 04 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran DAM/Hadyu Tahun 1445 H/2024 M.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Banyak Jemaah Haji Tidur...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:56 WIB
    Kemenag mengevaluasi penggunaan kasur di tenda maktab. Hal itu menyikapi jemaah haji yang tidur di luar akibat over capacity atau kelebihan kapasitas di maktab, tenda penginapan di Mina.
  • Syarat Jemaah Haji Ajukan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 22:11 WIB
    Pelaksanaan ibadah haji 2023 telah selesai. Jemaah haji Indonesia bisa mengajukan Tanazul agar bisa pulang lebih cepat.
  • Tiba di Makkah, Menag...
    Dunia Islam
    Senin, 26 Juni 2023 - 05:23 WIB
    Menag Yaqut Cholil Qoumas tiba di Arab Saudi. Setibanya di Makkah Gus Yaqut langsung melaksanakan ibadah umrah di Makkah, Arab Saudi, Minggu (25/6/2023).
  • 4 Masjid Paling Suci...
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Jika Anda akan menunaikan ibadah haji atau umrah, Masjidil Haram bukanlah satu-satunya masjid yang harus dikunjungi. Berikut adalah 4 masjid paling suci dalam sejarah Islam.
  • 182 Jemaah Haji Indonesia...
    Dunia Islam
    Kamis, 13 Juni 2024 - 15:14 WIB
    Sebanyak 182 jemaah haji yang dirawat di KKHI Makkah akan disafariwukufkan di Arafah. Menjelang Puncak Haji 2024, sebagian jamaah haji Indonesia masih menjalani perawatan tempat tersebut.
  • Kemenag dan Kemenhaj...
    Dunia Islam
    Senin, 03 Juli 2023 - 16:46 WIB
    Kemenag bersama Kemenhaj Arab Saudi membentuk Tim Investigasi layanan Mashariq, menyusul terjadinya sejumlah masalah pada fase puncak haji di Arafah.
  • Kemenag Ungkap Mashariq...
    Dunia Islam
    Kamis, 19 September 2024 - 12:35 WIB
    Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri (Diryanlu) Kementerian Agama (Kemenag) Subhan Cholid mengungkapkan, terpilihnya Mashariq sebagai penyedia layanan haji Indonesia di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.
  • Pegiat Medsos Ditahan...
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Juni 2024 - 10:06 WIB
    Konsul Jenderal RI Jeddah Yusron B Ambary mengingatkan kepada calon jemaah haji (CJH) Indonesia ilegal di Makkah segera kembali ke Tanah Air.
  • Perbedaan Antara Rukun...
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:35 WIB
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan umat Islam bagi yang mampu. Berikut ini perbedaan antara rukun haji dan wajib haji.
  • Ibnu Batutah Naik Haji:...
    Dunia Islam
    Minggu, 25 September 2022 - 12:55 WIB
    Ibnu Batutah naik haji. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 tahun untuk perjalanan Maroko-Mekkah. Di perjalanan menuju Mekkah itu Ibnu Batutah sempat menikah dua kali.
  • Cerita Embun, Perempuan...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 14:33 WIB
    Sambil memeluk erat tas yang dibawanya, Embun menuturkan mengapa dirinya berani berangkat haji meski tanpa pendamping.
  • 5 Pahala Amalan Ini...
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 19:27 WIB
    Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah, mengingat kondisi untuk berangkat haji dan umrah masih terkendala wabah covid. Amalan apa itu?
  • Kisah Abubakar, Petani...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 Mei 2024 - 21:00 WIB
    Seorang kakek berjalan pelan setapak demi setapak setelah menginjakkan kaki di gate Haji Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Senin (20/5/2024).
  • Arab Saudi Pulangkan...
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 19:34 WIB
    202.695 orang yang tidak memiliki izin haji dikirim kembali dari titik masuk Makkah dan 128.999 kendaraan yang tidak memiliki izin untuk memasuki Makkah dan tempat suci juga dikembalikan.
  • Bolehkah Seorang Muslimah...
    Muslimah
    Sabtu, 11 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Menunaikan ibadah haji tentu diinginkan hampir setiap umat muslim, tak terkecuali kaum muslimah. Namun terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji meski tanpa disertai mahram. Bolehkah?