Hukum Menggambar Sesuatu yang Menunjukkan Syi'ar Agama Lain

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:48 WIB
loading...
Hukum Menggambar Sesuatu yang Menunjukkan Syiar Agama Lain
Syaikh Yusuf Al-Qardhawi (Foto/Ilustrasi : Ist)
A A A
Apa hukum menggambar atau melukis yang menunjukkan syiar agama tertentu selain agama Islam, contoh menggambar salib? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan setiap gambar yang berbentuk salib itu diharamkan, dan wajib bagi seorang muslim menghilangkannya.

Dalam buku "Malaamihu Al Mujtama' Al Muslim Alladzi Nasyuduh" yang dalam edisi Indonesia menjadi "Sistem Masyarakat Islam dalam Al Qur'an & Sunnah" (Citra Islami Press, 1997),Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menukil hadis dari Aisyah ra menceritakan bahwa Rasulullah SAW tidak membiarkan di rumahnya sesuatu yang berbentuk salib kecuali merusaknya (HR Bukhari )



Lalu, benarkah melukis itu sama saja dengan mengungguli ciptaan Allah? Menurut al-Qardhawi, yang jelas hal ini terkait erat dengan tujuan (motivasi) dari pelukisnya. "Meskipun ada juga yang berpendapat bahwa setiap orang yang menggambar itu berarti merasa mengungguli ciptaan Allah," jelasnya.

'Aisyah ra meriwayatkan dari Nabi SAW beliau bersabda, "Manusia yang paling berat siksanya pada hari kiamat adalah orang-orang yang mengungguli ciptaan Allah." (Muttafaqun 'alaih)

Menurut al-Qardhawi, ancaman yang keras ini memberi satu pengertian bahwa mereka itu bermaksud mengungguli ciptaan Allah. Inilah makna yang dikemukakan oleh Imam Nawawi di dalam syarah Muslim, karena tidak bermaksud demikian kecuali orang yang kafir.

Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT berfirman (dalam hadis qudsi), "Siapakah yang lebih menganiaya daripada orang yang pergi untuk mencipta seperti ciptaanku (melukis), maka hendaklah mereka menciptakan jagung, dan hendaklah menciptakan biji-bijian, atau hendaklah menciptakan gandum." (Muttafaqun 'alaih)

lni menunjukkan kesenjangan dan maksud untuk mengungguli ciptaan Allah SWT. Inilah rahasia tantangan Allah SWT terhadap mereka pada hari kiamat, saat dikatakan kepada mereka, "Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan!" ini perintah untuk melemahkan, sebagaimana pendapat ahli ushul.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)