Topik Terkait: Pondok Pesantren Sidogiri

  • 5 Rekomendasi Pondok Pesantren di Yogyakarta
    Dunia Islam
    Selasa, 30 April 2024 - 17:14 WIB
    Selain memiliki perguruan tinggi unggulan, Yogyakarta juga mempunyai pondok pesantren (Ponpes) yang menjadi pusat menimba ilmu agama dari berbagai santri yang ada di seluruh penjuru tanah air.
  • 5 Pondok Pesantren Milik Ulama Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:56 WIB
    Berikut ini 5 pondok pesantren milik ulama keturunan Nabi Muhammad SAW yang ada di Indonesia. Satu di antaranya pendiri pondok pesantren tertua di Indonesia.
  • 7 Rekomendasi Pondok Pesantren di DKI Jakarta
    Santri
    Kamis, 29 September 2022 - 23:31 WIB
    DKI Jakarta termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak pondok pesantren (ponpes). Berikut 7 rekomendasi pondok pesantren di DKI Jakarta.
  • Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok Sukses Kembangkan Pertanian Hidroponik
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Maret 2024 - 07:52 WIB
    Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok berhasil mengembangkan pertanian hidroponik. Hal itu dibuktikan dengan produk pertaniannya yang berhasil tembus ke supermarket.
  • 5 Rekomendasi Pondok Pesantren di Jawa Timur
    Santri
    Jum'at, 23 September 2022 - 23:43 WIB
    Jawa Timur sejak dulu dikenal sebagai daerah yang memiliki pondok pesantren terkenal. Berikut lima pondok pesantren di Jawa Timur yang memiliki banyak santri.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Pondok Pesantren Tahfiz Darul Quran Tangerang Wisuda 405 Santri Penghafal Al-Quran
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Juni 2023 - 18:20 WIB
    Pondok Pesantren Tahfiz Darul Quran Tangerang menggelar Wisuda Tahfizh Nasional (WTN) ke-9. Terdapat 405 santri yang diwisuda.
  • 11 Santri dan Pesantren Inspiratif Raih Penghargaan Santri of The Year 2023
    Dunia Islam
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 18:27 WIB
    Islam Nusantara Center (INC) bekerja sama dengan DPR dan MPR kembali memberikan penghargaan kepada santri dan pesantren inspiratif nasional bertajuk Santri of The Year 2023. Pemberian penghargaan dilaksanakan di Nusantara IV kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (29/10/2023).
  • Asosiasi Mahad Aly se-Indonesia Bahas Pendidikan Pesantren pada Acara Silatnas ke-4
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Maret 2023 - 23:08 WIB
    Asosiasi Mahad Aly se-Indonesia (Amali) mengadakan silaturahim nasional keempat memebahas lima agenda penting terkait standar pendidikan pesantren.
  • Asosiasi Mahad Aly Indonesia Gelar Rakernas sebagai Respons Atas UU Pesantren
    Santri
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 22:43 WIB
    Asosiasi Mahad Aly Indonesia (Amali) menggelar Rakernas penguatan kurikulum dan regulasi sebagai respons atas UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Menteri Agama.
  • KH Cholil Nafis Hilangkan Penat dengan Kesibukan di Pesantren
    Dunia Islam
    Kamis, 20 April 2023 - 20:02 WIB
    Beginilah cara KH Cholil Nafis, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) hilangkan penat dengan kesibukan di Pondok Pesantren.
  • Ponpes Nurul Ummahat, Ajarkan Keberagaman, Hafal Alquran, dan Berprestasi di Kampus
    Santri
    Selasa, 05 Mei 2020 - 08:04 WIB
    Warga Yogyakarta sudah tak asing lagi dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ummahat. Ponpes yang terletak 300 meter di selatan Lapangan Karang, Kampung Prenggan KG/II RT 27/RW 06, Kotagede, ini adalah pondok putri.
  • Pesantren Modern Berciri Khas Wirausaha, Penopang Kemandirian
    Santri
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Pondok Pesantren (ponpes) Daarut Tauhid yang berlokasi di Jalan Gegerkalong Girang, Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, termasuk salah satu ponpes populer di Tanah Air.
  • Ponpes Arafah Kota Bitung, Miniatur Keberagaman Masyarakat Nusantara
    Santri
    Kamis, 14 Mei 2020 - 10:11 WIB
    Dalam skala yang lebih kecil, potret multikultural masyarakat Bitung juga tercermin pada kehidupan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Arafah di Kota Bitung.
  • Direktur PD Pontren Kemenag: Lulusan Ponpes Tak Harus Jadi Kiyai
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:08 WIB
    Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghofur mengemukakan bahwa lulusan pesantren tidak harus menjadi tokoh agama seperti kiyai.
  • Tangan Dingin Kiai Tohir Wijaya Sukses Mereformasi Pesantren
    Santri
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 10:07 WIB
    Campur tangan Kiai Tohir Wijaya, menantu Kiai Mansyur, telah banyak mengubah sistem pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Kamal yang semula bergaya tradisional menjadi modern dan terpadu.
  • 21 Pesantren Tertua di Indonesia, Salah Satunya Pertama di Asia Tenggara
    Dunia Islam
    Minggu, 05 Desember 2021 - 22:13 WIB
    Pesantren lembaga pendidikan Islam yang konsern mengajarkan ilmu syariat dan fiqih. Berikut 21 daftar pondok pesantren tertua di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.
  • Pulang Kampung, Kami Tak Pernah Mengenalnya
    Santri
    Selasa, 19 Mei 2020 - 08:08 WIB
    Senyum riang memancar dari wajah anak-anak di Vila Doa Yatim Sejahtera sore itu. Selepas mandi, mereka asyik memulai kegiatan untuk menyambut beduk magrib.
  • Sambut Ramadhan, Askar Kauny Gelar Pesantren Kilat Online
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 21:27 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadhan, Yayasan Askar Kauny (YAK) menggelar pesantren kilat Ramadhan Bersama Al-Quran secara online bagi keluarga yang berdiam diri di rumah.
  • 5 Keturunan Nabi Muhammad yang Punya Pesantren Besar di Indonesia
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 15:30 WIB
    Berikut ini lima keturunan Nabi Muhammad yang punya pesantren besar di Indonesia. Satu di antaranya pendiri pondok pesantren tertua di Indonesia.
  • Miliki Pengajar Beragama Hindu, Ngaji Kitab Kuning dengan Bahasa Bali
    Santri
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 11:08 WIB
    Di semua ponpes, Talimul Mutaallim menjadi semacam kajian wajib santri. Bedanya, di ponpes yang terletak di Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali ini, mengaji kitab kuning dilakukan menggunakan bahasa Bali.