Topik Terkait: Keutamaan Nafkah Istri Atau Orang Tua

  • Keutamaan Antara Mendahulukan Nafkah ke Istri Atau Orang Tua?
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 09:08 WIB
    Seorang suami memiliki kewajiban nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Ia juga berkewajiban menafkahi orang tuanya. Namun, setelah menikah, seorang lelaki harus bisa bersikap adil dan bijak terhadap istrinya dan terhadap orangtuanya. Lantas mana yang harus didahulukan?
  • Mana yang Harus Diutamakan, Nafkah Istri Atau Orang Tua?
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • Keutamaan Mendoakan Orang Tua Setelah Sholat Fardhu, Berikut Doanya!
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 21:23 WIB
    Mendoakan kedua orang tua setelah sholat fardhu sangat dianjurkan karena memiliki fadhilah (keutamaan). Salah satunya sebagai tanda bakti anak kepada orang tuanya.
  • Aturan Nafkah Rumah Tangga dalam Islam, Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Senin, 08 Mei 2023 - 15:27 WIB
    Aturan nafkah rumah tangga dalam Islam penting untuk diketahui para suami dan istri. Semua ulama sepakat bahwa seorang suami wajib memberi nafkah kepada istrinya.
  • Keutamaan Membantu Orang Lemah dan Merawat Orang Sakit
    Tausyiah
    Minggu, 28 November 2021 - 09:20 WIB
    Membantu orang lemah atau merawat orang sakit bukanlah pekerjaan mudah karena perlu pengorbanan dan kesabaran. Boleh jadi sebab mengurus mereka, Allah meluaskan rezeki kita.
  • 7 Keutamaan Orang Dermawan, Nomor 4 Bikin Kita Iri
    Tausyiah
    Jum'at, 10 November 2023 - 22:40 WIB
    Keutamaan orang dermawan selain dijanjikan dengan balasan surga, juga akan mendatangkan kemuliaan. Di antara tujuh keutamaan orang dermawan, nomor empat di bawah ini bikin kita iri.
  • 5 Doa untuk Kedua Orang Tua dari yang Pendek hingga Doa Panjang
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 11:03 WIB
    Banyak doa untuk kedua orang tua yang bisa kita amalkan setiap hari. Berdoa untuk mereka, merupakan wujud berbakti yang diperintahkan Allah subhanahu wa taala dalam Al-Quran maupun hadis.
  • Apakah Orang Tua Menanggung Dosa Anak Kecil?
    Muslimah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:45 WIB
    Wahai para ibu, pernahkah terbesit di hati kita, bahwa anak kita yang masih kecil, punya perilaku nakal dan suka merugikan orang lain atau temannya bahwa dosanya akan ditanggung para ibu?
  • 9 Amalan untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Nomor 1 Jangan Dilupakan
    Tausyiah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:30 WIB
    Amalan untuk orang tua yang sudah meninggal sangat baik diamalkan sebagai wujud bakti kepada orang tua (birrul walidain). Berikut 9 amalan yang dapat kita lakukan.
  • Kisah Hikmah : Mengajarkan Anak Berbhakti kepada Orang Tua
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Banyak kisah hikmah dari para sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yang bisa menjadi teladan untuk anak-anak. Salah satu kisahnya yakni tentang Uwais Al-Qarni.
  • Isteri Berhak Meminta Nafkah Halal
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 06:37 WIB
    Tidaklah Allah Azza wa Jalla memerintahkan satu perkara, melainkan perkara itu pasti dicintai-Nya dan memiliki keutamaan di sisi-Nya serta membawa kebaikan bagi para hamba. Termasuk masalah memenuhi nafkah keluarga.
  • Jangan Diabaikan, Ini Adab Orang Tua Terhadap Anak
    Muslimah
    Minggu, 18 April 2021 - 07:04 WIB
    Al-Quran dan hadis sering kali berpesan agar manusia berbakti dan menunjukkan adab yang baik kepada orang tuanya. Akan tetapi orang tua juga dituntut untuk bersikap yang baik terhadap anaknya.
  • Kemuliaan dan Keutamaan Sifat Istri Saleha
    Muslimah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:43 WIB
    Perempuan saleha menurut Islam adalah perempuan muslimah yang selalu istiqamah menjalankan segala perintah Allah Subhanahu wa taala dan menjauhi larangan-Nya.
  • Keutamaan Bismillah yang Jarang Diketahui Orang
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 16:11 WIB
    Kalimat basmalah sudah tidak asing bagi umat Islam. Kalimat Bismillah merupakan bagian dari surah Al-Fatihah yang agung dalam Al-Quran. Berikut keutamaannya.
  • Hukum Berkurban untuk Orang Tua Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 08:15 WIB
    Hukum berkurban untuk orang tua menurut Gus Baha boleh-boleh saja. Ini sama seperti hukum haji bagi orang tua digantikan oleh anaknya. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Begini Makna Anak yang Saleh yang Mendoakan Kedua Orang Tuanya
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 10:06 WIB
    Hadis Nabi menyebut salah satu amal yang tidak terputus ketika manusia meninggal adalah anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya. Apa maknanya?
  • Cara Anak Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Meninggal
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 15:28 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Alasan Mengapa Dilarang Berkata Ah kepada Orang Tua
    Tausyiah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 22:34 WIB
    Al-Quran mengingatkan kita agar sekali-kali tidak berkata Ah (Uff) kepada orang tua atau bersikap kasar kepada keduanya. Inilah alasan kenapa hal tersebut dilarang.
  • 3 Doa untuk Orang Tua yang Mudah Dihapal, Yuk Amalkan
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:40 WIB
    Pentingnya mendoakan orang tua baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, karena kita tahu bahwa ridho Allah SWT yang bergantung pada ridho orang tua.
  • Doa-doa agar Anak Nurut pada Orang Tua
    Tips
    Selasa, 09 Januari 2024 - 14:05 WIB
    Amalan doa agar anak nurut kepada orang tuanya bisa diamalkan secara rutin setiap hari. Doa ini termasuk doa mendidik anak dengan adab dan akhlak mulia