Topik Terkait: Zakat Ternak

  • Panitia Zakat Dadakan Apakah Termasuk Amil Zakat?
    Tips
    Senin, 10 Mei 2021 - 18:17 WIB
    Apakah panitia Zakat Fitrah yang dibentuk oleh takmir masjid berhak mendapat hasil dari Zakat Fitrah? Pertanyaan ini sering muncul di pengujung Ramadhan.
  • Zakat Konsep Harta yang Bersih Menurut Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 17:32 WIB
    Mengkaitkan soal pemerataan, dengan konsep zakat bukan merupakan hal yang tak masuk akal. Bahkan mengkaitkannya dengan rukun Islam yang lain bukan merupakan perkara mustahil.
  • Berikut Ayat-ayat Al-Quran yang Membahas Tentang Zakat
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 14:55 WIB
    Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh umat Islam bagi yang mampu dan memiliki kelebihan harta. Berikut ayat dan dalil tentang zakat.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 23:56 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal perlu diketahui umat muslim. Dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu, zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).
  • Beda Zakat dengan Pajak Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 03:00 WIB
    Zakat merupakan faridhah maliyah dan bersifat sosial. Dia merupakan rukun yang ketiga dari rukun Islam. Barangsiapa yang tidak mau menunaikan zakat karena pelit maka ia ditazir.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat Fitrah Sekeluarga Kepada Satu Orang?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menunaikan zakat fitrah. Ada yang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri.
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • Nggak Mudik, Kirim Duit ke Kampung untuk Bayar Zakat, Sahkah?
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 15:59 WIB
    Bagaimana ketentuan zakat fitrah itu? Bolehkah membayar zakat dititipkan kepada orang lain di wilayah yang jauh dari tempat tinggal si pembayar zakat?
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Ini Tiga Perbedaan Zakat dan Sedekah
    Tips
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:16 WIB
    Salah satu amal baik yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah sedekah. Di samping sedekah, di bulan Ramadan umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah.
  • Wajibkah Mengqadha Zakat Fitrah, Ketika Sudah Mampu?
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 17:07 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Zakat Fitrah Menurut Mazhab Syafii Tidak Dianjurkan Pakai Uang
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 23:48 WIB
    Niat zakat fitrah perlu diketahui umat muslim yang akan menunaikan kewajibannya. Untuk diketahui, puasa Ramadhan tidak akan terangkat kecuali dengan menunaikan zakat fitrah.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat ke Luar Daerah? Berikut Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 23:24 WIB
    Bagi perantau biasanya menyalurkan zakatnya di kampung halamannya atau di luar domisili tempat tinggalnya. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan zakat ke luar daerah?
  • Dompet Dhuafa Distribusikan Zakat Fitrah Kepada Masyarakat Kronjo di Pertengahan Ramadhan
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 12:52 WIB
    Dompet Dhuafa mulai mendistribusikan zakat fitrah di pertengahan Ramadhan ini. Lokasi pertama yang dituju adalah masyarakat pesisir di Kampung Kronjo Pamong, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Dulu Miskin Sekarang Kaya, Haruskah Mengqadha Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:18 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Bukan Sekadar Panitia, Berikut 9 Amil Zakat dan Tugasnya
    Tips
    Senin, 25 April 2022 - 09:05 WIB
    Tugas Amil Zakat adalah mengambil dan mendistribusikan harta zakat kepada mustahiq. Amil tidak sama dengan panitia zakat yang hanya dibentuk atas inisiatif masyarakat.