Topik Terkait: Sabar Menghadapi Musibah

  • Doa Agar Musibah di Dunia Terasa Ringan Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Senin, 16 Januari 2023 - 16:35 WIB
    Dalam Al-Quran disebutkan, tidak ada musibah yang menimpa seseorang melainkan atas izin Allah. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar musibah di dunia terasa ringan.
  • Tiga Tingkatan Orang yang Sabar
    Tips
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 13:10 WIB
    Orang-orang yang sabar (Ash-Shabirin) merupakan salah satu karakter penghuni surga. Sabar artinya adalah menahan diri untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya serta tabah menghadapi ujian di atas jalannya.
  • Kebaikan-kebaikan bagi Orang Sabar yang Disebutkan dalam Al-Quran
    Tips
    Senin, 04 Oktober 2021 - 15:51 WIB
    Sabar merupakan kunci kebahagiaan seorang hamba, dan orang yang sabar akan memperoleh kebaikan-kebaikan langsung dari Allah Taala. Anjuran bersikap sabar dan keutamaannya banyak dijelaskan dalam Al-Quran dan hadis.
  • Doa Rasulullah SAW Ketika Tertimpa Musibah
    Tips
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:39 WIB
    Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengajarkan umatnya agar bersabar saat ditimpa musibah dan bersyukur saat diberi nikmat. Berikut doa yang diajarkan beliau ketika tertimpa musibah.
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah, Zat yang Maha Berkehendak. Terkadang Allah memberi musibah untuk menguji hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.
  • Rahasia Musibah dan Amalan yang Harus Dihidupkan
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Dai yang juga Founder Syameela, Ustaz Oemar Mita mengatakan dalam tausiyahnya bahwa musibah adalah hal yang pasti dialami seseorang. Namun, tak seorang pun tahu kapan ujian itu datang.
  • Doa Bila Terjadi Gempa Bumi dan Ketika Selamat dari Musibah Itu
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:07 WIB
    Berikut adalah doa ketika terjadi gempa bumi dan doa untuk mereka yang terkena musibah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita amalkan pada saat musibah itu terjadi.
  • 5 Penyebab Bencana dan Musibah Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 21:18 WIB
    Di antara musibah yang terjadi, Allah menjadikan sebagai penggugur dosa bagi hamba-Nya dan ada juga yang jadi peringatan untuk diambil pelajaran.
  • Doa Menghindari Musibah dan Marabahaya
    Tips
    Selasa, 14 Juni 2022 - 13:09 WIB
    Bacaan doa agar terhindar dari marabahaya ini, penting kita amalkan di mana pun kita berada. Karena marabahaya dan bencana biasanya datang tidak terduga.
  • Ibadah dan Sabar Adalah Vaksin Terampuh
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 15:12 WIB
    Pandemi Covid-19 yang merenggut banyak nyawa di dunia menyadarkan kita bahwa manusia itu sejatinya lemah. Dalam situasi saat ini, Ibadah dan Sabar diyakini sebagai vaksin terampuh.
  • Terjadinya Musibah dan Malapetaka, Berawal karena Seringnya Meremehkan Dosa
    Tausyiah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:16 WIB
    Terjadinya musibah, bencana dan malapetaka yang terjadi pada diri seseorang, keluarga, hingga masyarakat, bisa jadi karena adanya dosa-dosa yang diremehkan oleh manusia.
  • Talbis Iblis : Ketika Kepintaran Menjadi Sebuah Musibah
    Muslimah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 10:28 WIB
    Di antara bisikan-bisikan yang dimasukkan ke dalam hati orang-orang yang berada di jalur ilmu adalah kesombongan, sifat ujub dan bangga terhadap diri sendiri.
  • Sabar Menunggu Jalan Keluar dari Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 07:49 WIB
    Tidak ada suatu masalah atau musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
  • Fatwa Imam Ibnul Jauzi: Wajib Bersabar Menunggu Terkabulnya Doa
    Tausyiah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:33 WIB
    Semua doa pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa Taala. Karena hal itu merupakan janji Allah sendiri. Karena itu, Imam Ibnul Jauzi heran masih ada saja seorang hamba yang berprasangka buruk kepada Allah Taala bahwa doanya tidak dikabulkan.
  • Seni Menghadapi Bala Ketika Menimpa Orang Beriman
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 11:28 WIB
    Ujian dalam bahasa arab disebut ibtila. Kata ibtila ini diambil dari kata kerja abtala. Bentuk aslinya adalah bala. Dalam Al-Quran, beberapa kali Allah Subhanahu wa Taala menggunakan kata bala dalam beberapa variasi kata.
  • Habib Ahmad Bin Novel: Sabar Lebih Utama daripada Menahan Marah
    Tausyiah
    Jum'at, 09 April 2021 - 15:16 WIB
    Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah Al-Habib Ahmad Bin Novel Bin Salim Jindan mengatakan, bersabar (Al-Hilmu) lebih utama daripada menahan marah. Berikut alasannya.
  • 5 Musibah Wabah Paling Besar dalam Sejarah Islam
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 23:01 WIB
    Ada lima peristiwa wabah Thoun (sejenis penyakit mematikan) yang masyhur dan paling besar dalam sejarah peradaban Islam. Berikut ulasan peristiwanya.
  • Yayasan Askar Kauny Hidupkan Amalan Berbagi di Tengah Musibah Covid-19
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 17:36 WIB
    Tim Buser Covid-19 Yayasan Askar Kauny (YAK) membagikan paket sembako kepada warga terdampak wabah Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
  • Pesan Habib Ahmad bin Novel Menyikapi Musibah Corona
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 22:21 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan menyampaikan nasihat terkait Corona saat pengajian di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang (2/4/2020).