Topik Terkait: Cara Mengurus Jenazah

  • Tata Cara Sholat Jenazah, Hukum dan Rukun-Rukunnya
    Tips
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Tata cara sholat jenazah secara teknis berbeda dari tata cara sholat pada umumnya, lantaran tak menggunakan gerakan ruku, itidal, dan sujud. Berikut 7 rukun sholat jenazah.
  • Pahala Besar Sholat Jenazah dan Niat Menyalatkan Mayit
    Tips
    Selasa, 20 September 2022 - 10:56 WIB
    Melakukan sholat jenazah mendapatkan pahala yang sangat besar. Sebab sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah berdasarkan keumuman perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk menyalati jenazah seorang muslim.
  • Bacaan Sholat Jenazah Lengkap Arab, Latin dan Niat
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 20:43 WIB
    Bacaan sholat jenazah lengkap Arab, latin dan niatnya termasuk informasi penting bagi umat Islam. Seperti diketahui, melaksanakan sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah.
  • Anjuran Membuat 3 Shaf Ketika Sholat Jenazah
    Tips
    Rabu, 27 Juli 2022 - 18:21 WIB
    Dalam shalat jenazah terdapat anjuran membuat 3 shaf yang belum banyak diketahui umat Islam. Berikut hadis yang menganjurkan sholat jenazah dengan 3 shaf.
  • Hukum Mengubur Dua Jenazah Satu Liang Lahat
    Tausyiah
    Minggu, 14 November 2021 - 06:30 WIB
    Hukum mengubur dua jenazah dalam satu liang lahat pada prinsipnya terlarang karena tidak sesuai dengan cara penguburan Islam, kecuali dalam kondisi darurat.
  • Sholat Jenazah Setelah Ashar, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 11:57 WIB
    Hadis Nabi menegaskan bahwa salah satu waktu terlarang mendirikan sholat adalah bakda Ashar. Lalu, bagaimana hukum mengerjakan sholat jenazah setelah Ashar, bolehkah?
  • Tali Pengikat Mayit Haruskah Dilepas? Bagaimana Hukumnya?
    Tips
    Kamis, 02 Desember 2021 - 17:12 WIB
    Dalam Islam, jenazah seorang muslim yang meninggal dunia wajib hukumnya untuk dimandikan kecuali orang yang meninggal dunia di medan perang di jalan Allah (mati syahid).
  • Cara Sholat Jamak Taqdim dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:48 WIB
    Cara sholat jamak Taqdim perlu diketahui umat muslim berikut bacaan niatnya. Jamak artinya mengumpulkan dua sholat fardhu yang dikerjakan dalam satu waktu.
  • Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
    Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Berikut bacaan niat dan doa setelah wudhu.
  • Tata Cara Menguburkan Jenazah Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:45 WIB
    Umat muslim wajib mengetahui tata cara menguburkan jenazah sesuai syariat islam. Mengurus jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah. Berikut tata caranya.
  • Cara Tayamum di Bis Beserta Niat dan Syaratnya
    Tips
    Kamis, 07 September 2023 - 18:06 WIB
    Cara tayamum di bis ini penting diketahui muslim yang tengah melakukan perjalanan jauh. Karena bersuci menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari setiap muslim.
  • Cara Setan Memperdayai Manusia Sering Tak Disadari
    Tausyiah
    Sabtu, 10 September 2022 - 16:55 WIB
    Cara setan memperdayai manusia sangat halus dan sering tidak kita dasari. Mereka kerap membisikkan sesuatu yang indah padahal sebenarnya adalah perkara bathil.
  • Mengenal Jenis Najis dan Tata Cara Bersucinya
    Tips
    Rabu, 26 Januari 2022 - 20:48 WIB
    Mengetahui tentang najis dan jenis-jenis sangat penting bagi seorang muslim karena berkaitan erat dengan ibadah. Jangan sampai karena ketidaktahuan, menganggap sepele hal yang sebenarnya adalah najis.
  • Cara Menyucikan Najis-Najis Sesuai Petunjuk Dalil
    Tips
    Senin, 18 Desember 2023 - 11:05 WIB
    Dalam Islam, najis adalah semua benda yang dihukumi kotor oleh syariat seperti bangkai,darah, nanah, kotoran dan sebagainya. Lantas bagaimana cara menyucikan najis tersebut berdasarkan dalil?
  • Cara Kirim Doa Yasin untuk Orang Meninggal
    Tips
    Selasa, 05 Desember 2023 - 19:39 WIB
    Cara mengirim doa Yasin untuk orang meninggal termasuk amalan yang dianjurkan dalam Islam. Berikut tata tacaranya beserta bacaannya.
  • Muslimah Suka Berhias? Hindari 7 Cara Ini karena Dilarang Syariat
    Muslimah
    Senin, 27 Februari 2023 - 13:14 WIB
    Sebagian besar kaum muslimah pasti senang berdandan atau berhias. Namun ternyata, dalam syariat Islam ada cara berhias atau berdandan yang justru dilarang dan haram hukumnya. Berhias seperti apa dan bagaimana dalilnya?
  • Bolehkah Menghadiahi Salat untuk Jenazah?
    Hikmah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 10:44 WIB
    Bolehkah seseorang menghadiahi salat untuk orang yang meninggal atau jenazah? Bagaimana hukum dan dalilinya, serta penjelasannya dalam Islam?
  • Cara Tayamum di Pesawat untuk Jamaah Haji 2023 Selama Perjalanan
    Tips
    Selasa, 30 Mei 2023 - 15:22 WIB
    Cara tayamum di pesawat bisa dilakukan oleh jamaah haji 2023 Indonesia yang berada dalam perjalanan. Tayamum bisa menjadi alternatif jika persediaan air tidak mencukupi.
  • Lafaz Niat dan Bacaan Doa Ketika Salat Jenazah
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 17:34 WIB
    Kewajiban umat muslim terhadap muslim lainnya yang meninggal adalah mensalatkannya setelah memandikannya kemudian menguburkannya. Berikut lafaz niat dan doa salat jenazah.
  • Doa Menghilangkan Jerawat dan Cara Mengobatinya
    Muslimah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 10:34 WIB
    Doa menghilangkan jerawat bagi sebagian orang mungkin terdengar asing. Jauh sebelum munculnya obat jerawat modern, Rasulullah SAW telah memberi solusinya.