Topik Terkait: Hukum Umroh

  • Rukun Umroh Sesuai Sunnah Lengkap Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:16 WIB
    Rukun Umroh sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebaga bekal untuk menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Dalam pelaksanaannya, rukun ibadah haji dan umroh hampir sama.
  • Syarat Umroh Bagi Perempuan Serta Wajib Tidaknya Mahram yang Mendampingi
    Muslimah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:13 WIB
    Syarat umroh bagi perempuan adalah hal-hal yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah umroh bagi perempuan muslimah. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka tidak wajib baginya melakukan umrah.
  • Perjalanan Haji Usai, Akses Ibadah Umrah Mulai Dibuka Lagi
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 11:58 WIB
    Seluruh agenda Ibadah haji 1.444 Hijriyah telah rampung, dan kini Kementerian Agama Republik Indonesia kembali membuka akses ibadah umroh. Menyikapi hal tersebut, banyak perusahaan travel dan umrah telah menyiapkan program-program barunya
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Masih Sering Diperdebatkan, Ini Hukum Cadar dalam 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:21 WIB
    Pembahasan hukum cadar tertera dengan jelas dalam kitab-kitab fikih empat mazhab. Hanya saja, ada perbedaan tentang kewajibannya. Apa dan bagaimana perbedaannya tersebut?
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • 5 Tips Menabung untuk Umroh pada Usia Muda
    Tips
    Selasa, 17 Januari 2023 - 23:59 WIB
    Tips menabung untuk umroh pada usia muda perlu diawali dengan niat yang kuat. Kekuatan niat ini menjadi penentu segala usaha. Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Hukum Bersilaturahmi dengan Kerabat yang Fasik dan Nonmuslim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 12:45 WIB
    Silaturahmi mendatangkan pahala-pahala yang istimewa. Umat Islam banyak yang sudah paham tentang hal ini. Tapi bagaimana jika kita bersilaturahmi dengan kerabat yang fasik atau non muslim?
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Sumber Hukum Islam yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 17:43 WIB
    Umat Islam mengenal empat sumber hukum sebagai pijakan menjalani kehidupan bermasyarakat. Keempat sumber hukum itu adalah Al-Quran, As-sunnah (Hadis), Ijma, dan Qiyas.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Hukum Donor Organ Tubuh Menurut Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 22 November 2022 - 15:36 WIB
    Aktivitas donor organ tubuh banyak dilakukan masyarakat dengan sejumlah alasan tertentu. Berikut hukum donor organ tubuh dalam pandangan Islam.
  • Hukum Memungut Pajak dari Rakyat dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:01 WIB
    Bagaimana hukum memungut pajak dari rakyat dalam pandangan Islam? Bolehkah hal ini dilakukan negara atau pemerintah? Mari simak penjelasan berikut.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Keadilan Menurut Al-Quran: Tak Sekadar Proses Penetapan Hukum
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri.
  • Hukum Menonton Anime Jepang dari Syaikh Assim Al-Hakeem
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Ulama Arab Saudi Syaikh Assim Al Hakeem mengemukakan pendapatnya tentang hukum menonton anime Jepang seperti Naruto maupun kartun barat. Ini penjelasannya.