Topik Terkait: Wanita Hamil Dan Puasa

  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Hukum Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 12:30 WIB
    Seseorang yang hamil dan menyusui boleh meninggalkan puasa jika ia khawatir akan kesehatan diri dan bayinya. Sama saja apakah bayi yang disusui adalah anak kandungnya atau anak susuan saja.
  • Begini Aturan Pembayaran Fidyah bagi Perempuan Hamil dan Menyusui
    Tips
    Jum'at, 07 April 2023 - 09:11 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya saja, ia berkewajiban meng-qadha atau membayar fidyah.
  • Ibu Hamil dan Menyusui, Bayar Fidyah atau Qadha Puasa?
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Masalah ibu hamil dan menyusui ketika puasa Ramadhan sudah sering dibahas di berbagai kajian ilmu. Namun sampai hari ini, tema ini termasuk paling banyak ditanya.
  • Puasa Ramadhan dan Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakannya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Puasa dan Kampanye Melawan Hoax
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 14:54 WIB
    Sebagaimana kita ketahui puasa merupakan proses yang harus dijalani oleh setiap muslim agar bisa menjadi pribadi yang semakin bertaqwa.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Asal Usul dan Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadan
    Hikmah
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:10 WIB
    Bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah disyariatkannya puasa Ramadan? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri : Menyambut Ramadhan.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Zikir dan Doa  Sebelum Berbuka Puasa, Jangan Lupa Amalkan!
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 17:00 WIB
    Menjelang berbuka puasa nanti, doa dan zikir ini hendaknya jangan dilewatkan untuk diamalkan setiap muslim. Karena waktu berbuka merupakan waktu mustajab doa yang pasti akan diijabah Allah Subhanahu wa taala.
  • Tiga Pendapat Soal Ruhsoh Puasa bagi Perempuan Hamil
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Dalam Islam, puasa bagi muslimah hamil sebenarnya tidak lagi menjadi kewajiban mutlak. Islam memberikan keringanan agar muslimah hamil tersebut tetap dalam kondisi yang sehat. Karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kandungannya.
  • Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal Lengkap Bacaan Arab dan Latin
    Tips
    Selasa, 10 Mei 2022 - 15:14 WIB
    Nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan: Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.
  • Inilah Perbedaan Mendasar Puasa Arafah dan Tarwiyah
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:50 WIB
    Perbedaan puasa Arafah dan Tarwiyah adalah terletak pada hari dan tanggal. Puasa tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah karena pada saat itu disebut hari tarwiyah. Sedangkan puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijah, yaitu pada hari Arafah.
  • Bacaan Niat Puasa Asyura, Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 24 Juli 2023 - 14:39 WIB
    Bacaan niat puasa Asyura atau puasa di tanggal 10 Muharram penting diketahui umat muslim. Puasa Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharam.
  • Puasa dan Transformasi Hidup (1)
    Tausyiah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 22:55 WIB
    Pengingat (dzikra) untuk kita semua jika Ramadhan hendaknya tidak saja dijadikan sebagai bulan ritual rutinitas semata. Apalagi sekadar menjadi ajang hitung-hitungan dengan Allah Taala.
  • Rahasia di Balik Salat 5 Waktu dan Pahala Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:37 WIB
    Di antara rahasia mendirikan salat 5 waktu di awal waktu dengan berjamaah akan menjadikan doa-doanya cepat diijabah. Sesungguhnya salat 5 waktu menghilangkan dosa-dosa.
  • 7 Keutamaan Puasa Ramadhan, Nomor 1 Banyak yang Mendambakan
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:36 WIB
    Paling tidak ada tujuh keutamaan puasa ramadhan. Ketujuh keutamaan itu sebagai bentuk penempaan jiwa sekaligus penyucian diri (tazkiyatun nafs) bagi seorang hamba.
  • Besok Puasa Asyura 10 Muharram, Ini Bacaan Niat dan Fadhilahnya
    Tips
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 17:06 WIB
    Puasa Asyura adalah puasa yang dilaksanakan pada 10 Muharram bertepatan besok, Senin (8/8/2022). Bagi yang ingin menunaikan puasa Asyura dianjurkan berniat malam ini.
  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023 Berikut Jadwal Harinya
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 21:53 WIB
    Niat puasa Tarwiyah dan Arafah 2023 berikut jadwal harinya penting diketahui umat muslim. Tahun ini ada dua versi terkait hari pelaksanaan puasa Tarwiyah dan Arafah.