Topik Terkait: Bersafar Dalam Islam

  • Seperti Ini Islam Mengatur Adab dalam Berteman
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 07:09 WIB
    Salah satu hubungan sosial dalam kehidupan kita adalah pertemanan. Dalam Islam, teman harus diperlakukan dengan baik sesuai adab yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Hendak Bepergian? Amalkan Doa Bersafar Ini Agar Selalu Dalam Lindungan Allah Taala
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 07:43 WIB
    Ketika bepergian jauh maupun dekat, pastinya kita ingin senantiasa berada dalam lindungan Allah dan selamat selamat sampai di tujuan.Maka dari itu, sebelum melakukan safar atau bepergian ini, kita harus melafazkan doa ketika hendak melakukan perjalanan
  • Ini Ketentuan Puasa Bagi yang Bersafar
    Tips
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:47 WIB
    Melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, bagaimana dengan kewajiban puasanya Ramadhan bagi mereka yang bersafar ini?
  • Doa Orang Mudik yang Berpuasa adalah Mustajab, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 04 April 2024 - 12:37 WIB
    Pada mereka yang tengah bersafar (mudik) dalam keadaan berpuasa, terkumpul keutamaan doa yang mustajab. Karena itu, manfaatkan dan amalkan waktu doa tersebut.
  • Hukum Memakai Behel dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 07:10 WIB
    Bagaimana hukumnya memakai behel gigi dalam Islam? Hukum ini penting diketahui umat Islam, mengingat tengah tren-nya penggunaan alat metode kecantikan tersebut.
  • Batasan Wanita Karier dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Pengertian Tabaruk dan Hal-hal yang Dibolehkan dalam Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 15:44 WIB
    Pengertian tabaruk dan hal-hal yang dibolehka di dalamnya perlu diketahui umat muslim. Tabaruk artinya mengambil berkah dari sesuatu. Berikut contoh tabaruk yang dibolehkan.
  • Mengapa Umat Islam Dilarang Menyakiti Perempuan? Inilah Alasannya
    Muslimah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 17:24 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam, mewanti-wanti agar kaum muslimin jangan menyakiti perempuan. Peringatan keras itu disampaikan Nabi dalam sebuah kesempatan
  • Melihat Kematangan Berpikir Anak dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:12 WIB
    Salah satu yang perlu dikawal dan diperhatikan oleh para orang tua terhadap anak-anak mereka adalah kematangan berpikirnya. Apa sebenarnya yang dimaksud kematangan berpikir dalam perspektif IsqWQgfdq lam?
  • Bolehkah Berdebat dalam Perspektif Islam?
    Tips
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
    Kita sering mendapati banyak orang berdebat baik di acara formal ataupun di berbagai media sosial. Bagaimana Islam menyikapi debat, bolehkah?
  • Memaknai Hadis Islam Kembali dalam Keadaan Asing
    Tausyiah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 21:27 WIB
    Dalam satu Hadis sahih, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa Islam muncul dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing. Apa makna pesan tersebut?
  • Sikap Tolong Menolong dalam Islam
    Muslimah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:23 WIB
    Manusia diciptakan oleh Allah Subhanahu wa taala sebagai makhluk yang tidak dapat mandiri secara mutlak. Manusia butuh kepada bantuan orang lain dalam banyak hal.
  • Ini Sebab Diizinkannya Berperang dalam Perspektif Islam
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 23:15 WIB
    Perang merupakan salah satu syariat yang diatur dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Ada banyak ayat Al-Quran yang menerangkan tentang perang.
  • Adab dan Kriteria Pertemanan dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Berteman juga merupakan hubungan yang mendatangkan pahala karena mengarah kepada ibadah muamalah dalam wujud ukhuwah (persaudaraan) islamiyah
  • Peristiwa Bulan Safar: Meletusnya Perang Pertama dalam Islam
    Hikmah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 16:59 WIB
    Pada tahun ini, 1 Safar 1444 H jatuh pada hari Ahad 29 Agustus 2022. Ada sejumlah peristiwa penting di bulan ini, antara lain meletusnya Perang Al-Abwa, yakni perang pertama dalam Islam.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Memanfaatkan Aset dalam Islam Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Mempergunakan dan memfungsikan aset ekonomi dan kekayaan materi dengan baik bisa dilakukan dengan tidak membiarkan sesuatu tanpa guna dan tetap memeliharanya dengan baik.
  • Nasihat untuk Pemimpin, Begini Politik dan Kekuasaan dalam Islam
    Tausyiah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:03 WIB
    Bagi yang saat ini mengemban amanah mengurus umat, ada baiknya menyimak pesan Rasulullah SAW berikut. Beliau memuji penguasa dengan sebutan Naungan Allah.
  • Inilah Hukum Seorang Suami Memukul Istri dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, seorang suami memukul istrinya tidak diperbolehkan, bahkan diancam dosa bila memukul istri tanpa ada sebab yang dibenarkan oleh syariat.
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.