Topik Terkait: Doa Berkurban

  • Doa dan Niat Berkurban Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:02 WIB
    Tak lama lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban pada Hari Idul Adha 20 Juli 2021. Berikut bacaan doa dan niat berkurban yang harus diketahui kaum muslimin.
  • Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Doa Khusus dari Rasulullah SAW sebelum Hewan Kurban Disembelih
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 10:42 WIB
    Membaca doa ketika berqurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah. Selain itu, Rasulullah berdoa khusus ketika hewan kurban sudah dibaringkan dan siap untuk disembelih.
  • Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 14:21 WIB
    Sebelum menyembelih hewan kurban kita dianjurkan berniat dan membaca doa. Berikut doa menyembelih hewan kurban lengkap teks Arab, latin dan artinya.
  • Berkurban dengan Berutang Hukumnya Boleh Tapi dengan Satu Catatan
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Mayoritas ulama berpendapat hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad atau sangat dianjurkan. Lalu, bolehkah berkurban dengan berutang? Jawabannya boleh tapi dengan satu catatan.
  • Bolehkah Berkurban untuk Mayit? Simak Penjelasan Ini
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • Hukum Seorang Istri Berkurban Sendiri, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Sisihkan Rezeki, Ini Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 14:24 WIB
    Di antara umat muslim mungkin ada yang belum mengetahui keutamaan berkurban. Padahal berkurban memiliki fadhillah besar di Hari Idul-Adha. Berikut keutamaannya.
  • Bolehkah Berkurban untuk Orang Lain?
    Tips
    Rabu, 29 Juni 2022 - 06:45 WIB
    Salah satu pembelajaran tentang kerelaan dan berbagi di momen kurban ialah dengan berkurban untuk orang lain. Pertanyaannya, bolehkah berkurban untuk orang lain?
  • Doa-doa Nabi Ibrahim agar Amal Tidak Sia-sia
    Tips
    Senin, 07 November 2022 - 12:43 WIB
    Memohon doa kepada Allah Taala supaya segala perbuatan amal yang kita lakukan tidak sia-sia. Salah satu doa favorit yang bisa kita amalkan adalah doa Nabi Ibrahim Alaihissalam.
  • Doa-doa Rasulullah SAW Ketika Menjenguk Orang Sakit
    Tips
    Kamis, 25 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Selain berdoa untuk kesembuhan diri sendiri, ada beberapa riwayat yang menjelaskan doa-doa Raslullh Shallallahu alaihi wa sallam bagi orang sakit.
  • Doa Menjenguk Orang Sakit dan Doa Mustajabnya
    Tips
    Minggu, 05 Mei 2024 - 07:22 WIB
    Doa menjenguk orang yang tengah sakit penting diketahui kaum muslim. Bahkan, ada sebagian ulama menegaskan bahwa kalau menjenguk orang sakit dia minta doa kepada orang yang sakit karena doanya mustajab.
  • 10 Doa-doa Pendek Rasulullah SAW yang Dianjurkan Diamalkan Sehari-hari
    Tips
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:07 WIB
    Salah satu contoh suri tauladan Rasulullah yang diajarkan kepada kaum muslim adalah membaca do-doa harian atau doa setiap akan memulai aktivitas maupun menghadapi suatu kejadian.
  • Inilah Doa Perempuan yang Sangat Mustajab
    Muslimah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 14:26 WIB
    Ada doa perempuan yang sangat mustajab dan pasti tidak ditunda pengabulannya oleh Allah Subhanahu wa taala. Doa perempuan siapakah itu?
  • Berkurban Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu, Benarkah Demikian?
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Berkurban atau menyembelih hewan kurban hukumnya wajib dan berdosa bila tidak mau menunaikannya. Benarkah demikian? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Doa dan Amalan di Musim Hujan
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 19:55 WIB
    Hujan adalah salah satu karunia besar Allah Taala untuk kehidupan manusia dan makhluk-Nya. Berikut amalan yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Zikir dan Doa ketika Tertimpa Kesusahan
    Tips
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 07:21 WIB
    Nabi Muhammad SAW mengajarkan zikir dan doa ketika ditimpa kesusahan, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas ra.
  • Doa Agar Dilancarkan Proses Persalinan
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 06:05 WIB
    Dalam proses persalinan, seorang ibu berjuang untuk melahirkan buah hatinya, dengan harapan baik bayi dan sang ibu bisa melewati masa persalinan dengan lancar dan selamat.