Topik Terkait: Generasi Bangsa

  • Pentingnya Mendidik...
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:14 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umau Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Di Balik Kegagalan Dakwah...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 14:51 WIB
    Sayyid Quthb mengatakan pada generasi awal Al-Quran menjadi jantung dan rujukan satu-satunya dakwah sehingga melahirkan generasi sahabat, atau generasi yang istimewa.
  • Mengenal Bangsa Jin...
    Muslimah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 15:44 WIB
    Makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa taala dapat dibedakan antara yang bernyawa dan tak bernyawa. Di antara yang bernyawa adalah jin. Bagaimana sebenarnya wujud jin tersebut?
  • Keluarga Berperan Penting...
    Muslimah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 12:44 WIB
    Generasi berkarakter pejuang tidak akan datang begitu saja, perlu upaya untuk melahirkannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, keluarga menjadi institusi yang paling berperan.
  • Menyiapkan Generasi...
    Muslimah
    Senin, 06 November 2023 - 12:15 WIB
    Dalam kondisi di era akhir zaman ini, membela Islam adalah kewajiban setiap muslim. Sebagai orang tua, kita wajib membina dan menyiapkan anak-anak kita menjadi pembela Islam tepercaya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Menjaga Nilai-Nilai...
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 21:29 WIB
    Nilai-nilai ibadah dan keluhuran yang dijalankan di bulan Ramadan perlu dijaga dan diimplementasikan untuk membentuk insan yang bertakwa kepada Allah SWT demi mewujudkan persatuan bangsa.
  • Mendidik Remaja Mencontoh...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 07:54 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umat Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • UYM Berkomitmen Ciptakan...
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:59 WIB
    Ustaz Yusuf Mansur atau dikenal UYM terus membangun generasi penerus bangsa agar menjadi generasi yang cinta dan hafal Quran.
  • Pra Islam: Bangsa Arab...
    Hikmah
    Senin, 09 September 2024 - 20:02 WIB
    Pada zaman pra-Islam, posisi perempuan Bangsa Arab paling jelek dibanding perempuan lain di dunia. Mereka dianggap sebagai benda mati yang tidak mempunyai hak apapun, termasuk hak untuk dihormati.
  • Zionis Israel: Mulanya...
    Dunia Islam
    Senin, 30 Oktober 2023 - 08:45 WIB
    Mereka menganggap bahwa tidak ada bangsa (rakyat) di Palestina, sehingga adalah wajar dan hak bagi bangsa Yahudi yang tidak memiliki tanah untuk menjadikan tanah Palestina buat mereka.
  • Maulid Nabi: Begini...
    Hikmah
    Senin, 09 September 2024 - 16:30 WIB
    Suku Arab al-Baqiyah, yaitu bangsa Arab yang masih hidup sampai sekarang, terdiri dari keturunan Qahthan dan Adnan. Sedangkan suku Arab al-Baidah sudah punah seperti kaum Ad dan Tsamud.
  • Kisah Penaklukan Persia:...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Desember 2023 - 08:37 WIB
    Memang benar, dalam hati bangsa-bangsa yang sudah ditaklukkan itu - terutama Iran - masih tertanam rasa dendam kepada pihak pemenang yang dapat timbul dari waktu ke waktu.
  • Di Balik Kesuksesan...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Dakwah Islam pada generasi pertama telah menghasilkan generasi yang istimewa, yaitu generasi sahabat. Kemudian pada generasi setelah itu tidak lagi menghasilkan generasi semacam itu.
  • Melahirkan Generasi...
    Muslimah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:02 WIB
    Jadikan Al-Quran sebagai pegangan sekaligus pedoman hidup dalam keluarga. Karena dengan Al-Quran kita bisa menjadi pribadi yang dicintai Allah Taala.
  • Zionisme: Tak Sekadar...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Kongres I Zionisme pada tahun 1897 telah menelurkan ide tentang cita-cita zionisme, yakni mendirikan tanah air untuk bangsa Yahudi, yang diakui secara resmi dan secara hukum di Palestina.
  • Rahasia Kemenangan Tentara...
    Hikmah
    Rabu, 08 Januari 2020 - 17:29 WIB
    Dalam Buku The Art of Islamic War karya Shohihul Hasan diulas bagaimana pasukan muslim mendapat kemenangan besar ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya.
  • Asal-Usul Iblis, Apakah...
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang asal-usul Iblis. Ada yang berpendapat bahwa ia adalah dari bangsa Malaikat yang membangkang, ada pula yang berpendapat ia dari bangsa Jin.
  • Jin Dapat Melihat Aurat,...
    Tips
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:54 WIB
    Ternyata jin dan makhluk gain lainnya dapat melihat aurat manusia. Untuk itu, sebagai muslim kita dianjurkan untuk membaca doa agar para makhluk astral ini tidak dapat melihat aurat kita tersebut.
  • Tafsir Israiliyyat:...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:15 WIB
    Penemuan legenda Israiliyyat berawal dari ketidaktahuan Arab. Yahudi, Ahl al-Kitb, telah hidup dalam peradaban Arab sejak zaman kuno, yakni 70 M.
  • Paul Findley: Bangsa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 17:33 WIB
    Bangsa Palestinalah yang pada 1948 dan sekali lagi pada 1967 kehilangan rumah-rumah dan tanah mereka, bisnis dan ladang mereka, kebun-kebun zaitun dan situs mereka karena direbut orang-orang Israel.