Topik Terkait: Cita Cita Pernikahan

  • Jadikan Surga sebagai Cita-cita dan Tujuan Pernikahan
    Muslimah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 08:20 WIB
    Pernikahan suami istri bukan sekadar hidup bersama sampai tua. Tapi, ada yang lebih besar dari sekadar menua bersama, yakni menjadikan surga sebagai cita-cita dan tujuan suami Istri.
  • Rambu-rambu dan Adab Seorang Muslim Saat Berduka Cita
    Tips
    Kamis, 07 Desember 2023 - 13:32 WIB
    Islam memberikan rambu-rambu ketika seorang muslim tengah berduka cita atau saat mendapat musibah. Rambu-rambu tersebut diisyaratkan Rasulullah SAW sebagai adab seorang muslim.
  • Hukum Berbaju Hitam saat Berduka Cita
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 11:10 WIB
    Ketika ada musibah atau kematian seseorang, umumnya orang-orang yang bertakjiah atau yang melayat menggunakan busana berwarna hitam. Bolehkah dan bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Menumbuhkan Sikap Optimisme dan Cita-cita Akhirat pada Anak
    Muslimah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 17:03 WIB
    Dalam Islam, anak-anak kaum muslimin perlu dilatih memiliki optimisme yang tinggi dan benar. Optimisme yang dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah.
  • Makna Kalimat Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rojiun dan Penerapannya
    Hikmah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 10:16 WIB
    Ketika mendengar kabar kematian, seorang muslim pasti akan mengucapakan kalimat inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Sebenarnya apa makna dan keutamaan mengucapkan kalimat tersebut? Serta kapan waktu mengucapkannya yang benar?
  • Bagaimana Islam Memutus Perkara Hak Khiyar dalam Pernikahan
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 11:29 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Milik Siapakah Mahar Pernikahan?
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • Jadikan Akhirat Sebagai Cita-Cita Utama
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 21:13 WIB
    Orang tua harus membangun optimisme dalam memberikan pendidikan kepada anak ini, yang didasarkan pada tiga hal yakni raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Inilah Jenis-jenis Pernikahan yang Hukumnya Haram, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:35 WIB
    Dalam Islam, tidak semua pernikahan itu halal. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Makna dan Keutamaan Kalimat Istirja
    Tausyiah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 08:29 WIB
    Makna dan keutamaan kalimat istirja: Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun sungguh sangat dalam. Kalimat ini belum dipraktikan oleh umat para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.
  • Pernikahan Adalah Tanda Kekuasaan Allah, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:13 WIB
    Islam datang untuk mengumumkan batalnya kerahiban dan melarang hidup lajang. Islam mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah dalam kehidupan ini.
  • Pernikahan-pernikahan yang Tidak Sah Menurut Fiqih
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Tunangan Mirip Resepsi Pernikahan, Bolehkah Hubungan Lebih Mesra?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Fikih, Berikut Pandangan Perindo
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 20:21 WIB
    Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kembali menggelar Podcast Aksi Nyata, Kamis (21/7/2022). Tema podcast kali ini adalah Pernikahan Beda Agama, Bagaimana Menurut Agama Islam?.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Pernikahan Fitnah
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 19:18 WIB
    Ia adalah seorang tabiin yang menjadi panutan. Terkenal sebagai pakar hadits sehingga orang-orang berbondong-bondong ke majelisnya. Namun sayang, separuh hayatnya terjerat dalam cinta yang justru menjerumuskan hidup dan imannya.
  • Hapalan Al Quran Menjadi Mahar Pernikahan, Dari Mana Asal Muasalnya?
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Mahar diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaanya dihalalkan untuk dinikahi. Bagaimana jika mahar itu diberikan dalam bentuk hapalan Al-Quran, boleh atau tidak?
  • Buya Syafii Maarif Wafat, Haedar Nashir: Beliau Milik Semua Orang
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:36 WIB
    Indonesia berduka. Allah Taala memanggil Ahmad Syafii Maarif ke haribaan-Nya. Tokoh teladan bangsa ini wafat pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB. Buya Ahmad Syafii wafat dalam usia 87 tahun.
  • Coba Masakan Dapur Penyedia Katering Jemaah Haji, PPIH: Jaga Cita Rasa Indonesia
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 05:23 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meminta penyedia katering untuk menjaga cita rasa Indonesia dalam menyajikan makanan untuk jemaah haji.
  • Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 08:38 WIB
    Selama cuaca dingin antara bulan November dan Februari, jutaan orang menghadiri pernikahan setiap pekannya. Mereka bahkan punya nama untuk itu: Desemberistan.