Topik Terkait: Bekal Menghadapi Kematian

  • Tanda-tanda Kematian akan Menjemput
    Tips
    Minggu, 11 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kematian adalah sesuatu yang pasti datang kepada semua makhluk yang bernyawa. Namun kapan ajal atau kematian itu menjemputnya? Tidak ada satupun makhluk hidup yang mengetahui rahasia ajal, tetapi ada tanda-tandanya.
  • Cara Mengingat Kematian Menurut Rasulullah
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:38 WIB
    Mengingat kematian adalah anjuran penting yang sangat ditekankan oleh Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Salam. Ada banyak hadis yang mengingatkan agar umat Islam selalu mengingat kematian.
  • Mulailah Persiapkan Bekal untuk Kesuksesan di Akhirat
    Muslimah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 17:01 WIB
    Kesuksesan manusia benar-benar bisa dilihat ketika sudah berada di akhirat. Sekaya apapun, sepintar apapun, atau sekuasa apapun seseorang di dunia, bila kekal di neraka, apa gunanya?!
  • Bekal Bagi Jemaah Haji yang Akan Wukuf di Arafah
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 17:02 WIB
    Jemaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada 9 Zulhijjah 1444 H bertepatan Selasa, 27 Juni 2023. Ini bekal yang harus disiapkan jemaah haji.
  • 5 Perkara yang Harus Disiapkan Menghadapi Fitnah Akhir Zaman
    Tausyiah
    Senin, 05 September 2022 - 14:27 WIB
    Hidup manusia saat ini telah berada di akhir zaman , dan sudah dekat dengan waktu hari kiamat. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam telah menjelaskan dalam sejumlah hadisnya tentang dekatnya dengan hari kiamat ini.
  • Ziarah Kubur Perbanyak Mengingat Kematian, Faedahnya Luar Biasa
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu tradisi saat merayakan Idulfitri di Indonesia yakni ziarah kubur. Tradisi yang baik untuk selalu mengingat kematian. Mengapa demikian?
  • Hukum Orang Sakit Mengharap Kematian
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 18:58 WIB
    Orang yang sakit diperbolehkan mengeluhkan penderitaannya. Namun, tidaklah baik baginya mengharapkan kematian atau meminta kematian karena penderitaan yang dialaminya.
  • Inilah 3 Tempat yang akan Disinggahi Setelah Kematian
    Tausyiah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 11:59 WIB
    Dalam Islam, setelah kematian akan ada 3 tempat tinggal yang sangat mendebarkan bagi semua manusia. Tempat apa saja, dan mengapa mendebarkan?
  • Keutamaan Bersabar Saat Menghadapi Musibah
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 00:18 WIB
    Sabar itu ilmu paling tinggi dan keutamaannya benar-benar agung di sisi Allah. Siapa yang dapat mengamalkannya maka ia akan mendapat balasan pahala tak berbatas.
  • Beginilah Gambaran Perjalanan Roh yang Mengalami Kematian
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 09:10 WIB
    Bagaimana sebenarnya perjalanan roh manusia ketika dicabut dari jasadnya tersebut? Kemana kah dia akan pergi? Ke langitkah? Lalu bagaimana sambutan penduduk langit terhadap roh-roh yang datang dari bumi ini?
  • Kematian Syuhada dan Kedudukannya dalam Islam
    Hikmah
    Kamis, 16 November 2023 - 10:03 WIB
    Viralnya para pejuang Palestina yang menginginkan kematian syuhada, menjadi trending topik terutama di media sosial. Sebenarnya seperti apa kematian syuhada dalan pandangan Islam ini?
  • 4 Bekal Umat Islam Menghadapi Fitnah di Akhir Zaman
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 08:11 WIB
    Fitnah akhir zaman sudah terlihat tanda-tandanya. Datangnya bahkan seperti tiupan badai. Lantas, bagaimana cara umat Islam melewati badai fitnah akhir zaman ini?
  • Tidak Bersedih dengan Kematian Ulama Berarti Munafik?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • Belajar Mengingat Kematian dari Hafshah binti Sirin
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 14:20 WIB
    Mengingat kematian juga merupakan salah cara hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala. Mereka yang senantiasa mengingat kematian akan mengontrol nafsu duniawinya
  • Wafatnya 1 Ulama Lebih Disukai Iblis Daripada Kematian 70 Ahli Ibadah
    Tausiyah
    Selasa, 04 Februari 2020 - 16:44 WIB
    Kata Rasulullah SAW, wafatnya ulama laksana bintang yang padam dan musibah yang tak tergantikan. Dunia menjadi kehilangan ilmu dan termasuk musibah besar bagi agama.
  • Syariat Merespons Kematian; Antara Meratap dengan Tangis Kasih Sayang
    Muslimah
    Kamis, 03 November 2022 - 10:52 WIB
    Syariat Islam tidak membolehkan meratapi dan berteriak histeris terhadap mayit. Kebiasaan meraung-raung terhadap mayit ini dilakukan masyarakat musyrik Quraisy di jazirah arab sejak lama, yakni sebelum Islam.
  • 6 Faedah Selalu Mengingat Kematian, Nomor Terakhir Menjauhi Sifat Sombong
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 12:32 WIB
    Dalam Islam, sejatinya mati atau kematian adalah persinggahan pertama manusia di alam akhirat.Setiap makhluk yang hidup di dunia pasti akan menjumpai kematian ini.
  • Khutbah Jumat: Covid-19 dan Kematian itu Pasti, Bersiaplah!
    Tausyiah
    Kamis, 02 September 2021 - 21:49 WIB
    Beberapa pekan terakhir ini, angka kematian akibat Covid-19 begitu tinggi. Kita melihat dengan mata kepala kita kerabat, teman, dan tetangga kita satu demi satu berguguran.
  • Seni Menghadapi Bala Ketika Menimpa Orang Beriman
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 11:28 WIB
    Ujian dalam bahasa arab disebut ibtila. Kata ibtila ini diambil dari kata kerja abtala. Bentuk aslinya adalah bala. Dalam Al-Quran, beberapa kali Allah Subhanahu wa Taala menggunakan kata bala dalam beberapa variasi kata.
  • Kumpulan Doa Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 11:46 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba, namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).