Topik Terkait: Ibnu Taimiyyah

  • Kisah Israiliyyat pada Tafsir Ibnu Katsir Surat al-Baqarah Ayat 30
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:12 WIB
    Ada malaikat yang bernama As-Sijl setiap hari tiga kali melihat ummul kitab, tiba tiba ia melihat sesuatu yang tidak pernah dia lihat sebelumnya yaitu penciptaan Adam.
  • Ibnu Taimiyah (2): Obrak-abrik Tempat Mabuk-mabukan dan Perang Melawan Tartar
    Hikmah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 15:55 WIB
    Dalam perjalanan hidupnya, Ibnu Taimiyah juga terjun ke masyarakat menegakkan amar maruf dan nahi munkar. la tak mengambil sikap uzlah melihat merajalelanya kemaksiatan dan kemungkaran.
  • Pesan Ibnu Qayyim Tentang Mengembangkan Bakat Anak
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia. Ini pesan penting dari Ibnu Qayyim tentang bakat anak.
  • Ibnu Shayyad, Orang Yahudi Madinah yang Dianggap Dajjal
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:43 WIB
    Beredar di kalangan umat Islam. Ibnu Shayyad memang mengundang kontroversi, yakni apakah dia benar-benar Dajjal ataukah hanya salah satu pengikut Dajjal atau Dajjal kecil?
  • Dahsyatnya Hari Kiamat: Sifat-Sifat Dajjal, Menurut Ibnu Katsir
    Tausyiah
    Rabu, 01 September 2021 - 15:02 WIB
    Dajjal itu buta sebelah matanya, berkilau, dan hina. Ia juga berambut lebat. Dalam berbagai hadis disebutkan bahwa ia pendek dan di hadis lain tinggi
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Al-Idrisi sang Pemandu Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Colombus
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:58 WIB
    Para penjelajah dunia macam Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Christopher Columbus boleh jadi akan kandas meraih ambisi tanpa alat yang diciptakan oleh Al-Idrisi. Alat iu adalah peta yang akurat.
  • Kumpulan Nasihat Syeikh Ibnu Athaillah (Bagian 2)
    Tausiyah
    Minggu, 02 Juni 2019 - 08:39 WIB
    Syeikh Ibnu Athaillah atau Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Athaillah As-Sakandari adalah sosok ulama sufi terkemuka di dunia yang juga pengarang Kitab Al-Hikam.
  • Kisah Nabi SAW Membaca Surat Fussilat Ayat 1-13 saat Jawab Hujatan Atabah ibnu Rabiah
    Hikmah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 13:24 WIB
    Rasulullah SAW membaca al-Quran surat Fussilat ayat 1-13 tatkala menjawab utusan kafir Quraish yang ahli mengenai sihir bernama Atabah ibnu Rabiah. Kisah ini disampaikan Ibnu Katsir dengan memaparkan sejumlah riwayat.
  • 10 Nasihat Penting Ibnu Qayyim Tentang Hal yang Sia-sia, Nomor Terakhir Berharap kepada Manusia
    Tausyiah
    Kamis, 16 November 2023 - 10:30 WIB
    Ibnu Qayyim Al Jauziah atau Muhammad bin Abi Bakr, bin Ayyub bin Sad Al Zari, Al Dimashqi bergelar Abu Abdullah Syamsuddin, memberi nasihat penting akan perkara sia-sia yabg sering dilakukan manusia.
  • Kumpulan Nasihat Syeikh Ibnu Athaillah (Bagian 4 Penutup)
    Tausiyah
    Selasa, 04 Juni 2019 - 15:36 WIB
    Syeikh Ibnu Athaillah atau Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Athaillah As-Sakandari adalah sosok ulama sufi terkemuka di dunia yang juga pengarang Kitab Al-Hikam.
  • Kisah Pengembaraan Ibnu Batutah Sepanjang 120.000 Kilometer selama 30 Tahun
    Dunia Islam
    Kamis, 22 September 2022 - 13:39 WIB
    Ibnu Batutah tercatat mengarungi lautan dan daratan sepanjang 120.000 kilometer selama 30 tahun. Inspirasi pengembaraan putra Maroko ini saat berangkat haji pada usia 21 tahun.
  • 3 Akhlak yang Harus Dimiliki Juru Dakwah Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 16:08 WIB
    Ilmu harus dimiliki sebelum melakukan tugas kewajiban dakwah, sikap halus harus bersamaan dengan pelaksanaan tugas, dan sifat sabar sesudah pelaksanaan tugas.
  • 10 Tanda Hati yang Sehat Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 08:02 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Nasihat Bijak Syeikh Ibnu Athaillah (Bagian 3)
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 09:05 WIB
    Syeikh Ibnu Athaillah atau Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Athaillah As-Sakandari adalah sosok ulama sufi terkemuka di dunia yang juga pengarang Kitab Al-Hikam.
  • Mengapa Mereka Mengklaim Ibnu Arabi Orang Kristen Rahasia?
    Hikmah
    Minggu, 20 September 2020 - 14:22 WIB
    Bagi Ibnu Arabi, sebagaimana bagi semua sufi, Muhammad mewakili Insan Kamil. Pada saat yang sama, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud Muhammad dalam konteks ini.
  • Ibnu Katsir: Jelang Kiamat, Seluruh Ahli Kitab Beriman Kepada Nabi Isa
    Tausyiah
    Selasa, 28 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan menjelang kiamat, seluruh Ahli Kitab beriman dengan iman yang pokok kepada Nabi Isa bin Maryam sebelum kematian dan setelah turunnya,
  • Ibnu Batutah ke Samudera Pasai Kagumi Sultan Mahmud Sholat Jumat Jalan Kaki
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 September 2022 - 11:11 WIB
    Pengembaraan Ibnu Batutah tercatat sepanjang 120.000 kilometer selama 30 tahun, 15 hari di antaranya di Samudera Pasai (kini Aceh). Ia bertemu langsung Sultan Mahmud.
  • Pesan Ibnu Taimiyah : Sediakan Waktu Khusus untuk Selalu Muhasabah Diri
    Tausyiah
    Sabtu, 29 April 2023 - 09:00 WIB
    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu Fatawa-nya, memberi nasehat penting bahwa setiap muslim harus menyiapkan dan meluangkan waktu khusus untuk bermuhasabah.
  • Ibnu Taimiyah (1): Dalam Usia 19 Tahun Telah Memberi Fatwa
    Hikmah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 19:08 WIB
    Ayahnya Syihabuddin bin Taymiyyah. Seorang Syaikh, hakim, khatib, alim dan wara. Kakeknya Majduddin Abui Birkan Abdussalam bin Abdullah bin Taymiyyah Al-Harrani.
  • Sabar dalam Kondisi Mampu Menurut Pandangan Ibnu Taimiyah
    Muslimah
    Rabu, 16 September 2020 - 14:40 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taiminyah menjelaskannya sebagai berikut, bahwa sabar dalam kondisi mampu adalah jihad, bahkan lebih utama dan lebih sempurna daripada jihad.